Jumat, 07 April 2017

Bereaksi

Bereaksi    08 April 2017    Bacaan Hari ini:  Amsal 29:11 "Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi   ~ orang bijak akhirnya meredakannya."  ------------------------------  Pernahkah Anda perhatikan bahwa Anda tak akan mengatakan hal yang jahat jika mulut Anda tertutup?    Amsal 29:11 mengatakan, "Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi   ~ orang bijak akhirnya meredakannya."    Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan amarah ialah   ~ dengan menunda untuk merespon.    Tunggu beberapa sesaat.   ~ Jangan segera merespon email yang membuat Anda kesal.     Ketika seseorang mengatakan sesuatu yang jahat kepada Anda, kalau perlu,   ~ pergilah menjauh darinya.    Ayat ini pada intinya merupakan dasar Alkitabiah untuk istilah,  ~ "Santai saja!"    Ketika Anda mulai marah,  ~ beri diri Anda waktu untuk bersantai sejenak.  ~ Luangkan waktu untuk berdiam diri, berpikir dan merefleksikan diri Anda.     Menunda untuk langsung berkata-kata ialah   ~ obat yang bagus untuk mengelola amarah.    Apa yang Anda lakukan selama masa berdiam diri?     Ada tiga pertanyaan yang harus Anda tanyakan saat Anda berpikir sebelum memberi respon:    "Mengapa saya marah?"   Masalahnya bukan dengan kemarahan Anda. Kemarahan hanyalah sebuah tanda. Kemarahan adalah lampu peringatan.    ~ "Apa yang benar-benar saya inginkan?   ~ Apa yang saat ini tidak saya dapatkan?   ~ Kebutuhan apa yang sedang tak terpenuhi dalam hidup saya?   ~ Bagaimana saya bisa mendapatkannya?"   ~ Bagaimana Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan dengan marah-marah?     Saya jamin yang akan terjadi adalah Anda akan meledak dan lepas kendali, sungguh bukan cara terbaik untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.    Ketika ada sesuatu yang membuat Anda kesal, Alkitab mengatakan untuk   ~ terlebih dulu mengendalikannya, kemudian  ~  ingatlah akibat yang akan ditimbulkan bila Anda hilang kesabaran, lalu   ~ bercerminlah pada diri sendiri sebelum Anda bereaksi.    Renungkan hal ini:  Apa karakter atau ciri-ciri yang Anda ingat dari orang-orang yang mudah marah?    Menurut Anda apa yang harus Anda lakukan dengan jawaban atas pertanyaan, "Bagaimana saya bisa mendapatkan apa yang saya inginkan?"    Apakah dengan mengingat akibat buruk dari kemarahan Anda dapat membantu Anda untuk bercermin pada diri sendiri sebelum Anda bereaksi?   __________________  Orang yang paling kuat adalah   ~ orang yang mampu mengendalikan dirinya sendiri.    Pengendalian diri adalah   ~ salah satu dari karunia buah Roh Allah bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar