Kamis, 29 Agustus 2024

Di Musim Kehilangan, Tetapkan Prioritas Anda

30 Agustus 2024

Bacaan Hari ini:
Lukas 12:15 "Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu."
-------------------
Kehilangan dan tragedi punya cara untuk membuat Anda memandang dengan perspektif yang benar. Itu memperjelas nilai-nilai yang Anda pegang dan membantu Anda untuk mempertegas prioritas-prioritas Anda. Anda menjadi sadar, lebih dari sebelumnya. Anda menjadi paham apa yang paling penting.

Masyarakat dan budaya kita ingin agar Anda berpikir bahwa apa yang Anda milikilah yang menentukan siapa diri Anda dan apa yang benar-benar penting dalam hidup. Namun, dalam Lukas 12:15, Yesus berkata, "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." Jangan keliru antara kekayaan Anda dengan harga diri Anda. Keduanya sama sekali tidak berhubungan. Jangan keliru antara harta kekayaan Anda dengan posisi Anda di dalam Kristus dan tujuan hidup Anda. Jangan samakan antara apa yang sedang Anda jalani dengan untuk apa Anda menjalani hidup.

Anda dapat menunggu hingga Anda mengalami suatu kehilangan untuk menentukan tujuan hidup Anda. Atau, Anda menentukan sekarang untuk memperjelas nilai-nilai Anda dan mengingat apa yang paling penting: hubungan dengan sesama manusia. Yang terpenting adalah sesama manusia, bukan barang-barang.

Jangan kehilangan sukacita Anda oleh karena hal-hal yang tidak penting.

Pernahkah Anda melihat mobil jenazah menarik sebuah truk? Alkitab berkata dalam 1 Timotius 6:7, Saya ingat mendengar tentang seorang pengusaha minyak yang kaya raaya di Texas yang dikuburkan di dalam mobil Cadillac miliknya. Ketika mereka menguburnya, seorang pria pelayat berseru, "Wah, ini baru yang namanya hidup!"

Untuk memperoleh keamanan yang nyata, Anda harus membangun hidup Anda di atas sesuatu yang tidak dapat dirampas dari Anda. Bisakah pekerjaan diambil dari Anda? Ya, bisa saja. Tidak ada yang namanya keamanan kerja. Bisakah Anda kehilangan kesehatan Anda? Ya, bisa saja. Bisakah Anda kehilangan orang yang Anda nikahi? Ya, bisa saja. Bisakah Anda kehilangan kecantikan masa muda Anda? Ya, tentu saja!

Untuk itu, bangunlah hidup Anda di atas sesuatu yang tidak dapat direnggut dari Anda: hubungan Anda dengan Tuhan melalui Yesus Kristus.

Renungkan hal ini:

- Apa yang terungkap dari kehidupan Anda yang paling penting buat Anda?

- Dengan cara apa Anda dapat menetapkan nilai-nilai yang Anda pegang yang membantu Anda?

- Apa yang perlu Anda lakukan untuk memperkuat hubungan Anda sehingga hubungan tersebut menjadi prioritas dalam hidup Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 126-128; 1 Korintus 10:19-33
___________
Ketika Anda memiliki Yesus sebagai fondasi yang kokoh, Anda akan tetap memiliki pengharapan, kedamaian, dan sukacita, bahkan dalam pergumulan Anda yang paling sulit sekali pun. Anda akan mampu melewati masa kehilangan Anda.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
In a Season of Loss, Clarify Your Priorities
By Rick Warren

"Life is not measured by how much one owns." Luke 12:15 (NCV)
---------------
Losses and tragedies have a way of putting everything into perspective. They clarify your values and help you figure out some priorities. You realize, more than you ever did before, what matters most.

People and culture want you to think that it's what you have that determines who you are and what really matters in life. But in Luke 12:15, Jesus said, "Life is not measured by how much one owns" (NCV). Don't confuse your net worth with your self-worth. They are totally unrelated. Don't confuse your possessions with your position in Christ and your purpose. Don't confuse what you're living on with what you're living for.

You can wait until you experience loss to decide what you're living for. Or you can determine now to clarify your values and remember what's important: relationships and people. People matter, not things.

Don't lose your joy over things that are unimportant.

Have you ever seen a hearse pulling a U-Haul? The Bible says in 1 Timothy 6:7, "We brought nothing into the world, so we can take nothing out" (NCV). I remember hearing of a rich Texas oilman who was buried in his Cadillac. As they were putting him under, a man standing by said, "Man, that's living!"

No—the guy's dead!

For real security, you have to build your life on something that can't be taken from you. Can a job be taken from you? Yes. There is no such thing as job security. Can you lose your health? Yes. Can you lose the person you're married to? Yes. Can you lose your youthful beauty? Yes!

You must build your life on the one thing that cannot be taken away from you: your relationship with God through Jesus Christ.

When you have Jesus as your firm foundation, you'll still have hope and peace and joy even in your most difficult struggles. You'll be able to make it through your season of loss.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar