Senin, 26 Agustus 2024

Saat Anda Merasakan Kesendirian, Tuhan Beserta Anda

27 Agustus 2024

Bacaan Hari ini:
2 Timotius 4: 16-17 "Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku--kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka--, tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa."
-----------------
Ketika Anda merasa seorang diri, di mana Tuhan? Dia selalu ada di sana–tepat di samping Anda. Dia ada bersama Anda bahkan jika Anda tidak merasakannya.

Alkitab mengatakan lagi dan lagi bahwa jika Anda memiliki hubungan dengan Kristus, maka Allah menyertai Anda setiap saat. Dia berfirman, "Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" (Matius 28:20). Dia selalu menyertai Anda. Anda tidak pernah sendirian.

Beberapa tahun lalu, saya dan Kay terbang ke Hong Kong untuk memberikan seminar bagi beberapa misionaris kami. Sekitar setengah perjalanan, penerbangan 17 jam, kami mengalami turbulensi paling mengerikan yang pernah kami rasakan. Tubuh kami tergoncang dan tersentak. Pesawat kami miring, dan semua orang menjadi sangat panik. Mereka semua tampak khawatir dengan situasi itu. Pramugari bertanya melalui pengeras suara, "Apakah ada pendeta di sini?" Saya mengangkat tangan saya. Mereka mendatangi saya dan berkata, "Semua penumpang sangat gelisah karena penerbangan ini. Bisakah Anda melakukan sesuatu yang spiritual?" Saya pun mengedarkan kantung persembahan!

Tidak, tentu saja tidak. Para penumpang dalam penerbangan itu harus mendengar bahwa Allah ada bersama kami. Bagi orang percaya, itu sebuah janji yang harus kita pegang teguh di saat-saat ketakutan dan kesepian kita. Itu bukan hanya sebuah penghiburan, tetapi juga memberi kita kesempatan untuk mengenal Dia lebih baik lagi.

Kesendirian ialah waktu untuk lebih mengenal Tuhan. Di musim kesendirian Anda, Anda perlu mengenali kehadiran Tuhan.

Bertahun-tahun lalu, Amy Grant menyanyikan lagu dengan lirik, "Aku suka hari yang sepi; itu mendekatkanku kepada-Mu." Doa merupakan obat paling mujarab atas kesepian. Tuhan menyediakan layanan 24 jam. Anda bisa berbicara dengan-Nya kapan saja, di mana saja, dan Dia mengerti bagaimana perasaan Anda ketika Anda berseru, "Ya Tuhan, aku seorang diri. Aku terluka! Hatiku hancur. Aku menderita. Aku merasa kosong. Tolong aku, Tuhan." Anda bisa berbicara dengan Dia kapan saja.

Daud bermazmur, "Ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?" Tidak, dimana pun juga. Anda tidak akan pernah berada di tempat di mana tidak ada Tuhan di sana.

Renungkan hal ini:

- Bagaimana Anda mengalami kehadiran Tuhan di masa lalu? Apa pengaruhnya pada Anda?

- Bagaimana Anda bisa lebih mengenal Tuhan?

- Apa yang harus Anda yakini supaya doa membuat suatu perbedaan di musim kesendirian Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 119:89-176; 1 Korintus 8
___________
Jika Anda percaya Kristus, maka Dia ada di hati Anda. Untuk itu, pilihlah untuk kembali fokus ketika Anda merasa sendiri.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
============
When You're Lonely, God Is with You

By Rick Warren

"But the Lord stood with me and gave me strength so that I might preach the Good News in its entirety for all the Gentiles to hear. And he rescued me from certain death." 2 Timothy 4:17 (NLT)
--------------------
When you're lonely, where is God? He's where he has always been—right beside you. He is with you even if you don't feel it.

The Bible says over and over that if you have a relationship with Christ, God is with you all the time. He says, "I am with you always, to the very end of the age" (Matthew 28:20 NIV). He's always with you. You're never fully alone.

Years ago, my wife Kay and I flew to Hong Kong to teach a seminar for some missionaries. About halfway through the 17-hour flight, we went through the most horrendous storm. We were pitching and jolting. The plane was tilting, and everybody was getting antsy. They were obviously disturbed by the circumstances.

Someone from the crew asked over the speaker, "Is there a minister on the plane?" I raised my hand. They approached me and said, "Everyone's pretty upset because of the turbulence. Can you do something spiritual?" So, I took an offering!

No, not really. But the people on that flight needed to hear that God is with us. For believers, it's a promise that we can cling to in times of fear and loneliness. Not only is it a comfort, but it also gives us the opportunity to get to know God better.

Loneliness is a time to become better acquainted with God. In your season of loneliness, you need to recognize God's presence.

Years ago, Amy Grant sang a song with the lyrics, "I love a lonely day; it chases me to you." Prayer is a powerful antidote to loneliness. God has a 24-hour drop-in service. You can talk to him anytime, anywhere, anyplace. He understands how you're feeling when you say, "God, I'm lonely. I hurt! My heart is splitting. I am miserable. I feel empty. Help me, God." You can talk to him anytime.

David, the king of ancient Israel, says in the Psalms, "Where can I flee from your presence?" Nowhere. You will never be in a place where God isn't. If you've trusted Christ, he's with you in your heart. Choose to refocus on that when you feel lonely.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar