Selasa, 14 Juli 2020

CELAKA

*CELAKA* 
🌹🕊🌹🕊🌹🕊🌹
(Selasa Legi, 14/7/2020) – Mat 11:20 – 24 

Celaka! YB Mangunwijaya pernah mengatakan,"Indonesia ini memang negeri yang unik, penuh dengan hal-hal yang seram serius, tetapi penuh dagelan dan badutan juga. 

Mengerikan tapi lucu, dilarang justru dicari dan amat laku, dianjurkan, disuruh tetapi malah diboikot, kalah tetapi justru menjadi amat populer dan menjadi pahlawan khalayak ramai, berjaya tetapi keok celaka, terpeleset tetapi dicemburui, aman tertib tetapi kacau balau, ngawur tetapi justru disenangi, sungguh misterius tetapi gamblang bagi semua orang. 

Membuat orang yang sudah banyak makan garam seperti saya ini geleng-geleng kepala tetapi sekaligus kalbu hati cekikikan. Entahlah, saya tidak tahu. Gelap memprihatinkan tetapi mengandung harapan fajar menyingsing, itulah Indonesia." 

Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung." (Mat 11:20-21)  

Yesus mengecam Khorazim, Betsaida dan Kapernaum karena hidup penghuninya 
 bobrok. Mereka tidak mau percaya dan menerima Yesus, pada hal banyak ajaran dan tindakan Yesus yang sungguh ajaib. Dengan kebobrokannya, mereka memilih celaka dan menyia-nyiakan berkat dan keselamatan. 

Selalu mengusahakan yang alim, bagus, hidup, lestari merupakan jalan senantiasa menerima berkat.  Orang yang mencintai kebobrokan akan celaka. (abakaeb, ppriyapr – pugeran yogyakarta).

Salam Damai Kristus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar