Rabu, 10 Juli 2024

Hindari Menoleh ke Belakang

11 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
Ayub 11:13, 15-16 "Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu."
---------------
Anda mungkin pernah mendengar ungkapan, "Mereka yang tidak belajar dari kesalahan masa lalu akan mengulangi kesalahan yang sama." Itu benar adanya. Anda bisa banyak memetik pelajaran dengan menoleh ke belakang, tetapi Anda tak bisa memulihkan luka yang sudah menjalar dan mendarah daging dalam hidup Anda apabila hanya fokus pada masa lalu. Untuk dapat mengalahkannya, Anda harus melihat ke depan.

Akan tetapi, terlalu sering kita mencoba mencari kesembuhan luka kita dengan menoleh ke kaca spion kita. Bila Anda masih melakukan hal tersebut, kemungkinan besar Anda akan kembali jatuh, ketimbang sembuh.

Dalam kisah Ayub, kita belajar cara menyingkirkan memori yang menyakitkan, dan melanjutkan hidup: "Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu" (Ayub 11:13, 15-16).

Pertama, tetapkan hati Anda pada kebenaran. Lakukan apa yang benar— terlepas dari apa pun yang dilakukan orang lain terhadap Anda. Pengampunan selalu merupakan pilihan yang tepat.

Kedua, datang kepada Tuhan. Undanglah Yesus masuk ke setiap "ruangan" dalam rumah hati Anda. Anda mungkin telah mengundang Dia masuk ke ruang tamu Anda, (menerima Yesus sebagai Juruselamat Anda) tetapi tidak pernah ke ruangan lainnya di hati Anda.

Ketiga, hadapi kembali dunia. Janganlah bersembunyi di dalam tempurung atau menarik diri untuk menghindari luka. Melangkahlah maju. Belajarlah untuk menjalani hidup yang baru.

Masa lalu Anda bukanlah masa depan Anda. Apa pun yang telah Anda perbuat, dengan siapa pun Anda melakukannya, atau sudah berapa pun lamanya Anda melakukannya, di seluruh Alkitab dikatakan bahwa Allah mengampuni pembunuh, pezinah, dan pemalas, dan Dia memakai mereka untuk melakukan pekerjaan-Nya di dunia.

Teguhkanlah hati Anda pada kebenaran, datang kepada Tuhan, dan hadapi kembali dunia ini.

Kemudian, biarkan Allah melakukan pekerjaan yang luar biasa melalui Anda.

Renungkan hal ini:

- Mengapa kita begitu mudah untuk memikirkan masa lalu ketika sedang mencoba mengatasi rasa sakit kita?

- Apakah ada seseorang yang perlu Anda maafkan untuk "menyembuhkan hati Anda"?

- Ketika Anda memohon kesembuhan dari Tuhan, ke ruangan manakah Anda masih perlu mengundang-Nya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 41-42; Kisah Para Rasul 16:19-40
____________
Anda juga punya masa depan yang hebat yang tengah menanti Anda.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
Avoiding the Rearview Mirror
By Rick Warren

"Put your heart right, Job. Reach out to God . . . Then face the world again, firm and courageous. Then all your troubles will fade from your memory, like floods that are past and remembered no more." Job 11:13, 15-16 (GNT)
-------------------
You've heard the saying, "Those who cannot remember the past are doomed to repeat it." That's true—but it's only part of the story. You can learn a lot by looking at your past—but you can't heal the most pervasive, costly wounds in your life by focusing only on your past. To defeat those giants, you'll have to look ahead.

Too often we try to find healing by looking in our rearview mirrors. When we do that, we're more likely to crash than heal.

In Job 11, Job's friend tells him how to get rid of painful memories and move on with his lives. He says, "Put your heart right, Job. Reach out to God . . . Then face the world again, firm and courageous. Then all your troubles will fade from your memory, like floods that are past and remembered no more" (Job 11:13, 15-16 GNT).

First, put your heart right. You do what's right—no matter what the other person does. It's always right to forgive those who've hurt you.

Second, reach out to God. Invite Jesus into every room in the house of your heart. Often, we've invited him into the front room (by accepting Jesus as our Savior)—but not the bedroom, kitchen, or garage.

Third, face the world again. Don't hide in a shell or withdraw so you don't get hurt again. Move forward. Learn to live again.

Your past is not your future. It doesn't matter what you've done, who you've done it with, or how long you've done it. Throughout Scripture, God forgives murderers, adulterers, and slackers, and he uses them to do his work in the world.

You, too, have a great future ahead of you. Put your heart right, reach out to God, and face the world again.

And then let God do something incredible through you.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar