Selasa, 09 Februari 2016

Waspadai Jebakan WhatsApp Tanpa Internet

Waspadai Jebakan 'WhatsApp Tanpa Internet'
Trisno Heriyanto, CNN Indonesia Senin, 27/07/2015 15:22 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hati-hati jika Anda menerima pesan WhatsApp yang isinya bercerita soal pemakaian aplikasi tersebut tanpa internet, itu adalah jebakan.

Belakangan beredar pesan berantai di kalangan pengguna WhatsApp soal fitur baru bernama WhatsApp No Data. Fungsi ini diklaim membuat penggunanya bisa mengirim pesan instan tanpa internet.

Terlihat menggiurkan. Tapi sayang, itu hanyalah tipuan belaka. Karena pada dasarnya WhatsApp tidak pernah menawarkan hal semacam itu.

Pengunjung yang terkecoh akan digiring ke laman situs bernama whatsappnodata.com. Ya, situs ini memakai nama WhatsApp agar bisa meyakinkan para penggunanya.

Situs tersebut meminta pengguna untuk memasukan nomor telepon agar bisa langsung menggunakan layanan WhatsApp tanpa internet. Dari sinilah penipuan sudah bisa terlihat jelas.

Untuk membuktikannya CNN Indonesia coba memasukkan angka acak, bahkan bukan sebuah nomor seluler, karena terdiri dari angka dan huruf. Namun situs tersebut tetap menyetujui dan menampilkan tulisan yang seolah-olah mereka sedang memproses nomor tersebut untuk didaftarkan.

Setelah menunggu beberapa saat situs tersebut akan memberi pesan bahwa proses verifikasi berhasil, langkah selanjutnya pengguna diminta untuk memasukan sejumlah nomor untuk didaftarkan pada layanan serupa. Dari sinilah kemudian pesan berantai tercipta.

Bukti lain yang menandakan whatsappnodata.com adalah situs abal-abal yakni, identitas situs yang tidak lengkap. Tidak seperti situs resmi yang beralamat di whatsapp.com.

Jadi, jika ada pengguna ada yang menerima pesan memakai WhatsApp tanpa internet melalui WhatsApp no data jangan senang dulu, sebab itu hanyalah sebuah jebakan.

Dikirim dari perangkat Samsung saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar