Jumat, 30 Agustus 2024

Anak-Anak Anda Membutuhkan Kasih Anda

31 Agustus 2024

Bacaan Hari ini:
1 Yohanes 4: 7 "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah."
-----------------
Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya menjadi orang tua yang baik dan membangun keluarga yang kuat, Anda tak perlu mencarinya di internet atau pergi ke toko buku. Tak usah cari jauh-jauh, temukanlah di kitab paling hebat yang pernah ada tentang pengasuhan anak: Firman Tuhan, Alkitab.

Alkitab mengatakan dalam 1 Yohanes 4: 7, "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah." Lebih dari apa pun, anak-anak membutuhkan kasih yang teguh dan tanpa syarat. Harus ada suatu tempat di mana mereka diterima — termasuk kekurangan dan keburukan mereka.

Apa yang dimaksud dengan kasih? Kasih adalah kombinasi dari cinta dan pengertian. Kasuh adalah tempat di mana Anda tahu segalanya tentang seseorang, tetapi Anda masih mengasihi orang tersebut.

Kasih itu tidak biasa. Untuk itu Anda harus belajar mengasihi. Anda mempelajarinya dengan melatihnya, mempraktikkannya. Adakah tempat yang lebih baik untuk belajar berbelas kasih selain dengan orang-orang yang hidup dengan Anda seumur hidup Anda? Jika Anda bisa belajar mengasihi keluarga Anda, seharusnya Anda juga bisa mengasihi siapa pun. Mengapa? Karena lebih mudah untuk mengasihi orang yang berjauhan dengan Anda, tetapi ketika Anda bersama-sama dengan mereka setiap saat, Anda ada kalanya Anda tidak rukun.

Sering kali kita mengasihi anak-anak kita, tetapi kita tidak mengekspresikannya dengan cara yang dapat mereka pahami. Anak-anak memahami kasih dengan tiga cara: kasih sayang, afirmasi, dan perhatian.

1. Kasih sayang. Anak-anak membutuhkan banyak pelukan, sentuhan, dan ciuman. Mereka perlu merasakan cinta Anda.

2. Afirmasi. Anda perlu memberi tahu anak-anak Anda setiap hari — lebih dari sekali sehari — betapa Anda mengasihi mereka. Tegaskan, berikan pengakuan, dan doronglah mereka dengan cinta kasih.

3. Perhatian. Salah satu anugerah terbesar yang dapat Anda berikan kepada orang lain ialah dengan mendengarkan mereka. Ketika Anda melihat anak-anak Anda di level mereka, Anda seolah berkata, "Kamu penting buat ibu. Kamu penting buat ayah. Ayah dan ibu ingin kamu mendengar apa yang harus kamu dengar." Saat Anda melakukan itu, Anda sedang menunjukkan kasih Anda.

Renungkan hal ini:

- Dalam hal apa Anda melihat anak-anak Anda mengekspresikan dan menerima kasih Anda?

- Rutinitas atau kebiasaan apa yang dapat Anda latih sehingga Anda dapat menunjukkan kasih sayang, afirmasi, dan perhatian Anda kepada anak-anak Anda setiap hari?

-Jika Anda tidak mempunyai anak, apa tanggung jawab Anda terhadap anak-anak dalam hidup Anda, seperti keponakan, tetangga, atau anak-anak teman Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 129-131; 1 Korintus 11:1-16
__________
Ketika Anda menerapkan kasih di dalam keluarga Anda, artinya Anda belajar untuk mengasihi dengan sungguh-sungguh.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
Your Kids Need Your Compassion
By Rick Warren

"Let us love one another, for love comes from God." 1 John 4:7 (NIV)
----------------
If you want to know how to be a good parent and build a strong family, you don't have to search online or go to a bookstore. Look no further than the greatest book ever written on parenting: God's Word, the Bible.

The Bible says in 1 John 4:7, "Let us love one another, for love comes from God" (NIV).

More than anything else, kids need unwavering and unconditional love. There needs to be a place where they're accepted just as they are, without question, including all of their faults.

What is compassion? Compassion is a combination of love and understanding. Compassion is where you know everything about someone and you still like that person.

Love is not natural. You have to learn to love. And you learn to love by practicing. What better place to practice than with the people you're forced to live with all your life? If you can learn to love your family, you can love anybody. Why? Because it's easy to love people at a distance, but when you're with them all the time, you don't always get along. When you practice love in the family, you're learning to truly love.

This is a common thing: we love our kids, but we don't express it in a way they can understand. Children understand love in three ways: affection, affirmation, and attention.

1. Affection. Children need lots of hugs and kisses, pats on the back, holding of hands, cuddles and more. They need to feel your love.

2. Affirmation. You need to tell your kids every day—and more than once a day—how much you love them. Affirm them and build them up with love.

3. Attention. One of the greatest gifts you can give others is listening to them. When you look at children on their level, you're saying, "You matter to me. You're important to me. I want to hear what you have to say." In doing this, you show compassion

.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar