Kamis, 19 Mei 2016

Bagaimana Caranya Berdoa Untuk Pertumbuhan Rohani

Bagaimana Caranya Berdoa Untuk Pertumbuhan Rohani

20 Mei 2016

Bacaan Hari ini:
Kolose 4:12 "Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang-orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah."
-------------------------------------------------------
Paulus menulis tentang seorang pejuang doa.
Epafras adalah pahlawan bagi saya.
Saya tak tahu dengan Anda, tapi buat saya berdoa itu sulit.
Anda mungkin berpikir bahwa doa itu keluar dengan sendirinya, tapi itu beda dengan saya.
Saya kagum bagaimana Epafras begitu disiplin selalu meluangkan waktu untuk berdoa bagi orang banyak.

Tapi saya juga kagum dengan fakta bahwa ia berdoa untuk pertumbuhan rohani bangsanya.

Kita biasanya mendoakan apa yang dibutuhkan kebanyakan orang - misalnya, kesehatan, keuangan atau hubungan - tetapi kita jarang menghabiskan begitu banyak waktu untuk mendoakan pertumbuhan rohani mereka.
Kita juga cenderung tidak berdoa agar Allah mengubah karakter kita menjadi lebih seperti Dia.
Saya pikir salah satu alasannya yaitu karena kita tak tahu apa yang harus didoakan.

Untungnya Alkitab penuh dengan ayat-ayat tentang bagaimana caranya kita berdoa bagi seseorang untuk bertumbuh secara rohani.

Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, (Efesus 3:18).

Siapa yang Anda tahu saat ini yang tengah bergumul dan membutuhkan kasih Tuhan dalam kehidupan mereka?

Bawa mereka di dalam doa Anda, katakan, "Tuhan, biarkan mereka tahu betapa Engkau benar-benar mengasihi mereka
hari ini."

Saya berdoa kiranya Anda selalu bersemangat untuk melakukan segala yang baik (lihat Ibrani 13:21).

Para orang tua, bukankah Anda mau mendoakan hal ini buat anak-anak Anda sehingga mereka tidak hanya bisa melakukan apa yang benar, tetapi mereka juga ingin melakukan hal yang benar?

Berdoalah bagi mereka saat ini:

"Tuhan, beri mereka integritas. Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu," (Roma 15:13a).

Siapa sih yang tidak butuh lebih banyak pengharapan, sukacita atau damai sejahtera dalam hidup?

Tentunya tiap orang butuh.

Berdoalah, "Tuhan, saya kenal seseorang yang butuh pegharapan lebih. Bantu mereka untuk percaya kepada-Mu selama masa sulit ini."

Dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu (Efesus 1:17a).

Siapa yang Anda kenal yang saat ini tengah dihadapkan pada keputusan sulit?

Minta Tuhan untuk memberi mereka hikmat-Nya.

Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus (2 Tesalonika 3:5).

Adakah seseorang yang setabah Kristus?

Kita mungkin belum bisa mencapai titik itu.
Tapi kita bisa saling mendoakan, agar kita dapat bertumbuh di sisa hidup kita ini untuk menjadi semakin seperti itu.

Berdoalah dengan ayat ini untuk seseorang.

Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu,
(Efesus 3: 16).

Siapa yang Anda tahu yang saat ini tengah merasa kewalahan dengan kehidupan mereka atau yang tengah melakukan segalanya menggunakan kekuatan mereka sendiri?

Doakan mereka.
Katakan, "Tuhan, bantu mereka untuk tahu bahwa mereka tidak sendiri saat ini.

Beri mereka kekuatan dan kuasa."

Renungkan hal ini:

Mengapa terkadang sulit bagi kita untuk meminta orang lain berdoa bagi pertumbuhan rohani kita?

Menurut Anda, bagaimana perasaan Tuhan ketika kita berdoa menggunakan ayat dalam Alkitab?

Siapa dalam hidup Anda yang bisa Anda minta berdoa bagi pertumbuhan rohani Anda?
______________________________________

Berdoalah dengan penuh pengharapan dan sukacita agar semakin hari Anda mengalami pertumbuhan rohani di dalam Tuhan Yesus

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)


Dikirim dari perangkat Samsung saya




Dikirim dari perangkat Samsung saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar