Kamis, 18 Juli 2024

Tuhan ada di Pihak Anda—di Pihak Pemenang

19 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
2 Tawarikh 20:12 "Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu."
-------------------
Ketika Anda merasa kewalahan, berdoa kepada Tuhan dan mengakui ketidakmampuan dan kekurangan Anda sangatlah penting. Ketika Anda takut, jujurlah kepada Tuhan dan katakanlah apa yang benar-benar Anda rasakan.

Dalam 2 Tawarikh 20:12, Yosafat berdoa, "Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu." Apakah Anda pernah merasa demikian? Pernahkah Anda merasa seolah permasalahan dalam pernikahan Anda, karier Anda, atau suatu perkara dalam hidup Anda terasa begitu berat? Anda memulai awal minggu ini berpikir Anda mungkin akan bisa mengatasinya, tetapi di tengah minggu ternyata Anda sudah kehabisan tenaga.

Pernahkah Anda merasa demikian? Ketika Anda membaca berita di koran, Anda melihat dunia ini kini dikuasai oleh orang-orang jahat. Iklim moral dan spiritual masyarakat kita sedang runtuh. Tampaknya pihak-pihak yang jahat menang dalam berbagai hal.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Katakan, "Ya Tuhan, kami tidak berdaya dan kami tidak tahu harus berbuat apa." Anda memberi tahu Tuhan apa yang benar-benara Anda rasakan.

Menarik jika kita membandingkan ayat 12, yang berbunyi, "Kami tidak mempunyai kekuatan" dengan ayat 6, di mana Yosafat berkata, "Bukankah Engkau memerintah atas segenap kerajaan bangsa? Kuasa dan keperkasaan ada di dalam tangan-Mu, sehingga tidak ada orang yang dapat bertahan melawan Engkau" (2 Tawarikh 20:6). Tuhan memegang kuasa atas apa pun, jadi tidak masalah jika Anda tidak berdaya. Jika Anda percaya sepenuhnya kepada-Nya, maka Dia akan menjaga Anda.

Renungkan hal ini:

- Ketika Anda beranjak dewasa, bagaimana Anda diajarkan untuk mengatasi kekurangan Anda?

- Menurut Anda mengapa kita begitu sulit untuk mengungkapkan kekurangan kita kepada siapa pun, termasuk kepada Tuhan?

- Kapan Anda pernah melihat Tuhan bekerja dalam situasi di mana Anda tidak berdaya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 20-22; Kisah Para Rasul 21:1-14
_____________
Saya tidak punya kuasa. Begitu pula dengan Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu berpura-pura memilikinya. Yang harus Anda lakukan hanyalah percaya sepenuhnya kepada Tuhan, yang memiliki semua kuasa yang Anda butuhkan.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
=========
God's on Your Side—the Winning Side
By Rick Warren

"We are helpless in the face of this large army that is attacking us. We do not know what to do, but we look to you for help." 2 Chronicles 20:12 (GNT)
-----------------
When you feel overwhelmed, it's important to go to God in prayer and confess your inability and inadequacy. If you're afraid, you need to be honest and tell God exactly how you feel.

In 2 Chronicles 20:12, Jehoshaphat prays, "We are helpless in the face of this large army that is attacking us. We do not know what to do, but we look to you for help" (GNT). Have you ever felt that way? Have you ever felt like there was a problem in your marriage, your career, or somewhere in your life that you thought was overwhelming? You start at the beginning of the week thinking maybe you can handle it, but by Wednesday you're out of power.

Have you ever felt like that? You pick up the newspaper, and it looks like the bad guys are winning. The moral and spiritual climate of our society is collapsing. It looks like the bad guys are winning in many ways.

So what do you do? You say, "God, we're powerless, and we don't know what to do." You tell God exactly how you feel. 

It's interesting when you compare verse 12, where it says, "We are helpless" to verse 6, where Jehoshaphat says, "You are powerful and mighty, and no one can oppose you" (2 Chronicles 20:6 GNT). When God has power, it doesn't matter if you're powerless. If you put your trust in him, he'll take care of you.

I don't have to have power. You don't either. And you don't have to pretend that you do. All you have to do is trust in God, who's got all the power that you need.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar