Selasa, 31 Mei 2016

*Badan Dunia Akui Prestasi Ahok*


*Badan Dunia Akui Prestasi Ahok*

Ilustrasi
Oleh Axtea 99

Pada saat ini, 50% dari populasi manusia di dunia tinggal di daerah perkotaan. Diperkirakan pada tahun 2050 angka ini akan meningkat hingga 70%, dimana pada saat itu terjadi seluruh kota di dunia akan menghadapi kesulitan mempersiapkan diri dlm menghadapi pertumbuhan populasi yg pesat, bencana alam & bencana akibat ulah manusia itu sendiri.

Unt mengantisipasi masalah perkotaan tersebut, The Rockefeller Foundation mempelopori dgn membuat sebuah program yg disebut *100 Resilient Cities (100 RC)*, yg bercita-cita membantu kota di seluruh dunia dlm meningkatkan ketahanan dlm menghadapi tantangan sosial, ekonomi dan fisik.

Sbg bagian dari program 100 RC, Jakarta berhak mendapatkan akses ke berbagai perangkat, pendanaan, sumbangan keahlian teknis & berbagai sumber daya lainnya guna membangun ketahanan kota dlm menghadapi tantangan era abad ke-21.

Tanggal 25 Mei 2016, di peluncuran bersama di ibukota Kenya dan Washington DC, The Rockefeller Foundation mengumumkan kota-kota yg terpilih menjadi bagian dari 100 RC. Termasuk diantaranya kota2 besar dgn pertumbuhan cepat spt Lagos, Jakarta, Seoul dan Nairobi.

Terkait dgn itu, Jakarta telah terpilih sbg kota yg bergabung dalam jaringan 100 RC sbg salah satu finalis dari kota di dunia yg diajak bergabung dalam program 100 RC, krn Jakarta di bawah kendali Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mempunyai komitmen yg sangat kuat dlm membangun ketahanan kota serta diikuti oleh pendekatan yg proaktif & inovatif dlm menghadapi berbagai tantangan yg ada.

Kota-kota yg baru saja terpilih ini akan bergabung dgn komunitas global, dimana seluruh anggotanya akan berkolaborasi guna mempersiapkan diri dlm menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

Kota yg bergabung dlm jaringan 100RC dipilih berdasarkan rekomendasi dari dewan juri yg mewakili berbagai negara di dunia, antara lain:

* A. Eugene Kohn, Chairman dari Kohn Pedersen Fox Associates
* Acha Leke, Direktur di McKinsey & Co Africa, Co-Founder dari African Leadership Network
* Ann Fudge, Vice-Chair and Senior Independent Director dari Unilever.

Michael Berkowitz, President 100 RC, menjelaskan bahwa kota dgn ketahanan yg tangguh adalah kota yg memiliki kemampuan dlm menanggapi keadaan darurat dgn baik serta memiliki kemampuan unt memenuhi kebutuhan penduduknya.

Jakarta terpilih dalam persaingan yg sangat kompetitif dari 325 kota yg terdaftar dgn penilaian berdasarkan pada keinginan, kemampuan & kebutuhan unt menjadikan kotanya memiliki ketahanan dlm menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Dlm beberapa bulan kedepan, sbg bagian dari jaringan program 100 RC ini, Jakarta akan resmi menerima dana hibah yg dapat digunakan unt menunjuk & melantik Chief Resilience Officer.

Selain itu Jakarta akan memperoleh akses ke 100 RC Platform Partners (yg menyediakan perangkat & layanan yg bernilai US$ 180 milyar), yg ada di sektor swasta, publik, akademik, pemerintahan & organisasi nirlaba.

Kita layak mengacungkan dua jempol πŸ‘πŸ‘ buat Ahok yg kinerja nyatanya yg visioner mendapatkan apresiasi kelas dunia dari salah satu badan dunia terpercaya sekelas Rockefeller Foundation.

Bravo Ahok! πŸ‘πŸ‘


Dikirim dari perangkat Samsung saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar