Selasa, 20 Agustus 2024

Jangan Sia-Siakan Pengalaman Menyakitkan Anda

21 Agustus 2024

Bacaan Hari ini:
Galatia 3:4 "Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia!"
--------------------
Alkitab diisi dengan prinsip-prinsip yang membantu Anda melanjutkan hidup setelah melewati musim kehidupan yang sulit. Kemarin kita telah mempelajari prinsip yang pertama: Bersiaplah merasakan emosi yang bercampur aduk. Hari ini kita akan mempelajari prinsip yang kedua: Saring pelajaran yang telah Anda petik.

Sebelum Anda terburu-buru dan mulai melakukan banyak hal baru setelah melewati masa sulit, Tuhan ingin Anda berhenti sejenak dan merenungkan pelajaran yang sudah Anda dapat. Jangan biarkan semua rasa sakit yang telah Anda alami terbuang sia-sia.

Alkitab mengatakan, "Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia!" (Galatia 3:4).

Satu cara untuk memastikan Anda tidak menyia-nyiakan pengalaman Anda tersebut ialah dengan mencatat setiap pelajaran yang telah Anda dapat. Dengan begitu Anda dapat meninjaunya kembali untuk kemudian bisa dibagikan kepada generasi mendatang.

Apa yang terjadi ketika Anda melakukannya? Penderitaan yang telah Anda alami akan menjadi luar biasa berharga. Ulangan 4:9 mengatakan, "Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu. Beritahukanlah kepada anak-anakmu dan kepada cucu cicitmu semuanya itu."

Saya sarankan Anda menyediakan waktu untuk merenung di tempat yang tenang—hanya Anda dan jurnal Anda. Ini bisa menjadi jurnal kehidupan Anda. Jurnal kehidupan bukanlah buku harian tentang aktivitas Anda sehari-hari. Generasi mendatang tak akan tertarik dengan apa yang sudah Anda lakukan; mereka akan tertarik dengan apa yang sudah Anda pelajari.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda jawab dalam jurnal Anda:

Apa yang telah saya pelajari tentang apa yang paling penting?

Apa yang telah saya pelajari tentang apa yang paling tidak penting?

Apa yang telah saya pelajari tentang kelemahan saya?

Apa yang telah saya pelajari tentang kekuatan saya?

Apa yang telah saya pelajari tentang hubungan saya?

Apa yang telah saya pelajari tentang langkah hidup saya?

Apa yang telah saya pelajari tentang Tuhan?

Apa yang telah saya pelajari tentang dunia dan budaya di sekitar saya?

Apa yang telah saya pelajari tentang uang?

Apa yang telah saya pelajari tentang kebahagiaan?

Ingatlah: Sebelum Anda mereset ulang hidup Anda setelah musim penderitaan, kehilangan, atau trauma, tuliskanlah semua pelajaran yang telah Anda pelajari sehingga Anda tidak akan "melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu"—dan Anda tak perlu lagi mempelajari hal yang sama.

Renungkan hal ini:

- Apa pengalaman Anda dalam hal menulis jurnal?

- Apa salah satu pelajaran terbesar yang sudah Anda pelajari dari musim penderitaan? Bagaimanakah dengan berbagi pelajaran itu dengan orang lain akan memberikan manfaat bagi mereka?

- Apakah ada satu masa sulit dalam hidup Anda di mana Anda merasa tidak punya tujuan? Luangkan waktu hari ini untuk meninjau kembali pelajaran yang telah Anda petik dari musim yang menyakitkan itu, dan lihatlah bagaimana Tuhan menggunakannya!

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 104-105; 1 Korintus 3
____________
Luangkan waktu untuk mengumpulkan kebenaran-kebenaran rohani dari semua yang telah Anda alami.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
===========
Don't Waste Your Painful Experience

August 21, 2024

Today's Reading:
Galatians 3:4 "Is all that you have experienced so much in vain? Wasted food!"
--------------------
The Bible is filled with principles that help you move on after difficult seasons of life. Yesterday we learned the first principle: Be prepared to feel mixed emotions. today we'll study the second principle: Distill the lessons you've learned.

Before you rush out and start doing lots of new things after going through a difficult time, God wants you to stop for a moment and reflect on the lessons you have learned. don't let all the pain you have gone through go to waste.

The Bible says, "Is all that you have endured in vain? Wasted cooking!" (Galatians 3:4).

One way to make sure you don't waste your experience is to record every lesson you learn. That way you can review it again and then share it with future generations.

What happens when you do? the suffering you have endured will be extraordinarily worth it. Deuteronomy 4:9 says, "But be alert and careful, lest you forget the things which your own eyes have seen, and lest they fade from your memory as long as you live. tell your children and your great-grandchildren all this."

I suggest you take time to reflect in a quiet place—just you and your journal. This can be your life journal. A life journal is not a diary of your daily activities. future generations will not be interested in what you have done; they will be interested in what you have learned.

Here are some questions you can answer in your journal:

What have I learned about what is most important?

What have I learned about what is least important?

What have I learned about my weaknesses?

What have I learned about my strengths?

What have I learned about my relationships?

What have I learned about my pace in life?

What have I learned about God?

What have I learned about the world and culture around me?

What have I learned about money?

What have I learned about happiness?

remember: Before you reset your life after a season of suffering, loss, or trauma, write down all the lessons you've learned so you won't "forget the things your own eyes saw"—and you'll never have to learn the same things again .

think about this:

- What is your experience in terms of journaling?

- What is one of the biggest lessons you have learned from a season of suffering? How will sharing those lessons with others benefit them?

- Was there a difficult time in your life where you felt like you had no purpose? Take time today to review the lessons you've learned from that painful season, and see how God uses them!

Bible Reading a Year:
Psalm 104-105; 1 Corinthians 3
____________
Take time to gather spiritual truths from all that you have experienced.

(Translated from Daily Devotional by Rick Warren)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar