Minggu, 23 Juli 2017

Tuhan Tidak Pernah Terburu-Buru

24 Juli 2017

Bacaan Hari ini:
Yakobus 1: 4 "Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun."
--------------------------
Bersabarlah dengan Tuhan dan dengan diri Anda sendiri. Salah satu kekecewaan hidup adalah bahwa waktu Tuhan seringkali beda dengan waktu kita. Kita seringkali terburu-buru, sementara Tuhan tidak. Anda mungkin merasa frustrasi dengan kemajuan yang kelihatannya berjalan lamban dalam hidup Anda.

Ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah terburu-buru; Dia selalu tepat waktu. Dia akan menggunakan seluruh hidup Anda untuk mempersiapkan Anda untuk menjalankan tugas Anda di Surga kelak.

Alkitab dipenuhi dengan contoh-contoh bagaimana Allah menggunakan proses yang panjang untuk mengembangkan karakter seseorang, terutama bagi para pemimpin. Dia menghabiskan 80 tahun untuk mempersiapkan Musa, termasuk 40 tahun di padang gurun. Selama 14.600 hari, Musa terus menunggu dan bertanya-tanya, "Inikah waktunya?" Tapi Tuhan terus berkata, "Belum."

Kebalikan dari buku-buku motivasi populer, tidak ada "Langkah Mudah Menuju Kedewasaan" atau "Kiat-Kiat Meraih Kekudusan Instan." Ketika Tuhan ingin membuat pohon ek raksasa, Dia butuh seratus tahun untuk membuatnya tumbuh raksasa, tapi ketika Dia ingin membuat jamur, Dia membuatnya tumbuh hanya dalam waktu semalam. 

Jiwa-jiwa yang besar tumbuh melalui pergumulan, badai, dan musim penderitaan. Bersabarlah dalam prosesnya. Yakobus memberi nasihat, "Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun" (Yakobus 1: 4).

Janganlah berkecil hati. Ketika Habakuk tertekan karena ia merasa Tuhan tidak bertindak cukup cepat, ini kata-Nya, "Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi ia bersegera menuju kesudahannya dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh" (Habakuk 2: 3).

Ingatlah sudah seberapa jauh Anda melangkah, jangan memikirkan seberapa jauh tempat yang harus Anda tuju. Anda tidak berada di tempat yang Anda inginkan, tapi Anda juga tidak berada di tempat yang dulu. Beberapa tahun lalu orang-orang senang memakai pin bertuliskan huruf *PBPGINFWMY* (Please be patient. God is not finished with me yet) kepanjangan dari "Bersabarlah. Tuhan sedang bekerja di dalamku." Begitu pun dengan Anda, jadi teruslah maju. Bahkan siput pun bisa sampai ke bahtera Nuh dengan tekun berjalan!


Renungkan hal ini:
~ Apa pelajaran-pelajaran yang sudah Anda pelajari ketika Tuhan menunda sesuatu dalam hidup Anda?
~ Menurut Anda apa yang Tuhan ingin Anda lakukan saat Anda berkecil hati dengan waktu-Nya?
~ Bagaimana Anda bisa sabar dengan orang lain seperti Tuhan sabar dengan Anda? 
~ Bagaimana hari ini Anda bisa memotivasi orang lain dalam pertumbuhan spiritual mereka?
_________________
Percayalah dengan waktu Tuhan !

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar