Selasa, 30 Agustus 2016

Orang Kristen Dan Hari Sabat

Orang Kristen Dan Hari Sabat

30 Agustus 2016

Bacaan Hari ini:
Ibrani 4:9-10 "Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah. Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya."
-----------------------------------------------
Dari Sepuluh Perintah Allah, mungkin perintah ini cukup membingungkan dibanding dengan yang lainnya: "Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat"
(Keluaran 20:8). Mari kita pahami apa maksudnya.

Perintah ini awalnya diberikan kepada orang-orang Ibrani perihal hari Sabat, yang adalah hari Sabtu. Perintah untuk memperingati hari Sabat ini adalah satu-satunya perintah yang tidak diulang dalam Perjanjian Baru. Itu diberikan kepada orang-orang Yahudi, tapi tidak kepada non-Yahudi.

Yesus tidak pernah mengajarkan siapa pun orang untuk memperingati hari Sabat. Bahkan, Ia berulang kali dituduh melanggar hari Sabat. Kala itu, para pemimpin Yahudi mendatangi Yesus karena Dia menyembuhkan seseorang pada hari Sabat. Agama dan ritual mulai menyalip seluruh tujuan dari hari Sabat itu. Yesus mengatakan kepada orang-orang Farisi, "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat" (Markus 2:27).

Para rasul tidak pernah mengajarkan orang untuk memperingati hari Sabat. Orang-orang Yahudi bertemu di rumah-rumah ibadat pada hari Sabtu. Gereja awal, terdiri dari orang-orang Yahudi dan non-Yahudi, bertemu di hari pertama minggu, yaitu pada hari Minggu. Mengapa mereka bertemu pada hari Minggu? Itu adalah hari dimana Yesus Kristus bangkit dari antara orang mati. Itulah Perjanjian Baru.

Beberapa orang memperingati hari Sabat dan mencoba untuk mengubahnya menjadi sebuah hukum yang harus dipatuhi orang Kristen. Namun Alkitab membahas ini dalam Kolose 2:16-17, dikatakan, "Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus." Hari Sabat itu mengacu kepada Yesus dan digenapi di dalam Yesus. Satu kata yang bisa meringkas iman kita: Sudah selesai. Itu telah dilakukan oleh Kristus untuk kita di atas kayu salib.
__________________________________
"Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat" (Markus 2:27)

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)




Dikirim dari perangkat Samsung saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar