Senin, 12 Oktober 2020

Percakapan Bukanlah tentang Anda

13 Oktober 2020

Bacaan Hari ini:
Efesus 4:29 "Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, 
==> supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia."
-------------------
✒️ Penting untuk diingat bahwa dalam percakapan apa pun, 
==> kebenaran yang sama juga berlaku untuk bidang-bidang lain dalam hidup Anda: 
==> Percakapan itu bukanlah tentang Anda.

🔎 Menurut Anda apa yang akan terjadi jika Anda memulai percakapan dengan 
~ agenda Anda, 
rasa sakit hati Anda, 
~ keluhan Anda, atau 
~ masalah Anda? 
👉 Percakapan Anda tidak akan mendalam!

💡 Setiap percakapan harus dimulai dengan berempati dengan kebutuhan orang lain. 
==> Apa luka mereka? 
==> Apa minat mereka? 
==> Apa kekhawatiran mereka? 
==> Apa masalah mereka?

"Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia" 
(Efesus 4:29).

✒️ Ada empat perintah dalam ayat ini: 
1️⃣ Hanya ucapkan kata-kata yang bermanfaat, 
2️⃣ gunakan kata-kata Anda untuk membangun satu sama lain, 
3️⃣ untuk melengkapi kebutuhan orang lain, dan 
4️⃣untuk mendatangkan berkat bagi orang lain. 
==> Tak satu pun dari perintah itu tentang Anda
==> Giliran Anda untuk berbicara akan datang. 
==> Suatu hari Anda akan juga memiliki kesempatan untuk mengungkapkan 
~ rasa frustrasi, 
~ ketakutan, 
~ kebutuhan atau 
~ opini Anda — tetapi 
==> jangan mulai dari sana
==> dahulukan kepentingan orang lain terlebih dahulu.

👉 Berikut ini cara memulainya
~ Saat Anda melakukan percakapan, katakan, "Anda duluan." Lalu, 
~ biarkan mereka berbicara tanpa interupsi. 
~ Jangan bertanya. 
~ Jangan meminta klarifikasi. 
~ Jangan menantang.
~ Catat jika perlu. 
~ Biarkan mereka berbicara. 
🪔 Itu menunjukkan bahwa Anda mencoba memahami. 
🪔 Itu menunjukkan bahwa Anda memperhatikan. 
🪔 Itu menunjukkan bahwa Anda peduli.

💡 Ada cara lain untuk menunjukkan bahwa Anda peduli: 
📌 Buat ringkas perkataan mereka.
📌 Anda bisa berkata, "Biarkan saya mengulangi kembali apa yang saya tangkap dari perkataan Anda tadi."

📌 Dengan begitu Anda memparafrasekan apa yang Anda telah dengar dari mereka sehingga mereka dapat menegaskan atau mengoreksi Anda serta menjaga agar percakapan tersebut tetap sehat. 
📌 Ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dengan mendengarkan, dan juga untuk menegaskan pada mereka bahwa perasaan mereka dimengerti. 
📌 Ini suatu cara ampuh untuk menunjukkan kasih Anda dalam hubungan apa pun.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda ingin orang lain memperlakukan Anda saat Anda mengobrol? Sudahkah Anda memberikan kasih yang sama terhadap orang lain?

- Anda mungkin menganggap Anda tidak pandai meringkas kembali apa yang menurut Anda baru saja mereka katakan, tetapi, seperti banyak hal, komunikasi yang baik membutuhkan latihan. Cari cara untuk mempraktikkan keterampilan ini minggu ini, dan perhatikan respon lawan bicara Anda.
- Apa sajakah cara non-verbal yang dapat Anda pakai untuk berkomunikasi dengan orang lain bahwa Anda fokus pada mereka selama percakapan berlangsung?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 58-62; Kolose 2 : 1-15
______________
Sudah menjadi sifat dasar manusia untuk ingin fokus pada diri sendiri. Tetapi 
👉 ciri-ciri seorang komunikator yang ulung ialah 
==> memiliki kerendahan hati yang besar untuk membuat orang lain fokus pada percakapan dan membuat mereka merasa didengar dan dipahami.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
===========
The Conversation Isn't About You
By Rick Warren

"Do not let any unwholesome talk come out of your mouths, but only what is helpful for building others up according to their needs, that it may benefit those who listen." Ephesians 4:29 (NIV)
--------------------
It's important to remember in any conversation the same truth that applies to every other area of your life: It's not about you.

What do you think is going to happen if you start a conversation with your agenda, your hurt, your complaint, or your problem? You're not going to get very far!

Every conversation should start by empathizing with the needs of the other person. What are their hurts? What are their interests? What are their fears? What are their problems?

"Do not let any unwholesome talk come out of your mouths, but only what is helpful for building others up according to their needs, that it may benefit those who listen" (Ephesians 4:29 NIV).

There are four commands in this verse: Speak only what is helpful, build others up, defer to others' needs, and benefit others. None of those commands are about you.

You'll get your turn at some point. You'll have your chance to speak your frustration or fear or need or opinion—but don't start there.

Here's how to start: When you sit down to the conversation, say, "You go first." Then let them speak without any interruption. Don't ask questions. Don't ask for clarification. Don't challenge. Take notes if necessary. But just let them speak. That shows you're aware. That shows you're paying attention. That shows you care.

There's another way to show you care: Summarize what the other person said. You say, "Let me repeat back to you what I think I heard you say." You paraphrase what you heard them saying so that they can affirm or correct you and maintain healthy communication. This shows them that you cared enough to listen and also to make sure they were understood. It's a powerful way to show love in any relationship.

It's human nature to want to focus on yourself. But the sign of a master communicator is having enough humility to make the other person the focus of the conversation and make them feel heard and understood.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar