Selasa, 23 Juli 2024

Allah adalah Bapa yang Dekat

24 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
Kisah Para Rasul 17:27 "Supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing."
-------------------------
Dalam Kisah Para Rasul 17, Paulus menyampaikan khotbah kepada orang-orang di Athena. Dia mengatakan sesuatu seperti ini, "Tuhan tidak tinggal di kuil atau di sebuah rumah yang kecil. Dia merasa terkurung bila tinggal di tempat seperti itu. Sebaliknya, Dia memilih untuk tinggal di seluruh dunia. Allah ada di mana-mana." Mengapa? Seperti yang dikatakan dalam Kisah Para Rasul 17:27, "Supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing." Allah itu dekat, selalu ada, dan dapat dihubungi.

Banyak anak-anak saat ini tumbuh dengan ketidakhadiran sosok ayah. Ayah-ayah ini tidak pernah ada di rumah, selalu pergi, tidak pernah ada di momen-momen penting dalam hidup mereka. Bahkan ketika mereka di rumah, mereka sebenarnya tidak ada. Mereka tidak terkoneksi dengan anak-anak mereka—sibuk dengan ponsel, menonton televisi, atau bekerja. Mereka mungkin ada di sana secara raga, tetapi tidak secara jiwa dan emosional.

Itulah mengapa penting untuk kita mengingat tiga fakta menggembirakan tentang Tuhan:

1. Tuhan tidak pernah terlalu sibuk buat Anda.

Mazmur 145:18 mengatakan, "TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan." Dia tidak pernah terlalu sibuk untuk berbicara dengan Anda. Ketika Anda ingin berdoa, Tuhan ada di sana, siap untuk mendengarkan. Tuhan tidak kesulitan dalam memproses permohonan doa setiap manusia secara bersamaan karena Dialah Tuhan. Dia selalu dekat. Dia tidak pernah berkata, "Hubungi Aku lagi nanti."

2. Tuhan senang memenuhi kebutuhan Anda.

Dia tidak terganggu dengan permintaan Anda. Alkitab mengajarkan, "Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya" (Matius 7:11). Bahkan orang tua yang tidak sempurna sekali pun dengan senang hati memberikan hadiah yang baik untuk anak-anak mereka. Apalagi Tuhan! Dia sempurna, dan Dia memberikan hadiah yang jauh lebih indah. Terlebih lagi, Dia gemar memberikan apa yang Anda butuhkan.

3. Dia turut merasakan kepedihan Anda.

"TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya" (Mazmur 34:18). Ketika Anda terluka, Tuhan juga merasa terluka. Ketika Anda berduka, Tuhan juga berduka. Ketika Anda patah hati, hancur, dan berpikir tidak ada lagi harapan, Tuhan mengerti apa yang Anda rasakan. Anda tidak pernah lebih dekat dengan Tuhan dibanding pada saat Anda menderita. Ketahuilah, Dia selalu ada di sana. Dia peduli dengan Anda.

Renungkan hal ini:

- Apa yang berubah dari Anda setelah mengetahui kebenaran bahwa Tuhan selalu dekat, di mana pun Anda berada?

- Apakah ada kebutuhan yang belum Anda doakan karena Anda menganggap permintaan Anda terlalu remeh di mata Tuhan? Jika Anda siap, bawalah permintaan itu kepada-Nya hari ini.

- Apa hal yang membuat Anda terluka atau berduka hari ini? Mintalah Tuhan untuk membantu Anda untuk merasakan kehadiran-Nya dalam kesakitan Anda.

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 33-34; Kisah Para Rasul 24
_____________
Tuhan ingin memenuhi segala yang Anda butuhkan. Dia peduli, konsisten, dan dekat. Sungguh sebuah kabar baik.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
God Is a Close Father
By Rick Warren

"God did this so that they would seek him and perhaps reach out for him and find him, though he is not far from any one of us." Acts 17:27 (NIV)
--------------------
In Acts 17, Paul gave a sermon to the people in Athens. He said something like, "God doesn't live in a temple or a little house. He would be confined. He has chosen to live all around the world. God is everywhere." Why? As Acts 17:27 says, "God did this so that they would seek him and perhaps reach out for him and find him, though he is not far from any one of us" (NIV). God is close, available, and accessible.

A lot of kids today grow up with absentee fathers. These dads are never home, always gone, never there for the important dates. Even when they are home, they really aren't there. They're detached—scrolling their phones, watching television, or working. They may be physically there, but they're not mentally and emotionally at home.

That's why it's important to remember three encouraging facts about the closeness of God:

1.  God is never too busy for you.

Psalm 145:18 says, "The LORD is near to all who call on him" (NIV). He's never too busy to talk to you. When you want to pray, God is right there, ready to listen. God has no problem processing everyone's prayer request at the same time because he's God. He's always near. He never says, "Call back later." 

2.  God loves to meet your needs.

He's not annoyed by your requests. The Bible teaches, "If you . . . know how to give good gifts to your children, how much more will your Father in heaven give good gifts to those who ask him!" (Matthew 7:11 NIV). Even imperfect parents here on earth like to give their children good gifts. God is perfect, so he's even better at giving gifts. In fact, he loves to meet your needs.

3.  He is sympathetic to your hurts.

"The LORD is close to the brokenhearted; he rescues those whose spirits are crushed" (Psalm 34:18 NLT). When you hurt, God hurts. When you grieve, God grieves. When you are brokenhearted, crushed, and think you can't even get out of bed in the morning, God feels for you. You are never closer to God than when you are in pain. He is there. And he cares.

God wants to meet your needs because he's caring, consistent, and close.  That is such good news.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar