Sabtu, 17 Desember 2016

Mengatasi Iri Hati Di Hari Natal

Mengatasi Iri Hati Di Hari Natal 

18 Desember 2016

Bacaan Hari ini:
Amsal 14:30 "Hati yang tenang 
~ menyegarkan tubuh, tetapi
~ iri hati membusukkan tulang."
_________________________
Saya ingat Natal puluhan tahun lalu waktu saya masih kecil. 
~ Saat itu, saya tinggal di sebuah apartemen dan 
~ punya seorang teman di mana kami tumbuh bersama. 
~ Di Natal itu kami saling memperlihatkan hadiah Natal kami masing-masing. 

Awalnya 
~ saya senang dengan apa yang saya dapat, sampai 
~ saya melihat apa yang dia dapat. 

Saya masih ingat itu sampai hari ini, mainan plastik penyelam. 

Intinya, 
~ ketika Anda menenggelamkan mainan itu sampai ke dasar kolam, mainan itu akan mengeluarkan gelembung-gelembung.

Ini teknologi tahun 1960an, 
~ cukup norak memang untuk standar zaman ini. 

Tapi saya tidak pernah melihat mainan yang seperti itu sebelumnya. 
~ Saat itu saya merasa itu mainan paling keren yang pernah ada. 

Apakah itu benar-benar lebih keren dari mainan saya? 
~ Tidak. 

Tapi dia punya yang saya tidak punya. 

Alhasil, 
~ saya tidak suka lagi dengan apa yang saya miliki. 

Kedengarannya kekanak-kanakan, 
~ saya tahu. 

Tapi apakah seiring kita bertambah dewasa, sikap ini akan hilang? 
~ Tidak juga. 

* Tetangga-tetangga saya merenovasi rumahnya. 
* Teman saya dapat kenaikan gaji. 
* Pasangan yang saya lihat di Facebook ini selalu pergi ke tempat-tempat indah.

Ada yang mengatakan bahwa 
~ iri hati tumbuh dan menimbulkan sakit hati dengan sendirinya. 

Satu-satunya orang yang sakit hati ketika Anda membiarkan kecemburuan dalam hati Anda berkembang ialah 
~ diri Anda sendiri. 

Saya benci mengatakan ini pada Anda, tapi orang yang Anda cemburui mungkin 
~ tidak tahu sama sekali bagaimana perasaan Anda, bahkan 
~ tidak peduli. 

Ini semua tentang
~ Anda yang menderita karena 
~ kecemburuan Anda menguasai diri Anda sendiri. 

Saya pernah mendengar tentang seorang nelayan kepiting yang membawa kepiting-kepiting tangkapannya dengan ember yang tanpa tutup. 

Seseorang berkata, 
~ "Mengapa kau tidak memasang tutupnya? 
~ Apakah kau tidak takut kepiting-kepiting itu akan kabur?" 

"Tidak," 

jawabnya. 
~ "Saat satu kepiting merangkak ke atas ember, 
~ yang lain akan menariknya kembali ke bawah."

Bukankah kita melakukan itu kadang? 

Beraninya kau sukses seorang diri? 

Beraninya kau melakukannya dengan baik? 

Ayo, kembali ke sini bersama kami semua di tempat asalmu."

Mudah buat kita untuk menghiraukan apa yang Alkitab katakan, seperti apa yang dikatakan Alkitab akan hal ini: 
~ "Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. 
~ Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan 
~ kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. 
~ Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah" (1 Timotius 6:6-8).

Hal yang luar biasa tentang Injil ialah 
~ itu diperuntukkan bagi semua orang. 

Kita tak perlu iri dengan pengampunan yang diterima oleh saudara-saudara kita, sebab
~ Allah juga memberikannya untuk kita sendiri!
------------------------------
Mari kita berbagi tentang pesan pengampunan ini - juga pesan 
~ keselamatan, 
~ makna hidup, dan
~ hidup yang kekal.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greg Laurie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar