Minggu, 07 Juli 2024

Ungkapkan kepada Tuhan

08 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
Yakobus 5:16 "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."
--------------------
Kita semua merespons luka yang tersembunyi secara berbeda. Beberapa orang berperilaku buruk. Ada yang melampiaskannya dengan amarah. Yang lain mencoba mengobati diri sendiri dengan obat-obatan atau alkohol. Yang lain lagi mencoba keluar dari luka itu dengan berpindah dari satu hubungan ke hubungan lainnya.

Namun sesungguhnya, respons terburuk dari luka yang tersembunyi ialah dengan diam saja. Itu ibarat Anda mengambil botol soda, lalu mengocoknya. Suatu hari, emosi Anda akan meledak!

Anda tak akan pernah bisa melepaskan luka tersembunyi Anda sampai Anda menghadapi emosi Anda tersebut secara langsung dengan mengungkapkannya kepada Tuhan.

Memendam luka yang tersembunyi hanya akan membuat Anda lelah. Alkitab berkata, "Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari" (Mazmur 32:3).

Jika Anda menghabiskan energi Anda untuk masa lalu, Anda hanya akan punya sedikit energi tersisa buat hari ini. Ketika Anda menghabiskan begitu banyak waktu Anda untuk rasa bersalah dan kebencian—memikirkan bagaimana suatu hari Anda akan membalas dendam terhadap orang yang telah menyakiti Anda—Anda akan kehabisan energi untuk hal-hal yang penting saat ini.

Tuhan punya solusi atas rasa sakit Anda: pengakuan. Anda harus mengakui rasa sakit Anda. Upaya-upaya lainnya hanyalah sia-sia belaka. Akuilah rasa sakit Anda kepada:

- Tuhan

- Diri Anda sendiri

- Seseorang yang Anda percayai

Banyak orang ingin melupakan rasa sakit mereka dengan mengakuinya kepada Tuhan dan diri mereka sendiri, tapi melewatkan yang ketiga. Percayalah, itu tidak akan berhasil!

Mengakui rasa sakit Anda kepada orang lain yang Anda percaya sangatlah penting. Anda tidak akan bisa sembuh dengan sendirinya. Yakobus 5:16 mengatakan, "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."

Terbukalah tentang luka Anda yang tersembunyi kepada orang itu. Katakan kepadanya apa yang menyakitkan Anda. Saat Anda mengakuinya kepada orang tersebut, kepada Tuhan, dan kepada diri Anda sendiri, Anda akan menemukan kembali energi Anda yang sudah lama hilang.

Renungkan hal ini:

- Apakah ada rahasia masa lalu yang sulit untuk Anda ungkapkan?

- Mengapa sulit bagi Anda untuk terbuka kepada Tuhan akan kenangan yang menyakitkan? Mengapa sulit bagi Anda untuk terbuka pada diri sendiri akan kenangan yang menyakitkan? Mengapa sulit bagi Anda untuk terbuka kepada orang lain akan kenangan yang menyakitkan?

- Kepada siapa Anda bisa terbuka tentang rasa sakit masa lalu Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 34-35; Kisah Para Rasul 15:1-21

Pengakuan adalah awal dari kesembuhan.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
=========
Tell God About It
By Rick Warren

"Confess your sins to each other and pray for each other so that you may be healed." James 5:16 (NIV)
-------------------
We all respond to hidden wounds in different ways. Some people act out. Other people get angry all the time. Others self-medicate with drugs or alcohol. Still others try to escape the pain by moving from relationship to relationship.

Yet the worst possible response to hidden wounds in your life is to just clam up. It's like taking a soda bottle and shaking it up. One day, you'll just pop!

You'll never get over your hidden wounds until you face your feelings straight on by talking to God about them.

Bottling up your hidden wounds will wear you out. The Bible says, "When I kept things to myself, I felt weak deep inside me. I moaned all day long" (Psalm 32:3 NCV). 

If you use up your emotional energy on the past, you'll have little left for today. When you spend so much time on regret and resentment—thinking about how you'll get even with people who have hurt you—you run out of energy for what matters in the here and now.

God has an answer for your pain: confession. You've got to admit your pain. Everything else is just a fruitless attempt to forget what ails you. You need to admit your pain to:

God

Yourself

One other person you trust

Many people want to move past their pain by admitting it to God and themselves and skipping the third part of the equation. Good luck! It'll never work.

Admitting your pain to others is absolutely essential. You won't get well on your own. James 5:16 says, "Confess your sins to each other and pray for each other so that you may be healed" (NIV).

You don't need to confess to a pastor, a priest, or a therapist to obey James 5:16 (though you can). You just need a friend.

Open up about your hidden pain to that person. Tell them what hurts. As you confess to that person, to God, and to yourself, you just might find that long-lost energy you've been dreaming about.

Because revealing is the beginning of healing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar