Rabu, 26 Juli 2017

Menghadapi Rasa Sakit Jangka Pendek untuk Keuntungan Jangka Panjang

27 Juli 2017

Bacaan Hari ini:
Ibrani 11:25 *"Karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa."*
-------------------------
Kemarin kita belajar bahwa untuk menjadi seperti apa yang Tuhan kehendaki, kita harus membuat resolusi pertama ini: 
~ "Saya memutuskan untuk tidak akan membiarkan orang lain menekan saya ke dalam keinginan mereka. 
~ Saya akan menjadi apa yang Tuhan kehendaki. 
~ Saya akan melakukan apa yang Tuhan ingin saya lakukan, dan 
~ saya akan menggenapi rancangan yang Tuhan miliki atas hidup saya, bukan rancangan orang lain."

Lalu, resolusi kedua yang perlu Anda lakukan ialah berikut ini: 
*Pilihlah untuk menghadapi rasa sakit saat ini untuk meraih keuntungan jangka panjang.*

Siapa pun yang pernah berkecimpung dalam olahraga pasti tahu hal ini. 
~ Anda harus berlatih dan bekerja keras agar bisa bertanding dalam kejuaraan. 
~ Anda bukan hanya berjalan keluar dan memenangkan kejuaraan. 

Jika Anda ingin ahli dalam hal apa pun, Anda harus 
~ menerima rasa sakit jangka pendek demi mendapatkan keuntungan jangka panjang. 

Itu tidak hanya berlaku dalam olahraga. 
~ Itu berlaku dalam hal keuangan. Dan 
~ itu berlaku juga dalam hubungan. 

Saya memiliki pernikahan yang baik, tapi 
~ Kay dan saya mengusahakannya selama bertahun-tahun lamanya. 
~ Itu tidak mudah. 

Anda harus berusaha keras agar 
~ pernikahan Anda berjalan baik, sama seperti hal-hal lain dalam kehidupan.

Mengapa resolusi ini penting dalam hidup Anda? 

Karena sebagian besar masalah dalam hidup Anda berasal dari 
~ ketidaksanggupan Anda tidak cepat puas.

Segala sesuatu dalam masyarakat mengajarkan kita untuk berkata, 
~ "Saya menginginkan segalanya dan 
~ saya menginginkannya sekarang juga. 
~ Saya ingin mendapatkannya dengan cuma-cuma dan
~  saya ingin mendapatkannya dengan mudah." 

*Kehidupan ini tidak berjalan seperti itu!*

Musa mengambil sebuah pilihan: 
*"Karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa"* (Ibrani 11:25).

Dikatakan bahwa dia memilih 
~ untuk menderita sengsara- menanggung rasa sakit jangka pendek 
~ untuk memperoleh keuntungan jangka panjang dalam melakukan hal yang benar.

Anda akan mengalami rasa sakit dalam hidup ini. Tetapi jika sekarang Anda memilih untuk 
~ menjalankan hal yang sulit, 
~ berusaha, dan 
~ disiplin untuk belajar, 
~ bertumbuh, 
~ menjadi kuat dan dewasa, 

maka kelak 
~ Anda bisa mendapatkan keuntungan dari semua itu dalam hidup Anda.

Sekarang saya menikmati keuntungan dari keputusan-keputusan yang saya buat waktu saya berusia 20 tahunan, seperti 
~ tidak menghabiskan uang lebih dari yang saya hasilkan, 
~ menabung, 
~ memberi perpuluhan, serta 
~ memuliakan Tuhan. 

Saya bisa merasakan manfaatnya bertahun-tahun kemudian sebab 
~ saya disiplin menjalankannya. 
~ Saya melakukan hal yang sulit terlebih dahulu.

Ketika Anda memilih untuk menghadapi rasa sakit jangka pendek seperti yang dilakukan Musa, maka 
~ Anda akan merasakan bagaimana Tuhan membebaskan Anda, dan sehingga 
~ Anda bisa menikmati upah jangka panjang Anda. 

Renungkan hal ini:
~ Apa rasa sakit yang tengah Anda hadapi yang membutuhkan sudut pandang surgawi?

~ Bagaimana selama ini Anda melihat keputusan-keputusan sulit yang telah Anda buat dan waktu yang telah Anda korbankan untuk mendatangkan keuntungan jangka panjang? 

~ Menurut Anda mengapa Tuhan ingin Anda memilih untuk menghadapi perkara-perkara sulit saat ini, bahkan jika itu berarti Anda harus menderita atau menanggung kesulitan?
_______________________
*Tidak ada kesuksesan tanpa penderitaan.* 

Seperti Yesus harus mengalami proses kematian terlebih dahulu, baru kemudian dibangkitkan dan dimuliakan.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar