Jumat, 19 Juli 2024

Ketika Anda kewalahan, Berdirilah Teguh

20 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
2 Tawarikh 20:20 "Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!"
--------------------
Ketika Anda fokus pada masalah Anda dan bukan pada Allah, pada akhirnya Anda akan kewalahan sebab Tuhan tidak merancang Anda untuk bertarung sendirian. Anda tidak mempunyai kekuatan yang Anda butuhkan untuk menghadapi setiap masalah dengan kekuatan Anda sendiri. Anda memerlukan kuasa Tuhan.

Anda tidak akan bisa fokus pada masalah Anda sekaligus fokus pada Tuhan secara bersamaan. Anda harus mengalihkan fokus perhatian Anda pada Tuhan serta janji-janji-Nya.

Hidup ini penuh dengan pengalaman-pengalaman yang akan menguji Anda, menguras emosi Anda, dan melelahkan Anda. Biasanya ketika Anda merasa sangat lelah, pada saat itulah Anda siap untuk berseru kepada Tuhan, "Tuhan, aku tak sanggup lagi menghadapi situasi ini. Aku sudah mencoba segalanya. Kini aku berserah kepada-Mu karena masalah ini jauh lebih besar dari kuasaku."
Jadi, apa yang harus Anda lakukan ketika Anda merasa kewalahan? Tetaplah berdiri teguh.

Berdiri teguh adalah bersikap percaya diri dan tenang, meneladani sifat Kristus. Anda akan berhasil melewatinya ketika Anda menaruh iman Anda pada apa yang Ia katakan kepada Anda melalui firman-Nya dan Roh Kudus. Ketika Anda bersama Tuhan, Anda tidak perlu menyerah sebab Anda kuat di dalam Dia.
Ketika beban itu terlalu besar, Anda mungkin tergoda untuk menyerah. Tuhan tidak mau Anda mundur dari situasi sulit. Dia tidak mau Anda mengorbankan integritas Anda. Dia ingin Anda percaya pada-Nya melewati pencobaan dan ingin Anda belajar dari situ. Jika Anda lari dari masalah, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk belajar dari Tuhan. Dan kemungkinan besar, Anda akan perlu mengulangi ujian yang sama.

"Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;" (Amsal 3: 5-7).

Renungkan hal ini:

- Masalah apa yang menguras tenaga dan menguji Anda akhir-akhir ini? Bagaimana hal itu menghalangi Anda untuk meminta bantuan Tuhan?

- Seperti apakah menjadi percaya diri dengan memiliki sifat Kristus dan berpegang pada firman Tuhan? Kehidupan siapa yang Anda lihat memiliki kepercayaan diri seperti itu?

- Bagaimana Anda dapat berfokus untuk mengenal Tuhan dan firman-Nya lebih dalam lagi? Kebiasaan apa yang dapat Anda mulai bentuk agar Anda dapat lebih mengingat janji-janji Tuhan kepada Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 23-25; Kisah Para Rasul 21:15-40
______________
Tuhan akan selalu menyokong kesuksesan Anda. Tetapi Anda harus fokus pada-Nya dan percaya pada-Nya serta firman-Nya bila Anda ingin berdiri teguh.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
When You're Overwhelmed, Stand Strong
By Rick Warren

"Put your trust in the LORD your God, and you will stand your ground. Believe what his prophets tell you, and you will succeed." 2 Chronicles 20:20 (GNT)
------------------
When you focus on your problems instead of trusting God, you're going to end up exhausted and defeated—because God didn't design you to fight your battles alone. You don't have the power you need to face every problem in your own strength. You need God's power.

You can't focus on your problems and focus on God at the same time. You've got to shift your focus to who God is and what he's promised to do for you.

Life is full of experiences that test you, drain you, and wipe you out. But it's often when you are worn out that you are finally ready to say to God, "I'm sorry. I can't handle this situation, and I've tried everything. I need to give it to you because it's bigger than me."

When you do that, you're standing strong—with an attitude of quiet confidence in the character of God. You're trusting in what he says to you through his Word and the Holy Spirit.

When life's burdens are overwhelming, you may be tempted to cave in under the pressure. But God doesn't want you to back down from difficult situations. He doesn't want you to sacrifice your integrity. God wants you to trust him through the challenges and learn from them.

If you run, you'll miss out on learning from God. And chances are, you'll need to repeat that lesson. Instead, stand strong as you rely on God.

God is committed to your success. But you need to focus on him and trust him and his Word if you want to stand your ground.

"Trust God from the bottom of your heart; don't try to figure out everything on your own. Listen for God's voice in everything you do, everywhere you go; he's the one who will keep you on track. Don't assume that you know it all" (Proverbs 3:5-7 MSG).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar