Sabtu, 20 Juli 2024

Tuhan adalah Bapa yang Mampu

21 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
Lukas 1:37 "Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil."
-------------------
Tuhan dapat menangani situasi apa pun yang Anda berikan kepada-Nya. Tidak ada masalah yang terlalu berat bagi-Nya. Tidak ada yang melebihi kemampuan-Nya. Namun, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menyampaikannya kepada-Nya.

Keputusan apa yang harus Anda buat minggu ini? "Gunung" apa yang perlu dipindahkan? Kanker? Kebangkrutan? Anak-anak Anda sedang mengalami masalah? Anda kesulitan menghentikan kebiasaan buruk? Peganglah kebenaran ini: "Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil" (Lukas 1:37).

Dalam Yeremia 32:27 Allah berkata, "Sesungguhnya, Akulah TUHAN, Allah segala makhluk; adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk-Ku?"

Itu seolah seperti Tuhan sedang memberikan sebuah tantangan, "Aku menantangmu. Pikirkan satu masalah yang tidak bisa Aku selesaikan. Apakah ada sesuatu yang terlalu sulit bagiku?"

Banyak anak berkata seperti ini, "Ayahku bisa melakukan apa saja! Ayahku bisa mengalahkan ayahmu!" Demikian pula saya menganggap ayah saya dulu. Namun, seiring bertambahnya usia, mata saya mulai terbuka. Saya menyadari bahwa dalam hal uang jajan, ayah saya punya sumber dana yang terbatas. Tapi kalau soal nasehat, terkadang dia juga hanya menebak-nebak. Tebakan saya sama bagusnya dengan tebakannya karena dia adalah ayah yang tidak sempurna.

Efesus 3:20 mengatakan, "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita." Saya punya daya imajinasi yang cukup tajam, Saya dapat memikirkan impian yang cukup besar. Saya dapat menetapkan beberapa tujuan hidup yang tinggi. Tuhan berkata, "Anakku, pikirkanlah satu mimpi terdahsyat yang menurutmu bisa Aku lakukan dalam hidupmu. Aku bisa mengalahkannya. Aku bisa melebihinya." Dia adalah Ayah yang mampu.

Apa yang Anda minta dari Bapa Anda di surga? "Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus" (Filipi 4:19). Dia memiliki sumber daya yang tidak terbatas, energi yang tidak terbatas, pengetahuan yang tidak terbatas, waktu yang tidak terbatas. Dia dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.

Doa Bapa Kami memberi kita contoh tentang hal itu. Dikatakan bahwa Allah, sebagai Bapa kita, menyediakan tiga hal: bekal untuk hari ini ("berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya"); pengampunan untuk masa lalu ("ampunilah kami akan kesalahan kami"); perlindungan untuk hari esok ("janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kamu dari pada yang jahat) (Matius 6:11-13).

Dalam bahasa sehari-hari, Tuhan berkata seperti ini, "Aku memenuhi segala keperluanmu-- saat ini, masa lalu, masa depan. Saat ini? Aku akan menyediakannya. Masa lalumu? Meskipun engkau telah gagal, itu tidak apa-apa; itu semua telah Kuampuni. Masa depanmu? Janganlah khawatir; janganlah takut.

"Aku akan menangani kegagalanmu yang kemarin, frustrasimu hari ini, dan ketakutanmu akan hari esok karena Aku adalah Bapa yang mampu."

Renungkan hal ini:

- Apakah ada sesuatu dari masa lalu Anda yang perlu Anda minta ampun kepada Tuhan? Luangkanlah waktu untuk berdoa sekarang—kemudian, imanilah bahwa Dia telah mengampuni Anda!

- Kapan Anda pernah menyaksikan bagaimana Tuhan memberikan Anda "makanan" hari ini—apa yang Anda perlukan saat ini?

- Ketakutan apa mengenai masa depan yang perlu Anda serahkan kepada Tuhan saat ini?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 26-28; Kisah Para Rasul 22
_______________
Kita punya Bapa yang besar, melebihi besarnya masalah yang datang dalam hidup kita.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
===========
God Is a Capable Father
By Rick Warren

"Nothing is impossible for God." Luke 1:37 (GW)
---------------------
God can handle any situation you give him. No problem is too tough for him. Nothing is beyond his ability. But the first thing you've got to do is bring it to him.

What decision are you facing this week? What mountain needs to be moved? Cancer? Bankruptcy? Your kids are having problems? Can't break a bad habit? "Nothing is impossible for God" (Luke 1:37 GW).

In Jeremiah 32:27 God says, "I am the LORD, the God of all mankind.   Is anything too hard for me?" (NIV). It's almost like God is laying down the gauntlet, saying, "I dare you. Think up a problem that I can't solve. Is anything too hard for me?"

Many children have said something like, "My daddy can do anything! My daddy can beat your daddy!" I really thought that was true of my father. But as I grew up, I began to have my eyes opened. I realized that when it came to my allowance, my dad had limited resources. When it came to advice, sometimes he was just guessing too. My guess was as good as his because he's an imperfect father.  

Ephesians 3:20 says, "God . . . is able to do far more than we would ever dare to ask or even dream of—infinitely beyond our highest prayers, desires, thoughts, or hopes!" (TLB). I have a pretty vivid imagination. I can think up some pretty big dreams. I can set some high goals. But God essentially says, "My son, you think up the greatest thing you think I could do in your life and I can beat that. I can top that." He is a capable Father.

What can you expect from your Father in heaven? "My God will meet all your needs according to the riches of his glory in Christ Jesus" (Philippians 4:19 NIV). He has unlimited resources, unlimited energy, unlimited knowledge, unlimited time. He can meet all of your needs. 

The Lord's Prayer gives us an example of that. It says that God, as our Father, provides three things: provision for today ("give us today our daily bread"); pardon for yesterday ("forgive us our debts as we have forgiven our debtors"); protection for tomorrow ("lead us not into temptation, but deliver us from the evil one") (Matthew 6:11-13 NIV).

In today's language, God might say, "I've got all the bases covered—present, past, future. Your present? I'll provide. Your past? You blew it, but it's okay; it's forgiven. Your future? Don't worry; don't fear.

"I'll take care of yesterday's failures, today's frustrations, and tomorrow's fears because I am a capable Father."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar