Rabu, 26 Agustus 2020

Apa yang Perlu Anda Tahu dan Ke Mana Anda Harus Pergi


27 Agustus 2020

Bacaan Hari ini:
Yohanes 16:13a "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, 
==> Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran."
-----------------
Sebelum Yesus naik ke surga, Dia berjanji kepada para pengikut-Nya bahwa Dia akan mengirimkan satu penolong, Roh Kudus. Penolong ini akan selalu menyertai umat Allah — itu termasuk Anda dan saya!

Roh Kudus memainkan banyak peranan, seperti memberi tahu Anda apa yang perlu Anda tahu dan menunjukkan ke mana Anda harus pergi.

Roh Kudus mengajari Anda banyak hal besar yang perlu Anda ketahui dalam hidup — seperti memberi tahu Anda apa yang benar dan apa yang salah.

Dia juga memberi Anda pengetahuan yang dalam di setiap momen. Ketika Anda belajar untuk membiarkan Roh memimpin Anda, maka Dia memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui pada saat Anda membutuhkannya.

Pernahkah di suatu pagi Anda membaca sebuah ayat Alkitab dan kemudian, beberapa jam kemudian Anda ingat kembali ayat itu di saat Anda benar-benar membutuhkannya? Itu pekerjaan Roh Kudus.

Alkitab berkata dalam Yohanes 16:13, "Tetapirr apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran."

Kadang Allah melakukan ini untuk kebaikan Anda. Tapi kadang juga Dia melakukannya untuk kebaikan orang lain. Dia membiarkan Anda berbagi kebenaran firman yang telah Dia tunjukkan kepada Anda.

Pernahkah Allah memberikan sebuah impian di hati Anda yang tidak akan pernah bisa Anda gapai sendiri? Apabila Anda membiarkan Roh Kudus memimpin Anda, maka Anda akan pergi ke tempat-tempat yang tidak pernah Anda bayangkan.

Alkitab dipenuhi dengan teladan orang-orang yang mengikuti bimbingan Allah.

Lukas 2:27 mengatakan, "Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat,"

Di hari itu, ketika Simeon tiba di Bait Allah, dia memiliki hak istimewa tertinggi: Dia menyerahkan bayi Yesus kepada Allah.

Dalam kitab Kisah Para Rasul kita menemukan kisah tentang seseorang yang menaati Roh Kudus. Pada suatu hari, saat seorang lelaki bernama Filipus berjalan di jalanan yang berdebu, melintaslah seorang Etiopia, seorang pembesar di negerinya, dengan menggunakan kereta kuda. Kisah Para Rasul 8:29 mengatakan, "Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!" Filipus mematuhi Roh Kudus dan mendapati lelaki tersebut sedang membaca kitab nabi Yesaya tentang Mesias. Filipus memberi tahu dia bahwa Mesias telah datang. Lelaki itu segera meminta dirinya untuk dibaptis, dan dia membawa Kekristenan pulang ke Etiopia.

Karena Filipus mendengarkan dorongan Roh Kudus, maka dia menjadi bagian dari pekerjaan Allah. Ketika Anda mendengarkan Roh Kudus, maka Dia akan membolehkan Anda ikut serta dalam pekerjaan-Nya juga.

Ketika Anda mendengarkan dan mengikuti arahan Roh Kudus, maka Anda akan mendapati iman Anda menguat, karena Anda akan secara konsisten melihat Allah bekerja dalam hidup Anda. Anda akan belajar bahwa Anda bisa mengandalkan Dia untuk memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui dan menunjukkan ke mana Anda harus pergi.

Renungkan hal ini:
- Kapan Roh Kudus memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui — mungkin sebuah pelajaran hidup yang besar atau pengetahuan kecil yang Anda dapatkan di waktu yang tepat?

- Kapan Roh Kudus pernah menunjukkan ke mana Anda harus melangkah? Apakah saat ini Allah mendorong Anda untuk mengikuti-Nya ke suatu tempat sekarang?

- Sudahkah Anda belajar mengenali suara Allah? Seperti apakah suara Roh Kudus dalam hidup Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 119:89-176; 1 Korintus 8
__________________
Roh Allah juga akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
===========
What You Need to Know and Where You Need to Go
By Rick Warren

"When the Spirit of truth comes, he will lead you into all truth" (John 16:13 NCV).
----------------
Before Jesus ascended to heaven, he promised his followers he'd send a helper, the Holy Spirit. This helper would always stay with God's people—and that includes you and me!

The Holy Spirit fulfills many roles, including telling you what you need to know and revealing where you need to go.

The Holy Spirit teaches you a lot of the big things that you need to know in life—like letting you know what's true and what's not.

He also gives you insight moment by moment. As you learn to let the Spirit lead you, he tells you what you need to know just as you need it.

Have you ever read a Bible verse one morning and then, a few hours later, recalled that verse at a moment when you really needed it? That was the Holy Spirit.

The Bible says in John 16:13, "When the Spirit of truth comes, he will lead you into all truth" (NCV).

Sometimes God does this for your benefit. But sometimes he does it for someone else's benefit. God lets you share the truth he's shown you.

God's Spirit will also help you get where you need to go.

Has God put a dream in your heart that you could never achieve on your own? If you let the Holy Spirit guide you, you will go to places you never imagined.

The Bible is full of examples of people who followed God's guidance.

Luke 2:27 says, "The Spirit led Simeon to the Temple" (NCV). When Simeon arrived at the temple that day, he had the highest privilege: He dedicated the baby Jesus to God.

In the book of Acts we encounter the story of another person who obeyed God's Spirit. A man named Philip was walking down a dusty road one day when an Ethiopian leader rode by in a chariot. Acts 8:29 says, "The Spirit said to Philip, 'Go over and join this chariot'" (ESV).

Philip obeyed the Spirit and found the man reading in the book of Isaiah about the Messiah. Philip told him that the Messiah had come. The man immediately asked to be baptized, and he took Christianity with him back to Ethiopia.

Because Philip listened to the Holy Spirit's nudge, he got to be part of God's work. When you listen to God's Spirit, he'll let you in on his work, too.

If Simeon and Philip hadn't listened, they would have missed what God was calling them to do. And if you don't learn to listen to God, you'll also miss things.

When you listen and follow the Holy Spirit's direction, you'll find your faith increasing because you'll consistently see God at work in your life. You'll learn you can count on him to tell you what you need to know and show you where you need to go.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar