Jumat, 12 Juli 2024

Ketaatan adalah Rahasia Sukacita

13 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
Ratapan 3:40 "Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada TUHAN."
--------------------
Sukacita adalah sesuatu yang mudah hilang, tapi juga mudah untuk diperoleh kembali.

Apakah Anda pernah kehilangan sukacita Anda? Pertama, Anda perlu mengakui pada diri sendiri bahwa Anda telah kehilangannya. Kemudian, Anda perlu menganalisis penyebabnya. Lihatlah kehidupan Anda dan tanyakan pada diri Anda, "Bagaimana bisa saya kehilangan sukacita saya? Apa yang merampas sukacita saya?"

Alkitab berulang kali mengatakan bahwa kita harus menyelidiki dan memeriksa kehidupan kita. Ratapan 3:40 mengatakan, "Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada TUHAN."

Ada ratusan hal yang membuat kita tidak gembira, tetapi dua hal paling umum yang saya lihat dalam kehidupan manusia ialah jadwal aktivitas yang tidak seimbang dan bakat yang tidak terpakai. Anda harus memiliki keseimbangan antara istirahat dengan pekerjaan, antara input dengan output. Anda pun harus menggunakan bakat unik yang telah diberikan Tuhan, atau Anda akan merasa frustrasi.

Namun, Itu bukan berarti Anda harus mencari pekerjaan yang memerlukan semua bakat Anda. Anda bisa mengambil berapa pun persen dari bakat Anda yang tidak Anda digunakan di dalam pekerjaan Anda dan gunakanlah itu sebagai bentuk pelayanan Anda.

Ada satu hal yang akan merampas sukacita Anda lebih cepat dari apa pun. Tahukah Anda apa itu? Yaitu ketika Anda tahu ada sesuatu yang harus Anda lakukan, tetapi Anda tidak melakukannya. Alkitab mengatakan dalam Yakobus 4:17, "Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa."

Jika itu sebabnya Anda kehilangan sukacita Anda, maka sekaranglah saatnya Anda perlu memperbaiki apa yang salah dalam hidup Anda.

Izinkan saya bertanya kepada Anda: Apa sesuatu yang Anda tahu harus Anda kerjakan tetapi tidak Anda kerjakan? Apa yang Tuhan telah perintahkan untuk Anda kerjakan tetapi belum mulai Anda kerjakan?

Rahasia dari sukacita yang konstan dan melimpah ialah ketaatan. Ketaatan berarti melakukan apa yang Tuhan perintahkan untuk Anda laksanakan.

Anda juga akan dipenuhi dengan sukacita ketika Anda terus merenungkan kebaikan Tuhan yang ada dalam hidup Anda. Daud berkata dalam Mazmur 126:3, "TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita." Semakin Anda fokus pada kebaikan yang Tuhan telah lakukan bagi Anda, semakin besar sukacita yang akan Anda rasakan dalam hidup Anda. Mengapa? Sebab apabila Anda fokus pada karunia yang dari Tuhan, itu akan menghasilkan rasa syukur. Dan sikap syukur merupakan bentuk emosi manusia yang paling sehat.

Bila Anda ingin mendapatkan kembali sukacita Anda, akuilah terlebih dahulu kepada Tuhan bahwa Anda tidak merasa sukacita, lalu selidiki penyebabnya. Kemudian, perbaiki apa yang salah, dan milikilah sikap bersyukur.

Renungkan hal ini:

- Apa yang perlu Anda lakukan untuk menyeimbangkan jadwal kegiatan Anda sehingga itu tidak mencuri kegembiraan Anda?

- Apa yang Tuhan perintahkan untuk Anda lakukan namun belum mulai Anda lakukan?

- Apa karunia dari Tuhan yang perlu Anda ungkapkan rasa syukurnya hari ini?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 4-6; Kisah Para Rasul 17:16-34
___________
Setiap kali Anda melaksanakan apa yang Tuhan perintahkan, hidup Anda akan dipenuhi dengan sukacita.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
Obedience Is the Secret to Joy
By Rick Warren

"Let us test and examine our ways. Let us turn back to the LORD." Lamentations 3:40 (NLT)
--------------------
Joy is an easy thing to lose, but it's also an easy thing to get back.

Have you lost your joy? First, you need to admit to yourself that you've lost it. And then you need to analyze the cause. Look at your life and ask yourself, "How did I lose my joy? What has robbed me of my joy?"

The Bible says over and over again that we should examine our lives. Lamentations 3:40 says, "Let us test and examine our ways. Let us turn back to the LORD" (NLT).

There are hundreds of killjoys, but the two most common I see in people's lives are an unbalanced schedule and unused talent. You have to have a balance between rest and work, between input and output. And you have to use your unique, God-given talents, or you're going to get frustrated.

That doesn't mean that you have to find work that requires all of your talents. You can take whatever percent of your talent that's not being used in your job and use it for ministry. (But if you're in a job that uses less than 25 percent of your talent, start looking for another job that lets your gifts shine!)

There's one thing that will rob your joy faster than anything else. Do you know what it is? It's when you know the right thing to do and you don't do it. The Bible says in James 4:17, "It is sin to know what you ought to do and then not do it" (NLT).

If this is why you've lost your joy, you need to correct what's wrong in your life.

Let me ask you: What do you know you need to be doing that you're not? What has God told you to do that you haven't started doing yet?

The secret to continual, abundant, and overflowing joy is obedience. It's doing what God tells you to do. Every time you do what God tells you to do, your life's going to be filled with joy.

You're also going to be filled with joy when you think about what's good in your life. David said in Psalm 126:3, "The LORD has done great things for us, and we are filled with joy" (NIV). The more you focus on what God has done for you, the more joy you're going to have in your life. Why? Because focusing on your gifts from God produces gratitude. And the attitude of gratitude is the healthiest human emotion.

If you want to get your joy back, first admit it's gone, and then analyze the cause. Then correct what's wrong, and get an attitude of gratitude.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar