Senin, 20 April 2020

Peperangan melawan covid-19 masih jauh dari kata akhir.

台大醫團契訊息給各位參酌: 
Perhimpunan dokter Universitas Taiwan memberikan informasi sebagai acuan:

近一年內盡量避免與得過新冠肺炎的人近距接觸,或會面或在一起吃飯。 千萬要有防護意識,不能鬆懈。
Dalam waktu 1 tahun diusahakan untuk menghindari orang yang sudah pernah terpapar covid-19, menjaga jarak, tidak bertemu, bahkan makan bersama. Harus mempunyai pemahaman memproteksi diri, jangan lengah.

一. 屍體解剖顯示:
(I). Hasil dari pembedahan jenazah menunjukkan:

1. 重症新冠肺像 "SARS+AIDS"。 多位醫生認為,出院後核酸檢測返陽的情況,不是複發,而是未治愈。這與新冠肺炎的特點有關。 
1. Paru-paru orang yang terjangkit covid-19 seperti perpaduan "SARS + AIDS". Kebanyakan dokter beranggapan bahwa setelah dinyatakan sembuh, terdeteksi asam nukleat kembali positif, bukan kambuh, melainkan belum sembuh secara total. Ini berhubungan dengan karakteristik dari covid-19 tersebut.

2. 免疫系統也幾乎全被摧毀。 "SARS 只攻擊肺,不會傷害免疫系統。AIDS 病會破壞肺与全身免疫系統。新冠肺炎對危重症病人的損害,像SARS 加 AIDS病。
2. Sistem kekebalan tubuh hampir seluruhnya rusak. SARS hanya menyerang paru-paru, tidak menyerang kekebalan tubuh. AIDS menyerang kekebalan tubuh. Sedangkan kerusakan organ tubuh pasien covid-19 adalah seperti perpaduan SARS + AIDS.

3. 急性肺損傷是SARS病人死亡的主要原因。
但是,【多器官衰竭】是新冠病毒重要死亡原因。
3. Kerusakan akut organ paru-paru adalah penyebab utama kematian penderita SARS. Sedangkan kematian karena covid-19 diakibatkan oleh "kegagalan banyak organ".

二. 武漢大學中南醫院重症醫學科主任彭志勇醫師,在屍檢結果出來後,帶領團隊進了行案例討論:
(II) Prof. Peng Zhi Yong dari rumah sakit Zhongnan, universitas Wuhan, bagian penyakit kronis, ketika hasil pembedahan mayat keluar, bersama timnya melakukan pembahasan terhadap kasus ini

1. 一些出院的重症病人,通過血液檢測發現: 淋巴細胞指數沒有恢復正常水平: 他們的免疫系統並沒有完全恢復。 
1. Beberapa pasien penyakit kronis yang sudah dinyatakan sembuh, melalui hasil pemeriksaan darah, ditemukan: l imfosit tidak kembali ke tingkat normal, sistem kekebalan tubuh pasien tidak sepenuhnya sembuh.

2. 在目前的出院者:
核酸檢測是陰性,但免疫系統很差,並沒有恢復,在出院後很容易返陽。
2. Dari pasien yang sudah sembuh sebelumnya: pemeriksaan asam nukleatnya adalah negatif, namun sistem kekebalan tubuhnya sangat buruk, tidak sembuh sepenuhnya. Setelah keluar dari rumah sakit akan mudah terpapar.

3. 出院的病人可能會像B型肝炎病人一樣,長期帶病毒生存。  
3. Kondisi ini mirip dengan pasien hepatitis B, yang dalam jangka panjang akan menyimpan virus di dalam tubuhnya.

4. "現在要考慮的是,這種帶病毒生存的病人,是否具備傳染性。"
4. Sekarang yangg perlu diteliti adalah tubuh pasien yang menyimpan virus covid-19 tersebut apakah dapat menularkan ke orang lain.

三. 多位第一線臨床醫生認為:
(III) Para dokter yang berada di garda depan penyembuhan menyatakan:

1. 之前所有的醫療資源,集中救急性期新冠肺炎病人。當出院病人增多,重點需轉向出院病人的管理問題。彭志勇說: "我們將會隨訪一年,看新冠病人出院以後怎麼變化的,病毒有沒有傳播性,周圍的人有沒有受影響。
1. Sebelumnya semua tenaga media berfokus pada penyelamatan pasien covid-19. Ketika semakin banyak pasien yang dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit, perlu mengalihkan fokus terhadap  pengontrolan pasien yang sudah keluar dari rumah sakit. Prof. Peng Zhi Yong mengatakan: dalm kurun waktu 1 tahun, kami akan melihat perubahan yang terjadi terhadap pasien yang sudah keluar dari rumah sakit, apakah virus tersebut mempunyai sifat penularan, apakah mempunyai dampak terhadap orang disekitarnya.

2. 從這個角度講,這場有關新冠肺炎的戰役,遠未結束。
2. Dalam hal ini, peperangan melawan covid-19 masih jauh dari kata akhir.

*所以建議: 在今後至少一年中,外出戴口罩,盡量避免聚會或滯留公共場所。
★ Maka disarankan: setidaknya dalam kurun waktu 1 tahun, menggunakan masker ketika hendak keluar rumkah, usahakan untuk menghindari dari perkumpulan atau berada di keramaian umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar