Sabtu, 06 Agustus 2016

Penangkal Dosa Yang Paling Ampuh

Penangkal Dosa Yang Paling Ampuh

07 Agustus 2016

Bacaan Hari ini:
Yohanes 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku."
------------------------------------------------
Sungguh mengerikan ketika orang percaya jatuh ke dalam dosa seksual.

Setelah Daud jatuh ke dalam dosa bersama Batsyeba,

nabi Natan berkata kepadanya,
~ "Walaupun demikian, karena engkau dengan perbuatan ini telah sangat menista TUHAN,
~ pastilah anak yang lahir bagimu itu akan mati" (2 Samuel 12:14).

Singkatnya, "Daud, kau baru saja memberikan senjata kepada musuh."

Saya berharap orang-orang Kristen akan berpikir panjang sebelum berbuat dosa.

Yusuf begitu.
~ Ketika istri Potifar merayunya,
~ Yusuf mengerti bahwa ada konsekuensi atas dosa.

Ia berkata,
~ "Bahkan di rumah ini ia tidak lebih besar kuasanya dari padaku,
~ dan tiada yang tidak diserahkannya kepadaku selain dari pada engkau,
~ sebab engkau isterinya.
~ Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah?"
(Kejadian 39:9)

Yusuf setia kepada Potifar, meski tentu saja, pada akhirnya
~ Potifar menjebloskan Yusuf ke penjara
~ karena lebih percaya pada omongan istrinya.

Namun Yusuf tidak pernah mengkhianati Potifar.

Yusuf bisa saja mencari-cari alasan.
~ "Hei, tapi masa kecilku kan sungguh menderita.
~ Aku dijual sebagai budak oleh saudara-saudaraku.
~ Aku di sini sendirian di tanah Mesir.
~ Hidup sendiri itu sulit.
~ Aku sekarang tinggal di Mesir, wajar kan, jika aku ingin jadi orang berkuasa di sini."

Yusuf bisa saja mengatakan banyak hal,
namun ia mengerti bahwa standar Allah itu mutlak.
~ Tak akan pernah berubah.
~ Ia juga sadar bahwa dosa itu bertentangan dengan Allah.

Prinsip ini harus menjadi alat penangkal dosa yang paling ampuh -
~ bukan sekedar mengandalkan rasa takut kita akan penghukuman.

Penangkal paling ampuh melawan dosa ialah dengan
~ mengasihi Allah.

Bila Anda mengasihi Allah, tentunya Anda juga ingin
~ melakukan hal-hal yang memuliakan Dia.

Saya senang dengan pernyataan Santo Agustinus ini:
~ "Kasihi Tuhan dan lakukan sesukamu."

Artinya,
jika Anda benar-benar mengasihi Allah seperti yang Ia mau, dengan
~ segenap hati,
~ segenap jiwa,
~ dan dengan segenap akal budi Anda,

maka Anda hanya akan mau melakukan
~ apa yang menyenangkan hati-Nya.

Yesus berkata,
~ "Jikalau kamu mengasihi Aku,
~ kamu akan menuruti segala perintah-Ku" (Yohanes 14:15).
__________________________________
Bila Anda mengasihi Allah,
~ tentunya Anda juga ingin melakukan hal-hal yang memuliakan Dia.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)




Dikirim dari perangkat Samsung saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar