Kamis, 03 Desember 2020

BO XILAI

Cerita tentang Bo ingat akan Abas, MRS, ParPol-isi dan someone yg menjadi bohir ketiga itu. Kini harus manyun karena tentara berpihak kepada Jokowi. Sudah bisa ditebak nasib Abas, MRS dan ParPol-isi…
---------------------------------------------------------------
Bo Xilai adalah pria terpelajar dan cerdas. Dia lahir dari keluarga kaya raya. Istrinya cantik, mantan pramugari. Karena aura keluarganya yg kaya raya tidak sulit bagi dia masuk ke dalam lingkaran politik di China. 

Gayanya seperti orang Eropa. Bahasa Inggrisnya sempurna. Presiden memberikan posisi sebagai Menteri Perdagangan. Saat itu eksport China tumbuh luar biasa. Karirnya semakin melesat. Masuk dalam kelompok 9 yg berpotensi sebagai pemimpin nasional China. 

Namun saat itu juga peran istri dan keluarganya semakin sulit dikendalikan. Mereka semakin kemaruk harta. Ini menjadi kendala baginya untuk menjadi orang nomor 1 di China.

Pesaing utamanya adalah Xijinping. Pria sederhana yg tidak sehebat dirinya. Politisi yg ayahnya pernah jadi korban politik kebudayaan. Masuk program kerja paksa. Kalau dia berhasil naik dalam kelompok 9 itu berkat kinerjanya yg dekat dg rakyat dan ditempanya puluhan tahun berlelah. 

Xi tidak nampak ambisi untuk jadi orang nomor 1 di China. Karenanya dia menjauh dari intrik politik. Sementara Bo di drive oleh istri dan keluarganya untuk memenangkan intrik politik itu. Keluarganya membeli pengaruh Polisi Nasional. Sehingga praktis para elite politik takut dg dia.

Tanpa disadari Polisi sudah jadi kekuatan politik tersembunyi. Menjadi pesaing utama Partai Komunis China. 

Keluarga Bo juga menjalin kekuatan dg faksi politik yg disebut dg kelompok Maoisme. Mereka kelompok militan yg marah dg sistem politik semakin kapitalisme. 

Bo memelihara mereka sehngga membesar sebagai kekuatan baru di samping partai Komunis. Keluarga Bo juga bisa menempatkan kelompok Maoisme sebagai Gubernur ( walikota ) Beijing. Dg demikian kekuatan di pusat praktis sudah dibawah kendali keluarga Bo.

Menjelang pemilihan Presiden oleh Komite Rakyat Nasional, Bo dilarang militer masuk dalam ruang Komite rakyat untuk masuk dalam pemilihan. Dia kecewa. Tak pernah dibayangkan oleh dia sebelumnya. 

Tentara mengintervesi Politik. Sesuatu yg diharamkan sejak reformasi Deng. Tapi Bo lupa. Bahwa tentara suka dg Xi. Tentara sudah gerah dg ulah keluarga Bo yg memprovokasi Polisi Nasional masuk ke ranah politik, sehingga kekuatan politik real tidak berdaya. Apalagi dia membuat kekuatan tandingan di luar partai yaitu Maoisme.

Xijinping terpilih sebagai Presiden. BO bukan hanya kalah tetapi kehilangan akses kepada politik. Setahun setelah itu, Walikota kota Beijing dihukum mati karena korupsi. BO balas dg meledakkan kerusuhan anti Asing ( Jepang ). Chaos melanda di beberapa kota China. 

Tentara bersama Agent Anti Korupsi Nasional begerak cepat dg menangkap istri Bo dalam kasus pembunuhan pengusaha asing. Dari kesaksian istri Bo, terbongkarlah semua ulah Bo dan keluarga besarnya membiayai Elite Polisi Nasional dan kelompok Maoisme. 

Setelah itu pemimpin gerakan Maoisme, Jenderal Polisi Nasional dan beberapa pengusaha dihukum mati karena kasus korupsi.

Xijinping tidak menyentuh BO. Xi tetap menghormati BO sebagai sahabat. Bo datang ke Xijinping minta maaf. Xijinping katakan bahwa dia tidak punya masalah personal dg Bo. Kepada rakyatlah minta maaf. 

Xi hanya minta Bo berpidato di hadapan perwakilan Rakyat tentang dosanya dan minta maaf lah. Setelah itu, BO mundur sebagai politisi. Dia masuk program bertapa di rumah khusus yg dijaga 24 jam oleh tentara. Seluruh akses informasi ditutup. Tidak boleh menerima tamu. Itu sampai ajal menjemput.

Moral cerita : 

Ketika aparat hukum ( Polisi dan KPK ) masuk dalam ranah politik, mereka akan melahirkan pemimpin yg tidak menghormati hukum. Mereka akan menghancurkan peradaban. 

Kalau akhirnya militer masuk dalam situasi itu, bukan karena militer anti kekuasan sipil. Tetapi tentara ingin menjaga marwah kekuasaan sipil dari upaya pihak yg hendak menginjak hukum. Mengapa ? Karena hukum adalah rakyat dan tentara harus setia kepada rakyat.

Anehnya cerita tentang Bo ingat akan Abas, MRS, ParPol-isi dan someone yg menjadi bohir ketiga itu. Kini harus manyun karena tentara berpihak kepada Jokowi. Sudah bisa ditebak Nasib Abas, MRS dan ParPol-isi…

#RakyatBersamaTNI
#TNI_BersamaRakyat
#Babo
#GoDe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar