Kamis, 03 Agustus 2017

Jangan Hanya Belajar dari Alkitab. Tapi Ingat-Ingatlah itu!

04 Agustus 2017

Bacaan Hari ini:
Amsal 4: 20-22 "Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka."
------------------------
Alkitab mengatakan ini mengenai hikmat dalam Amsal 22:17-18: "Pasanglah telingamu dan dengarkanlah amsal-amsal orang bijak, berilah perhatian kepada pengetahuanku. Karena menyimpannya dalam hati akan menyenangkan bagimu, bila semuanya itu tersedia pada bibirmu." 
Perhatikan empat kata kerja dalam kalimat itu: mendengar, memperhatikan, menyimpan di dalam hati dan memperkatakan. Itulah tanda-tanda hikmat.

Anda tak bisa hanya memelajari sesuatu dan menjadi orang yang lebih bijak; Anda harus mengingatnya, menyimpannya di dalam hati. Anda juga tak bisa hanya mengingatnya; Anda harus memperkatakannya. Karena jika Anda tidak mengingat dan memperkatakannya, pada akhirnya Anda harus belajar pelajaran yang sama berulang-ulang kali. 

Anda harus menyimpannya di dalam hati untuk dapat mengingatnya, sehingga Anda dapat menyatakannya kembali dan pada akhirnya dapat menerapkannya.

Orang berkata, "Saya sulit mengingat ayat Alkitab!" Ya, Anda tentu bisa! Anda bisa ingat apa yang penting buat Anda. Anda bisa ingat apa yang Anda sukai. Anda bisa ingat apa yang penting buat Anda.

Misalnya, banyak dari Anda berkata, "Saya tidak bisa menghafal ayat Alkitab." Tapi Anda ingat semua statistik pertandingan baseball atau sepak bola musim lalu. Anda juga mungkin berkata, "Saya tidak bisa mengingat ayat Alkitab," tapi Anda bisa mengutip semua lirik lagu-lagu populer atau resep favorit Anda atau hal-hal lain yang Anda sukai. Anda pasti ingat apa yang penting bagi Anda.

Jika kebenaran Firman adalah sesuatu yang penting buat Anda, maka Anda pasti akan mengingatnya. Anda akan mengingatnya dan Anda akan memperkatakannya dan Anda akan meneguhkannya dan Anda akan melaksanakannya dalam hidup Anda. Kemudian, itu bisa mengubah hidup Anda.

*"Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka.* "(Amsal 4: 20-22).

Renungkan hal ini:
~ Mengapa penting bagi kita untuk menghafal Alkitab?
~ Apa satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda menghafal Alkitab?
_______________________
*Jika Tuhan adalah bagian penting dalam hidup Anda, maka Anda pasti selalu mengingat dan menyimpan perkataan-Nya.*

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar