Selasa, 27 Agustus 2024

Kesendirian adalah Kerinduan akan Hubungan dengan Tuhan

28 Agustus 2024

Bacaan Hari ini:
Kejadian 2:18 "TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."
---------------
Apa yang sering Anda sebut kesendirian sesungguhnya adalah kerinduan atas Tuhan. Hanya saja Anda tidak pernah menyadarinya.

Anda diciptakan untuk memiliki hubungan pribadi yang sangat dekat dengan Kristus, sebuah hubungan yang benar-benar dirindukan oleh Allah dengan manusia. Bahkan, Putera-Nya pun rela mati agar Anda dapat memiliki hubungan itu dengan Allah.

Tak ada yang bisa mengimbangi ikatan yang personal dengan Tuhan — tidak ada seorang pun, tidak ada pengalaman sekalipun, tidak ada obat, tidak ada kesuksesan, tidak ada benda, dan tidak ada satu harta kekayaan pun yang dapat menggantikannya. Tidak ada yang bisa mengisi lubang kekosongan yang memilukan di hati Anda, selain Yesus sendiri. Dia ingin Anda mengenal diri-Nya.

Bagaimana caranya mengenal Tuhan?

1. Buka hidup Anda untuk Yesus Kristus. Katakan, "Yesus Kristus, aku ingin mengenal-Mu. Aku ingin belajar untuk mengasihi-Mu seperti Engkau juga mengasihiku, bahkan jauh sebelum aku mengetahuinya. Aku hendak memiliki hubungan dengan-Mu." Anda diciptakan untuk menjalin relasi dengan Tuhan — bukan agama, ketakutan, aturan, peraturan, dan ritual, melainkan sebuah hubungan di mana Anda berbicara dengan-Nya sepanjang waktu dan Dia bekerja di dalam Anda dan melalui Anda. Itulah penangkal kesndirian Anda yang paling ampuh.

2. Bergabunglah dengan keluarga gereja. Kita tidak diciptakan untuk menjadi seorang petapa Kristen. Bergabunglah dengan gereja dan bersekutulah dengan orang-orang percaya. Bergabunglah dengan kelompok persekutuan kecil di sekitar tempat tinggal Anda di mana Anda dapat mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan ketika Anda melewati masa-masa sulit. Ambillah kesempatan itu. Ambillah resiko. Bergabunglah dengan kelompok persekutuan kecil.

Alasan sebenarnya mengapa banyak orang Kristen merasa sendirian ialah karena mereka duduk ketika mereka seharusnya melayani. Dunia yang kita tinggali penuh dengan orang-orang yang kesepian dan menunggu untuk dikunjungi. Orang tua yang tak kunjung dikunjungi anak-anaknya dalam dua tahun ini. Remaja galau yang mempertanyakan, "Apa yang harus kulakukan dengan hidupku ini?" Orang lajang yang setiap malam pulang ke rumah atau apartemen mereka yang sepi. Janda yang baru saja menguburkan suaminya. Karyawan yang pergi ke bar setiap malam setelah usai bekerja untuk melepas penat.

Dunia ini penuh dengan orang-orang yang sedang menunggu untuk dikasihi. Berhentilah berkata, "Saya tidak punya teman!" Dan mulailah berkata, "Tuhan, siapa yang Engkau mau kulayani? Kepada siapa saya dapat menunjukkan cinta kasih-Mu?" Jika Anda telah bersedia berkomitmen untuk menjadi teman bagi orang-orang yang kesepian, Anda akan menjalani kehidupan yang signifikan. Itu sungguh suatu tujuan hidup yang mulia.

Renungkan hal ini:

- Jika Anda merasa seorang diri, apa saja cara yang dapat Anda lakukan untuk melayani orang lain?

- Tanyakan kepada Tuhan, "Kepada siapa saya dapat menunjukkan kasih-Mu? Bagaimana saya dapat melayani mereka?"

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 120-122; 1 Korintus 9
______________
Anda akan menghadapi saat-saat kesepian dalam hidup Anda, tetapi Anda tidak akan pernah melewatinya seorang diri apabila Anda memiliki hubungan yang dalam dengan Yesus Kristus.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
=========
Solitude is a Longing for a Relationship with God

August 28, 2024

Today's Reading:
Genesis 2:18 "The LORD God said: "It is not good for man to be alone. I will make a helper for him, worthy of him."
---------------
what you often call loneliness is actually a longing for God. It's just that you never realize it.

You were created to have a very close personal relationship with Christ, a relationship that God truly desires with humans. in fact, His Son was willing to die so that you could have that relationship with God.nothing can compensate for a personal bond with God — no one, no experience, no medicine, no success, no objects, and no wealth can replace it. no one can fill the heartbreaking hole of emptiness in your heart, but Jesus himself. He wants you to know Himself.

How do you know God?

1. Open your life to Jesus Christ. Say, "Jesus Christ, I want to know You. I want to learn to love You as You love me, long before I even knew it. I want to have a relationship with You." you were created for a relationship with God — not religion, fear, rules, regulations, and rituals, but a relationship where you talk to Him all the time and He works in you and through you. That is the most effective antidote to your loneliness.

2. join the church family. We were not created to be Christian ascetics. Join a church and fellowship with believers. join a small fellowship group near where you live where you can get the support you need when you are going through difficult times. Take that chance. Take risks. Join a small fellowship group.

The real reason why many Christians feel alone is because they sit when they should be serving. The world we live in is full of lonely people waiting to be visited. Parents whose children haven't visited in two years. the confused teenager who questions, "What should I do with my life?" Single people who go home every night to their lonely house or apartment. A widow who has just buried her husband. Employees who go to the bar every night after work to unwind.

The world is full of people who are waiting to be loved. Stop saying, "I don't have any friends!" And start saying, "Lord, who do you want me to serve? To whom can I show Your love?" if you are willing to commit to being a friend to lonely people, you will live a significant life. That is truly a noble life goal.

Think about this:

- If you feel alone, what are some ways you can serve others?

- Ask God, "Who can I show Your love to? How can I serve them?"

Bible Reading a Year:
Psalm 120-122; 1 Corinthians 9
______________
You will face lonely times in your life, but you will never go through them alone if you have a deep relationship with Jesus Christ.

(Translated from Daily Devotional by Rick Warren)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar