Minggu, 21 Juli 2024

Allah adalah Bapa yang Peduli

22 Juli 2024

Bacaan Hari ini:
1 Petrus 5:7 "Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu."
-----------------
Mungkin Anda pernah berada dalam situasi di mana Anda bertanya, "Apakah Tuhan tidak peduli?" Para murid pun pernah bertanya hal yang sama dalam Markus 4.

Suatu hari ketika menjala, Yesus lelah dan pergi tidur di dalam perahu. Ketika badai datang, seharusnya itu bukan jadi hal yang mengganggu bagi para murid. Sebagai para nelayan yang mumpuni, mereka sudah terbiasa dengan badai. Tapi badai kali itu sangat dahsyat sehingga mereka ketakutan. Kapal itu mulai bergoyang dan terombang-ambing; air masuk ke dalam perahu mereka. Kemudian mereka panik dan membangunkan Yesus untuk bertanya salah satu pertanyaan yang paling penting: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?" (Markus 4:38).

Bagaimana dengan Anda? Apakah Tuhan peduli dengan pembayaran rumah Anda, kesehatan Anda, apakah Anda sukses atau gagal, pendidikan anak-anak Anda, apakah Anda akan menikah atau tidak, pertengkaran Anda dengan pacar Anda, atau perasaan Anda pagi ini? Jawab-Nya, "Tentu saja Aku peduli! Aku adalah Bapa yang peduli."

Matius 6:31-33 mengatakan, "Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."

Firman ini menjelaskan bahwa Allah tertarik pada setiap detail kehidupan Anda. Buat saya itu suatu Kabar Baik. Allah adalah Bapa yang penuh perhatian. Dia memerhatikan setiap detail kecil dalam hidup Anda.

Beberapa waktu lalu, seorang pria datang ke kantor saya dan berkata, "Saya seorang Kristen tetapi saya merasa tidak ada progres dalam kehidupan Kristen saya. Saya seperti berjalan di tempat." Saya berkata, "Menurut Anda, apa masalahnya?" Jawabnya, "Saya pikir masalah saya adalah saya kurang mengasihi Tuhan."

Saya menjelaskan, "Itu bukan masalahnya. Masalah Anda bukanlah karena Anda tidak cukup mengasihi Tuhan. Masalah yang sebenarnya adalah Anda tidak mengerti betapa Dia mengasihi Anda."

Alkitab mengatakan, "Kita mengasihi karena Dia terlebih dahulu mengasihi kita" (1 Yohanes 4:19). Ketika Anda berkata, "Saya tidak mengasihi Tuhan," itu karena Anda tidak memahami betapa Dia sungguh mengasihi Anda. Dia peduli dengan setiap detail hidup Anda. Dia adalah Bapa yang penuh kasih dan perhatian.

Renungkan hal ini:

- Di bagian mana dalam hidup Anda saat ini di mana Anda merasa seakan "tenggelam?" Setelah mengetahui bahwa Tuhan begitu peduli dengan setiap detail kehidupan Anda, bagaimana hal itu mengubah apa yang Anda rasakan tentang situasi Anda saat ini?

- Bagaimana kehidupan Anda akan berbeda jika saja Anda berfokus pada kerajaan Allah dan kebenaran-Nya dan lebih memercayai Dia dalam hal-hal lain dalam hidup Anda?

- Alkitab mengatakan, "Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita" (1 Yohanes 4:19). Apa arti kebenaran Firman ini buat Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 29-30; Kisah Para Rasul 23:1-11
_____________
Kasih selalu merupakan respons terbaik.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
=========
God Is a Caring Father
By Rick Warren

"Cast all your anxiety on him because he cares for you." 1 Peter 5:7 (NIV)
------------------
At one time or another, you've probably been in a situation where you've asked, "Doesn't God care?" The disciples asked this very question in Mark 4.

They were out in a boat on the lake when the winds and the waves came up. The water started sloshing over the boat and it began to fill with water. Jesus was sleeping. The disciples woke him up and asked the most important question you can ever ask, "Don't you care that we're drowning?" (Mark 4:38 CEB).

What about you? Does God care about your house payment, your health, whether you are a success or failure, your children's education, whether you ever get married or not, about the argument you had with your boyfriend, or about how you feel this morning? God says, "You bet I care! I am a caring Father."

Matthew 6:31-32 says, "So do not worry saying, 'What shall we eat?' or 'What shall we drink?' or 'What shall we wear?' . . . your heavenly Father knows that you need [these things]" (NIV).

The next verse goes on to say, "But seek first his kingdom and his righteousness, and all these things will be given to you as well" (Matthew 6:33 NIV).

Scripture says that God is interested in every little detail of your life. That's so incredible I don't think it even sinks in. God is a caring God. He is concerned about every little detail in your life.

A while back, a man came into my office and said, "I'm a Christian but I don't feel like I'm going anywhere in my Christian life. I'm kind of stuck in neutral." I said, "What do you think the problem is?" He said, "I think my problem is I just don't love God enough."

I said, "That's not your problem. Your problem is not that you don't love God enough. Your problem is that you don't understand how much he loves you."

Love is always a response to love. The Bible says, "We love because he first loved us" (1 John 4:19 NIV). When you say, "I don't love God," it's because you don't understand just how much he really loves you. He cares about every detail of your life. He is a compassionate, caring Father.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar