Minggu, 11 Juli 2021

Ubah Pemikiran Anda, Ubah Hidup Anda


12 Juli 2021

Bacaan Hari ini:
Amsal 4:23 "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah ==> terpancar  kehidupan."
-------------------
🔖 Anda ingin Tuhan menghilangkan semua
📍 masalah
📍 rasa sakit, 
📍 kesedihan
📍 penderitaan
📍 penyakit, dan 
📍 kesedihan Anda. 
👉 Akan tetapi, 
✍️ Tuhan ingin bekerja atas Anda terlebih dahulu— 
👉 sebab perubahan tidak akan terjadi dalam hidup Anda 
✍️ sebelum Anda memperbarui pemikiran Anda, 
✍️ sebelum Anda bersedia untuk berubah.

🔭 Mengapa mempelajari cara mengelola pikiran itu begitu penting? 
🔖 Saya berikan Anda tiga alasan.

🕐 Kelola pikiran Anda karena 
==> pikiran Anda mengendalikan hidup Anda.

💡 Amsal 4:23 mengatakan, "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah 
==> terpancar kehidupan."
✍️ Pikiran Anda punya kemampuan luar biasa untuk membentuk hidup Anda, 
👉 baik itu menjadi 
📍 baik atau 
📍 buruk. 
🔖 Contohnya, mungkin Anda sepakat dengan pendapat atau pemikiran yang dilontarkan seseorang ==> ketika Anda kecil
💭 "Kamu tidak berharga
💭 Kamu tidak penting." 
👉 Jika Anda menerima pemikiran tersebut, ==> meskipun itu salah, 
==> itu memberi andil dalam membentuk hidup Anda.

🕑 *Kelola pikiran Anda* karena itu adalah ==> _*medan pertempuran dosa*_.

🔖 Semua godaan terjadi di dalam ==> pikiran. 
💡 Paulus berkata dalam Roma 7:22-23, 
🪔 "Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi 
🪔 di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang 
📍 berjuang melawan hukum akal budiku dan 
📍 membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku."
(Roma 7:22-25, dalam terjemahan Firman Allah Yang Hidup/FAYH; 
🪔 Karena tabiat saya yang baru, saya senang melakukan kehendak Allah; tetapi 
🪔 ada sesuatu yang lain 
📌 jauh di dalam diri saya, 
📌 di dalam tabiat saya yang rendah, 
📌 yang berperang dengan pikiran saya, dan ==> menang serta menjadikan saya hamba dosa yang masih ada di dalam diri saya
🪔 Dalam pikiran saya, saya ingin menjadi pelayan Allah yang penurut, tetapi sebaliknya, ==> saya sadar bahwa saya masih diperhamba oleh dosa. Jadi, sekarang 
👉 Saudara mengerti persoalannya
🪔 hidup saya yang baru menyuruh saya berbuat benar, tetapi 
==> tabiat lama yang masih ada di dalam diri saya gemar akan dosa
👉 Betapa celakanya keadaan saya! 
==> Siapa yang akan membebaskan saya* dari perhambaan kepada tabiat yang rendah ini? 
🪔 Syukur kepada Allah! Saya telah dibebaskan oleh 
==> Yesus Kristus, 
==> Tuhan kita. 
==> Dialah yang memerdekakan saya.)

🔖 Salah satu alasan mengapa Anda kelelahan secara mental
✍️ yaitu karena dalam 24 jam sehari terjadi peperangan di otak Anda. 
👉 Ini melemahkan Anda karena ini terjadi secara intens. 
✍️ Pikiran Anda ialah aset terbesar Anda
👉 dan setan menginginkannya!

🕒 Kelola pikiran Anda karena itu adalah kunci dari damai sejahtera dan kebahagiaan.

✍️ Pikiran yang tidak terkendali 
==> menimbulkan ketegangan; 
✍️ pikiran yang terkendali 
==> mendatangkan ketenangan. 
 ✍️ pikiran tidak terkendali
==>  menyebabkan konflik
 ✍️ pikiran terkendali memimpin kita pada ==> kepercayaan diri. 
 ✍️ pikiran tidak terkendali 
==> menimbulkan stres. (Jika Anda tidak berusaha mengontrol dan mengarahkan pikiran Anda, maka Anda akan mengalami stres yang luar biasa berat.) Namun sebaliknya, 
🪔 pikiran yang terkendali memimpin Anda pada 
🌹 kekuatan
🌹 rasa aman, dan 
🌹 ketentraman.

💡 Alkitab mengajarkan, 
✍️ "Karena keinginan daging adalah ==>  maut,  tetapi 
🪔 keinginan Roh adalah ==> hidup dan damai sejahtera" 
📖 (Roma 8:6). 
⭐ Hari ini
🔑 pilihlah untuk memiliki hidup yang damai buat diri Anda sendiri.

Renungkan hal ini:
- Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda yang menimbulkan stres? Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda yang mendatangkan kedamaian?

- Bagaimana selama ini Anda melatih mengelola pikiran Anda?

- Apa peran Alkitab dalam mengelola pikiran Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 1-3; Kisah Para Rasul 17:1-15
_____________
Tuhan jauh lebih tertarik untuk mengubah pemikiran Anda, ketimbang 
==>  mengubah keadaan Anda.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==============
Change Your Thoughts, Change Your Life
By Rick Warren

"Be careful how you think; your life is shaped by your thoughts." Proverbs 4:23 (GNT)
------------------
God is far more interested in changing your mind than changing your circumstances.

You want God to take away all of the problems, pain, sorrow, suffering, sickness, and sadness. But God wants to work on you first—because transformation won't happen in your life until you renew your mind, until your thoughts begin to change.

Why is it so important that you learn how to manage your mind? Let me give you three reasons . . .

Manage your mind because your thoughts control your life.

Proverbs 4:23 says, "Be careful how you think; your life is shaped by your thoughts" (GNT). Your thoughts have tremendous ability to shape your life for good or for bad. For example, maybe you accepted the thought someone told you when you were growing up: "You're worthless. You don't matter." If you accepted that thought, even though it was wrong, it shaped your life.

Manage your mind because the mind is the battleground for sin.

All temptation happens in the mind. Paul says in Romans 7:22-23, "I love to do God's will so far as my new nature is concerned; but there is something else deep within me, in my lower nature, that is at war with my mind and wins the fight and makes me a slave to the sin that is still within me. In my mind I want to be God's willing servant, but instead I find myself still enslaved to sin" (TLB).

One of the reasons why you get mentally fatigued is because there's a battle in your brain 24 hours a day. It's debilitating because it's intense, and it's intense because your mind is your greatest asset. Satan wants your greatest asset!

Manage your mind because it's the key to peace and happiness.

An unmanaged mind leads to tension; a managed mind leads to tranquility. An unmanaged mind leads to conflict; a managed mind leads to confidence. An unmanaged mind leads to stress. (When you don't try to control your mind and the way you direct your thoughts, you will have an enormous amount of stress in your life.) But a managed mind leads to strength, security, and serenity.

The Bible teaches, "Letting your sinful nature control your mind leads to death. But letting the Spirit control your mind leads to life and peace" (Romans 8:6 NLT). Choose life and peace for yourself today.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar