Selasa, 15 Agustus 2017

Empat Cara Membentengi Iman Anda

16 Agustus 2017

Bacaan Hari ini:
1 Timotius 4: 7b "Latihlah dirimu beribadah."
----------------------
Jika Anda ingin Tuhan menggunakan Anda, maka Anda harus memperkuat iman Anda.

Alkitab mengatakan dalam 1 Timotius 4: 7, "Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah."

Berapa banyak dari Anda yang terbangun di pagi hari, berpikir, "Saya harus berolahraga hari ini!" Tentunya itu bukan saya. Tapi saya tahu bahwa kita semua perlu melatih fisik dan rohani kita. Dan ini prinsip saya tentang olahraga: Saya ingin mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya setiap kali saya berolahraga, entah itu secara jasmani atau rohani. Maka, izinkan saya membantu Anda melakukannya dengan memberi Anda empat kebiasaan spiritual yang akan memperkuat iman Anda.

Pelajari Alkitab. Kita harus memelajari Alkitab secara pribadi, sebab kita tidak bergantung pada pengetahuan Firman orang lain dalam menguatkan iman kita. Kita harus melakukannya sendiri. Alkitab mengatakan, "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik" 
(2 Timotius 3: 16-17). Firman Tuhan adalah buku petunjuk "Persiapan" kehidupan ini. Jika Anda ingin siap digunakan oleh Tuhan, maka Anda harus memelajari Firman Tuhan.

Baca buku-buku Kristen. Amsal 19: 8 mengatakan, "Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya." Anda belajar banyak hal ketika membaca buku yang membantu Anda bertumbuh secara rohani.

Tuliskan kesaksian Anda. Alkitab mengatakan dalam 1 Petrus 3:15, "Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungjawaban kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungjawaban dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat," 

Sama halnya dengan fakta bahwa orang lain tak bisa memelajari Alkitab untuk Anda, begitu pula dengan fakta bahwa tak ada yang bisa menceritakan kesaksian Anda kecuali diri Anda sendiri. 
Ada empat bagian dalam kesaksian: seperti apa hidup Anda sebelum Anda datang kepada Kristus, bagaimana Anda kemudian menyadari bahwa Anda butuh Kristus dalam hidup Anda, bagaimana Anda menyerahkan hidup Anda kepada Kristus, dan seperti apa hidup Anda sekarang.

Bergabunglah dengan kelompok kecil. 
Alkitab berkata, "Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu" (1 Tesalonika 5: 11a). Satu hal yang saya percaya adalah bahwa persekutuan yang rutin dengan kelompok kecil akan membentengi iman Anda dengan kuat. Jika Anda tidak memiliki persekutuan kecil, maka Anda perlu mencari orang-orang yang dapat Anda ajak bebagi tentang hidup Anda dan yang dapat mendukung Anda seiring dengan pertumbuhan iman Anda. 

Keempat kebiasaan ini akan membantu Anda untuk tetap bugar secara spiritual, sehingga Anda siap kapan pun Tuhan menggunakan Anda. 
Mana yang perlu Anda praktikkan hari ini?

Renungkan hal ini:
Menurut Anda mengapa dengan menuliskan kesaksian Anda dapat membantu pertumbuhan iman Anda?
Dalam hal apa sajakah kelompok kecil Anda bisa membantu Anda tumbuh dalam iman dan juga sebaliknya Anda dapat membantu mereka?
Membaca buku-buku Kristen mungkin bukan tugas yang menyenangkan. Pikirkan beberapa cara agar Anda bisa membuatnya lebih menyenangkan dan menarik, seperti membaca buku yang sama dengan sekelompok teman atau berkumpul bersama sambil minum kopi dan mendiskusikan buku tersebut.
___________________
Rohani yang sehat jauh lebih penting dibandingkan tubuh yang sehat, karena itu menentukan keselamatan jiwa Anda.
Ubah prioritas Anda sekarang.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar