Sabtu, 12 Agustus 2017

Kudus untuk bisa Dipakai oleh Tuhan

13 Agustus 2017

Bacaan Hari ini:
2 Timotius 2:21 "Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia."
-------------------------------
*Jika Anda ingin dipakai oleh Tuhan,*
~ Anda perlu menyucikan hati Anda. 
~ Anda tak harus menjadi orang yang sempurna, tapi 
~ Anda harus memiliki hati yang bersih. 

Alkitab mengatakan dalam 2 Timotius 2:21, "Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, 
~ ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia,
~ ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia."

*Tuhan memakai semua orang.*
~ Dia memakai orang yang pemalu. 
~ Dia memakai orang yang ekspresif. 
~ Dia memakai semua ras, usia, tahap kehidupan, serta latar belakang yang berbeda-beda.
~ Dia memakai pria dan wanita. 
~ Tuhan akan menggunakan bejana biasa dan juga bejana indah. 
~ Dia akan menggunakan bejana besar dan bejana kecil. 

Tapi ada satu hal yang tidak akan Tuhan gunakan: 
~ *Dia tidak akan menggunakan bejana kotor.*

*Anda harus kudus dari dalam.*
~ Bagaimana Anda mampu melakukannya? 
~ Bagaimana Anda menyucikan diri Anda? 
Anda melakukannya melalui sebuah kata sederhana: *pengakuan dosa.*

Santo Agustinus berkata, 
*"Mengakui perbuatan buruk adalah awal dari perbuatan baik."*

Alkitab juga mengatakan dalam 
1 Yohanes 1: 9, *"Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."*

Bahasa Yunani untuk kata "mengaku" adalah *homologeo.* 
Homo berarti ➡*"sama,"* dan 
logeo  berarti ➡*"berbicara."* 

Jadi, homologeo secara harfiah berarti ➡*"menyatakan hal sama yang Tuhan katakan."*

Artinya, Anda setuju, sepakat dengan Dia: 
~ "Tuhan, Engkau benar. 
~ Itu bukan kecerobohan. 
~ Itu bukan kesalahan. 
~ Itu adalah dosa. 
~ Itu salah." 

Itu artinya *Anda tidak tawar-menawar dengan Tuhan* ("Aku tidak akan pernah melakukannya lagi "). 

Itu artinya *Anda tidak menyuap Tuhan* ("Aku janji akan membaca Alkitab setiap hari kalau Engkau mengampuniku").

*Akui saja dosa-dosa Anda.*

Itu mungkin kelihatannya terlalu sederhana untuk Anda. 

Anda mungkin bertanya, 
~ "Jadi, yang harus aku lakukan adalah mengakuinya, dan mohon pengampunan-Nya, dan Tuhan akan mengampuni aku?" 

Ya! Itu disebut *kasih karunia!*

Ini yang saya sarankan jika Anda benar-benar ingin digunakan oleh Tuhan: *Luangkan waktu minggu ini untuk duduk dengan secarik kertas, dan katakan,*
~ "Tuhan, apa yang salah dalam hidupku? ~ Perlihatkan padaku. 
~ Aku akan mencatatnya, dan aku akan mengakuinya. 
~ Aku akan mengakuinya kepada-Mu." 

Kemudian ketika *Tuhan memberi Anda sebuah ide, catatlah di kertas itu.*

Pertama kali saya melakukan ini, sepertinya saya bisa membuat sebuah buku! Dan saya melakukan kebiasaan ini semenjak saat itu. Buatlah sebuah daftar, kemudian tuliskan 1 Yohanes 1: 9 dan katakan, 
~ "Tuhan, aku mengakui kesalahanku ini kepada-Mu. 
~ Ini salah. 
~ Aku tidak ingin dosaku ini tinggal di dalam hidupku." 

Mintalah Tuhan untuk menyucikan hidup Anda. 
~ Tuhan akan mengampuni Anda!

Inilah titik awal Anda untuk dipakai oleh Tuhan. 
~ Anda harus menyucikan hati Anda. 

Renungkan hal ini: 
~ Apa yang perlu Anda ubah dengan jadwal Anda sehingga Anda dapat meluangkan waktu setiap hari di minggu ini untuk menuliskan pengakuan Anda?

~ Anda mungkin tak bisa menuliskan pengakuan dosa Anda kepada Tuhan setiap hari dalam hidup Anda, tapi pola-pola sehat apa yang akan membantu Anda untuk membangunnya?

~ Apa perbedaan antara kesalahan dan dosa?
____________________
Tuhan melihat apa yang tidak dilihat manusia, yaitu kedalaman dan kebersihan hati kita.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar