Jumat, 05 Juli 2024

Mengapa Pengharapan Berbeda dengan Optimisme

06 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."
----------------
Dalam hidup seringkali terjadi hal-hal yang sulit kita terima, seperti sakit penyakit, kehilangan pekerjaan, atau kematian teman atau anggota keluarga kita. Kita mau tak mau harus menelan pil pahit, dan itu seringkali membuat kita tersedak.

Tetapi yakinlah bahwa Tuhan sedang merancangkan sesuatu yang baik dalam hidup Anda meskipun Anda tidak bisa melihatnya. Percayalah bahwa saat ini Tuhan sedang bekerja untuk mendatangkan kebaikan dari situasi apa pun yang sedang Anda alami.

Untuk mampu bersandar pada pengharapan di masa-masa sulit, Anda harus berpegang pada kebenaran Firman ini. Alkitab mengatakan, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah" (Roma 8:28).

Alkitab tidak mengatakan bahwa semua peristiwa dalam kehidupan akan baik adanya. Anda dan saya tentu tahu itu. Namun, Alkitab mengatakan bahwa ketika Anda memulai hidup baru, setiap kepingan hidup Anda akan saling bekerja sama untuk mendatangkan kebaikan. Ini ibaratnya seperti membuat kue. Anda mungkin tidak suka rasa dari masing-masing bahannya, tapi jika semua bahan itu dicampur menjadi satu dan menjadi kue yang lezat, Anda tak akan bisa berhenti menyantapnya. Tuhan ingin memanggang kue yang luar biasa lezat dengan hidup Anda, dan Dia ingin menggunakan elemen-elemen yang tidak enak dan pahit tersebut untuk mewujudkannya.

Tuhan juga tidak mengatakan bahwa segala sesuatunya saling bekerja "seperti yang kita mau," atau bahwa setiap kisah hidup kita akan berakhir bahagia. Faktanya adalah tidak semua kesepakatan bisnis akan menghasilkan triliunan rupiah. Tidak semua pasangan suami istri akan hidup bahagia selamanya. Tidak semua bocah kelak akan menjadi kapten tim sepak bola.

Sebaliknya, ayat tersebut mengingatkan kita bahwa kita harus memiliki iman yang mutlak bahwa Sang Perancang Utama alam semesta ini sedang merancang supaya segala sesuatunya saling bekerja sama untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia. (Perhatikan, janji ini ditujukan untuk "orang-orang yang mengasihi Tuhan," bukan untuk orang-orang yang tidak mengenal Tuhan.)

Pengharapan tidak sama dengan optimisme. Pengharapan bukanlah keyakinan bahwa sesuatu yang buruk akan berubah menjadi baik. Pengharapan adalah keyakinan pasti bahwa setiap bagian dari hidup Anda pada akhirnya akan menjadi masuk akal, terlepas dari bagaimana akhirnya nanti.

Meskipun dari sudut pandang kita hidup ini kelihatan kacau, tapi ingatlah bahwa sudut pandang Allah dari Surga tidak sama dengan kita.

Anda bahkan tidak akan bisa membayangkan kebaikan apa yang sedang Dia persiapkan untuk masa depan Anda. Dalam Yeremia 29: 11 Allah berfirman, "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."

Renungkan hal ini:

- Bagaimana Anda pernah mengalami bagaimana Tuhan membolehkan pengalaman buruk terjadi pada Anda demi kebaikan Anda?

- Kematian Yesus di kayu salib adalah sebuah contoh yang menunjukkan bahwa Tuhan sedang bekerja untuk menghadirkan kebaikan di tengah situasi sulit. Bagaimana Anda merespons kebenaran ini?

- Anggaplah hidup Anda seperti kue. "Bahan-bahan" apa dari kue itu yang rasanya pahit saat ini? Luangkankah beberapa menit untuk meminta Tuhan membantu Anda untuk percaya bahwa Dia akan memberikan kebaikan—kue yang indah dan lezat—walau dari bahan-bahan yang pahit sekalipun.

Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 30-31; Kisah Para Rasul 13:26-52
____________
Masa depan Anda ada di tangan-Nya; tidak ada tempat lain yang lebih baik dari itu.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
=========
Why Hope Isn't the Same as Optimism

By Rick Warren

"We know that God causes everything to work together for the good of those who love God and are called according to his purpose for them." Romans 8:28 (NLT)
----------------
Life often brings you matters that are difficult to swallow, like a sickness, a job loss, or the death of a friend or family member. Those pills are bitter going down, and we often choke on them.

But you can rest assured that God is up to something good in your life, even if you can't see it. God is actively working to bring good out of whatever happens in or around you. To hold on to hope in the midst of tough times, you'll need to grab hold of this truth.

The Bible says it this way: "We know that God causes everything to work together for the good of those who love God and are called according to his purpose for them" (Romans 8:28 NLT).

The Bible isn't saying that every event in your life will be good. You and I both know that's just not true. But it does say that when you put your whole life together, every piece of it works together for good. It's like making a cake. You may not like the taste of each ingredient, but when it's all put together, you can't resist it. God wants to bake an amazingly tasty cake with your life, and he wants to use even the distasteful and bitter elements to do it.

God doesn't promise that everything will work together like you want it to or that every story will have a happy ending. The reality is that not every business decision will make you a million dollars. Not every couple that gets married will live happily ever after. Not every child will become captain of the football team.

Instead, the verse reminds us that we can have absolute confidence that the Master Designer of the universe "causes everything to work together for the good of those who love God." (Notice that this promise is for "those who love God," not for people who don't know God yet.)

Hope isn't the same as optimism. It isn't the belief that something bad will turn out well. It's the absolute confidence that every part of your life ultimately will make sense, regardless of how it turns out this side of eternity.

From our vantage point, life looks like a mess at times. But God's view from heaven isn't the same as ours.

You can't even imagine the good that God has in store for your future. God promises, "I have good plans for you, not plans to hurt you. I will give you hope and a good future" (Jeremiah 29:11 NCV).

Your future is in God's hands—and there's no better place for it to be.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar