Kamis, 10 September 2020

Penderitaan Anda Berbuah Emas

11 September 2020

Bacaan Hari ini:
Ayub 23:10 
πŸ‘‰ "Karena Ia tahu jalan hidupkuseandainya Ia menguji aku
==> aku akan timbul seperti emas."
-------------------
πŸ’‘ Ketika saya menjalani pengobatan kanker payudara bertahun-tahun lalusaya (Kay Warren) terus memikirkan Ayub 23:10 yang mengatakan, 
πŸ‘‰ "Karena Ia tahu jalan hidupkuseandainya Ia menguji aku
==> aku akan timbul seperti emas."

✒️ Saya tidak menjadikan ayat tersebut sebagai suatu jaminan kesembuhan fisik sayaTuhan tidak berhutang apa pun kepada saya. 
πŸ“Œ Jika Tuhan telah menyembuhkan saya, maka itu luar biasa, namun 
πŸ“Œ saya tidak melihat bahwa kesembuhan dijamin dalam ayat tersebut.

πŸ’‘ Sebaliknya, yang saya lihat dalam ayat ini adalah 
πŸ‘‰ potensi untuk menghasilkan "emas" dalam hidup saya.

πŸ“Œ Jika saya melewati ujian dengan cara yang seturut dengan kehendak Tuhan, maka sesuatu yang indah akan tercipta. 
πŸ“Œ Saya merindukan penderitaan yang telah saya alami untuk menghasilkan 
==> sesuatu yang indah, 
==> sesuatu yang bernilai untuk selamanya, 
==> sesuatu yang semurni emas.

✒️ "Maksud semuanya itu ialah untuk 
membuktikan kemurnian imanmu--
πŸ“Œ yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, 
πŸ“Œ yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh 
~ puji-pujian dan 
~ kemuliaan dan 
~ kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya" 
(1 Petrus 1: 7).

πŸ’‘ Emas itu terbentuk 
πŸͺ” lewat api kanker dalam hidup saya, dan itu  terus-menerus terbentuk 
πŸͺ” lewat api penderitaan dan kesedihan karena kedukaan yang menyelimuti saya oleh karena 
==> kematian putra saya, Matthew.

πŸͺ” Lewat kanker payudara
πŸ“Œ saya memperoleh kemampuan baru untuk berhubungan dengan orang-orang yang menderita penyakit yang mengancam jiwa. 
πŸ“Œ Saya menatap wajah maut dan saya tidak lagi takut. 
πŸ“Œ Saya memperoleh apresiasi baru akan 
~ betapa singkatnya hidup ini dan 
semakin berkomitmen untuk menjalani setiap hari yang Tuhan anugerahkan kepada saya dengan semangat dan tujuan.

πŸͺ” Di tengah kedukaan dan kehancuran karena kehilangan Matthew, 
==> saya meraih jalan yang lebih intim dengan Yesus karena 
πŸ“Œ saya telah belajar untuk percaya kepada Dia melewati tempat tergelap yang pernah saya kunjungi. 
πŸ“Œ Saya memiliki kerinduan yang tinggi akan surga. 
πŸ“Œ Kebangkitan Yesus Kristus merupakan pengharapan saya yang terdalam. Dan 
πŸ“Œ saya merindukan pemulihan tubuh dan pikiran yang hancur yang akan terjadi di surga.

πŸͺ” Dan melalui penderitaan saya itu, saya telah belajar 
==> bagaimana menghibur orang-orang di tengah penderitaan mereka lewat penghiburan yang telah Tuhan berikan kepada saya.

✒️ Inilah emas yang telah Tuhan hasilkan dalam hidup saya
==> Dia bisa melakukan hal sama dalam hidup Anda ketika Anda mengizinkan Dia untuk menggunakan rasa sakit Anda untuk kemuliaan-Nya.

Renungkan hal ini :
- Pikirkan saat-saat penderitaan dalam hidup Anda. "Emas" apa yang telah Tuhan hasilkan di dalam Anda melalui pengalaman itu?

- Apa artinya menderita dengan baik?

- Bagaimana Ayub 23:10 menantang perspektif Anda soal penderitaan?

Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 8-10; II Korintus 4
_____________
Jika iman Anda tetap kuat setelah ditempa oleh pencobaan yang berapi-api, itu akan mendatangkan 
==> puji-pujian dan 
==> kemuliaan dan 
==> kehormatan pada hari ketika Yesus Kristus dinyatakan ke seluruh dunia.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==============
Your Suffering Can Produce Something of Great Value
By Kay Warren

"He knows the way that I take; when he has tested me, I will come forth as gold" (Job 23:10 NIV).
--------------------
When I was going through treatment for breast cancer many years ago, I kept thinking about Job 23:10, which says, "He knows the way that I take; when he has tested me, I will come forth as gold" (NIV).

I didn't take that verse as a guarantee of physical healing. God didn't owe me that. If God healed me, that was wonderful, but I didn't see that healing was guaranteed in the verse.

What I did see was potential for producing what I would call "gold" in my life. If I would go through the trial in a way that honored God, then something of beauty could be produced. And I longed for the suffering I was going through to give birth to something lovely, something of lasting value, something as rich as gold.

"These trials are only to test your faith, to see whether or not it is strong and pure. It is being tested as fire tests gold and purifies it—and your faith is far more precious to God than mere gold" (1 Peter 1:7 TLB).

If your faith remains strong after being tested by fiery trials, it will bring you much praise and glory and honor on the day when Jesus Christ is revealed to the whole world.

Gold was produced in the fire of cancer in my life, and it continues to be produced in the fire of the suffering and grief of loss that engulfs me in the death of my son, Matthew. Through breast cancer, I gained a new ability to relate to people who suffer life-threatening illnesses. I stared death in the face, and I wasn't as afraid anymore. I gained a new appreciation for the brevity of life and was more committed than ever to living each day God gives me with passion and purpose.

In the grief and devastation of losing Matthew, I have gained a more intimate walk with Jesus as I have learned how to trust him in the darkest place I have ever been. I have an increased longing for heaven. The Resurrection of Jesus Christ is my dearest hope. I long for the restoration of broken bodies and broken minds that will take place in heaven. And in my suffering, I have learned how to comfort people in their suffering with the comfort God gives me.

This is the gold that God has produced in my life. He can do the same in your life when you allow him to use your pain for his glory.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar