Senin, 22 Juli 2024

Allah adalah Bapa yang Konsisten

23 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
Yakobus 1:17 "Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran."
---------------------
Anda dapat mengandalkan Allah. Dia dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Dia patut mendapatkan kepercayaan Anda.

Beberapa dari Anda mungkin memiliki atau mengenal ayah duniawi yang tidak dapat diprediksi, tidak dapat diandalkan, dan tidak konsisten. Mereka selalu berubah-ubah, tergantung suasana hati mereka. Ayah yang tidak konsisten ini menghasilkan anak yang tidak percaya diri.

Namun, Allah tidak pernah mengalami hari yang buruk. Dia tidak bangun tidur dengan keadaan marah-marah. Dia tidak murung. Dia konsisten dan setia.

Alkitab berkata dalam 2 Timotius 2:13, "Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya." Bahkan ketika saya tidak setia, Allah tetap setia. Bahkan ketika saya tidak konsisten, Allah tetap konsisten. Bahkan ketika saya tidak dapat diandalkan, Allah dapat diandalkan. Meskipun dunia ini berubah, ada satu hal yang dapat saya andalkan: Allah selalu memperlakukan saya dengan cara yang sama. Dia penyayang dan konsisten, apa pun suasana hati saya. Dia mengasihi saya di hari-hari buruk saya dan juga di hari-hari baik saya.

Allah berfirman dalam Maleakhi 3:6, "Bahwasanya Aku, TUHAN, tidak berubah." Itu sungguh suatu Kabar Baik.

Masalah nomor satu yang dihadapi oleh anak-anak dan orang tua—penyebab munculnya pemberontakan, kebencian, dan sakit hati pada anak—ialah ingkar janji. Orang tua berkata, "Nanti ya, ayah/ibu janji!" Tapi ternyata hari itu tidak pernah datang.

Sebaliknya, Allah adalah Bapa yang konsisten. Alkitab berkata, "Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya" (Mazmur 18:30).

Renungkan hal ini

- Anda mungkin memiliki ayah yang baik, ayah yang buruk, atau mungkin di antaranya. Tidak ada ayah yang sempurna di dunia ini. Apa artinya bagi Anda setelah mengetahui bahwa Allah adalah Bapa yang sempurna dan setia?

- Kapan Anda pernah mengalami bagaimana Allah tetap setia kepada Anda meskipun Anda tidak setia kepada-Nya?

- Anda selalu dapat mengandalkan Allah. Apa yang perlu Anda andalkan pada-Nya hari ini?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 31-32; Kisah Para Rasul 23:12-35
____________
Andalkanlah kebenaran itu! Dia selalu setia. Dia selalu sama.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
God Is a Consistent Father
by Rick Warren

"Every good and perfect gift is from above, coming down from the Father . . . who does not change like shifting shadows." James 1:17 (NIV)
-------------------
You can count on God. He's dependable and reliable. He is worthy of your trust.

Some of you know fathers who are unpredictable, unreliable, and fickle. They're always changing, depending on the mood they're in. Inconsistent fathers produce insecure children.

But the Scripture says God never has a bad day. He doesn't wake up grumpy. He's not moody. He doesn't get up on the wrong side of the bed. He's consistent and faithful.

2 Timothy 2:13 says, "If we are faithless, he remains faithful, for he cannot disown himself" (NIV). Even when I'm unfaithful, God is faithful. Even when I'm inconsistent, God is consistent. Even when I'm unreliable, God is reliable. No matter what else is changing in the world, there is one thing I can count on: God always acts the same way toward me. He is loving and he is consistent, regardless of my mood. He loves me just as much on my bad days as on my good days.

God says it himself in Malachi 3:6—"I the LORD do not change" (NIV). That is good news!

The number one problem with children and parents—the cause of rebellion, damage, resentment, and hurt feelings—is broken promises. A parent says, "One of these days—I promise." And "one of these days" never comes.

But God is consistent. "What a God he is! How perfect in every way! All his promises prove true" (Proverbs 18:30 TLB).

If God says it, count on it! He's always faithful. He's always just the same way.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar