Sabtu, 13 Juli 2024

Bagaimana Memperoleh Damai Sejahtera Allah?

14 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
Yohanes 14:27 "Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu."
----------------
Allah telah berjanji untuk memberikan Anda ketenangan jiwa. Bahkan salah satu nama-Nya adalah Jehovah Shalom, yang artinya, "Tuhan Damai Sejahtera."

Menemukan ketenangan jiwa merupakan salah satu kebutuhan terdalam kita. Jika Allah telah menjanjikan ketenangan jiwa namun Anda tidak merasakannya, Anda harus mencari tahu penyebabnya. Berikut ini tiga hal yang dapat merampas damai sejahtera Anda:

Ketika keadaan berada di luar kuasa Anda. Banyak aspek kehidupan yang di luar kuasa kita. Misalnya, kita terjebak dalam kemacetan lalu-lintas dan melewatkan sebuah acara penting. Pasangan suami istri berusaha mati-matian untuk mengandung– namun sayangnya tidak kunjung berhasil. Karyawan yang tiba-tiba kehilangan pekerjaannya dan kebingungan bagaimana mencukupi kebutuhan keluarga mereka. Ketika keadaan ini — perkara besar ataupun kecil — terjadi, kita menjadi frustrasi dan kehilangan ketenangan jiwa.

Ketika Anda mengenal orang-orang yang tidak dapat berubah. Hal yang paling cepat menguras kesabaran kira ialah kita mencoba mengubah orang lain. Tentu saja tak setiap orang dapat berubah sesuai dengan kehendak Anda. Tetapi meskipun kita tahu itu tidak akan berhasil, kita masih saja mencoba melakukannya! Itulah yang bisa menjauhkan kita dari damai sejahtera.

Ketika ada perkara yang tidak dapat dijelaskan. Kita tahu hidup ini tidak adil. Tidak semua keadaan berakhir indah. Dan ketika kita tidak mengerti alasannya, kita menjadi cemas, gugup, dan stres.

Menerima damai sejahtera Allah bukan berarti hidup Anda akan terbebas dari masalah. Melainkan, walaupun ketika dunia Anda tampak runtuh, Anda akan mampu berpikir jernih dan tidur dengan tenang.

Bagaimana cara memperoleh damai sejahtera Allah dalam hidup Anda? Damai sejahtera-Nya bukanlah sesuatu yang Anda usahakan atau minta. Itu merupakan anugerah yang Anda terima dengan iman.

Maka, berpalinglah kepada Allah di dalam doa. Katakan pada-Nya apa yang ada dalam pikiran Anda. Fokuslah pada kebaikan-kebaikan-Nya. Selanjutnya, damai sejahtera yang melampaui pemahaman Anda akan memenuhi hati dan pikiran Anda.

Renungkan hal ini:

- Keadaan-keadaan apa yang berada di luar kuasa Anda yang merampas damai sejahtera Anda belakangan ini?

- Bagaimana Allah menggunakan permasalahan untuk mendekatkan Anda kepada-Nya untuk membantu Anda bertumbuh secara rohani?

- Perubahan apa yang terjadi dalam hidup Anda ketika Anda hidup dalam damai sejahatera Allah?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 7-9; Kisah Para Rasul 18
____________
Anda tidak akan pernah dapat menemukan damai sejahtera dalam dunia ini. Damai hanya ada di dalam Yesus, carilah Dia.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
How Do You Get God's Peace?
By Rick Warren

"I am leaving you with a gift—peace of mind and heart. And the peace I give is a gift the world cannot give. So don't be troubled or afraid." John 14:27 (NLT)
------------------
God has promised to give you peace of mind. In fact, one of God's names is Jehovah Shalom, which means, "I am the God of peace."

Finding peace is one of our deepest needs. God has promised peace of mind, so if you don't have it, you should ask why. Here are three things that may be robbing you of peace:

You lose your peace when circumstances are uncontrollable. Much of life is beyond our control. We sit in gridlocked traffic and miss an important event. A couple keeps trying desperately—but unsuccessfully—to have a baby. Someone loses their job unexpectedly and wonders how they will provide for their family. When these things—big or small—happen, we get frustrated and lose our peace of mind.

You lose your peace when people are unchangeable. The quickest way to lose your cool is to try to change somebody else. Most people are just not going to change in the ways you want them to. But even when we know it won't work, we still try to do it! And it keeps us from being peaceful.

You lose your peace when problems are unexplainable. We know life isn't fair. Things don't always turn out right. And when we don't know why, we get anxious, nervous, and stressed.

Accepting God's peace doesn't mean your life will be problem-free. It means that even when your world seems to be falling apart, you will be able to think clearly and sleep peacefully.

How do you get God's peace in your life? God's peace is not something you work for or beg for. It's a gift you receive by faith. Jesus promised, "I am leaving you with a gift—peace of mind and heart. And the peace I give is a gift the world cannot give. So don't be troubled or afraid" (John 14:27 NLT).

Turn to God in prayer. Tell him what's on your mind. Focus on his goodness. And his peace that passes understanding will fill your heart and mind.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar