Selasa, 02 Juni 2020

Sharing Ps.Mugiyono & Pak.Jusito di GABA

[6/2, 09:33] GABA-Ps.Mugiyono: Hanya Allahlah yang dapat Menghidupkan
"Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita."

Kalau kita perhatikan sampai saat ini masih ada dua kelompok Kristen yang belum bisa dipersatukan satu dengan yang lainnya oleh karena adanya perbedaan dalam pemahaman tentang keselamatan. Dua kelompok Kristen tersebut adalah kelompok Calvinisme dan kelompok Armenianisme. Kelompok Calvinisme mengatakan bahwa seseorang dapat diselamatkan karena sudah dipilih dan ditentukan oleh Allah sehingga keselamatan yang diperoleh orang percaya tidak mungkin dapat hilang (Yoh. 6:37,39; 10:18; 15:16; KPR 13:48; 2 Tes. 2:13; Ef. 1:4-5; Rm. 8:29-30, dll )

Sedangkan kelompok Armenianisme mengatakan bahwa keselamatan yang diperoleh orang percaya dapat hilang karena manusia masih memiliki kehendak bebas, sehingga kemungkinan besar ia dapat murtad karena pengaruh dan daya tarik dosa yang masih ada di dalam dunia ini.

Menurut pengamatan saya, perbedaan pemahaman dua kelompok tersebut sebenarnya disebabkan oleh titik tolak dalam konsep pemahaman tentang keselamatan. Kelompok Calvinisme mengatakan bahwa keselamatan yang diperoleh orang percaya itu mutlak karya Allah, tidak ada sedikitpun jasa atau andil dari manusia. Sedangkan kelompok Armenianisme mengatakan bahwa keselamatan yang diperoleh orang percaya meskipun anugerah Allah namun masih ada andil dari manusia itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya tentang pemahaman keselamatan yang diperoleh manusia lebih baik mari kita telusuri kronologinya yang ada di dalam Alkitab. Dalam kitab Kejadian 1:26-28, dikatakan bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Pengertian gambar dan rupa Allah salah satu artinya adalah ketika manusia diciptakan dalam keadaan tidak berdosa. Karena keadaannya tidak berdosa inilah manusia mempunyai persekutuan yang dekat dengan Allah.
Kemudian manusia itu ditempatkan di Taman Eden dan Allah membuat perjanjian dengan manusia yang isinya ketika manusia tetap mentaati perjanjian itu makan manusia akan tetap dapat bersekutu bersama-sama dengan Allah. Namun sebaliknya jika manusia melanggar perjanjian itu maka manusia akan mengalami kematian, yang artinya manusia tidak lagi dapat bersekutu dengan Allah untuk selama-lamanya. Adapun isi perjanjian kehidupan itu adalah bahwa manusia tidak boleh makan buah dari pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat. Apabila manusia memakannya maka manusia pasti akan mati (Kej. 2:16-17).

Ternyata manusia telah melanggar perjanjian yang dibuat oleh Allah itu, buktinya manusia lebih mendengarkan suara Iblis dari pada mentaati perintah Allah, sehingga manusia mengambil buah yang terlarang itu untuk dimakan, akibatnya manusia jatuh ke dalam dosa (Kej. 3:1-7). Dan Alkitab telah mengatakan bahwa upah dosa adalah maut/mati (Rm. 6:23).

Yang dimaksud maut/mati di sini bukan mati secara jasmani melainkan mati secara rohani, karena kata yang dipakai dalam bahasa aslinya "thanatos" yang mempunyai pengertian manusia terpisah dari persekutuannya dengan Allah. Dengan kata lain menurut John Calvin ketika manusia jatuh ke dalam dosa, gambar dan rupa Allah dalam diri manusia itu sudah rusak total. Yang dimaksud rusak total bukan berarti manusia itu adalah benar--benar makhluk yang jahat,  manusia tetap mempunyai kebaik namun sifatnya relativ. Tetapi tetap harus dipahami bahwa sesungguhnya manusia yang telah jatuh kedalam dosa ia mempunyai potensi untuk dapat melakukan tindakan yang jahat. Karena di dalam diri manusia sudah tidak mempunyai kebenaran yang mutlak. Dengan kata lain menurut Rasul Paulus ketika manusia jatuh ke dalam dosa tidak ada yang benar/baik menurut ukuran Allah (Rm. 3:10-12).

Jadi dalam kondisinya sebagai makhluk yang telah "mati" karena dosa, apakah manusia masih mampu dapat meresponi panggilan Allah, kalau Allah tidak terlebih dahulu menghidupkan kembali manusia yang telah mati tersebut. Oleh sebab itu hanya Allahlah yang dapat memberi hidup kembali kepada manusia yang telah mati karena dosanya itu (Rm. 6:23b). Kata hidup di sini berasal dari kata "zoe" yang berarti hidup secara rohani dimana manusia memiliki persekutuan kembali dengan Allah. Dan itu hanya bisa dilakukan oleh Allah sendiri tanpa campur tangan sedikitpun dari manusia (Ef. 2:8).

Agar semua itu dapat dialami oleh setiap manusia maka Allah menganugerahkan Roh Kudus dan Firman-Nya (Mat. 16:16-17; 1 Kor. 12:3; Rm. 10:17) itu untuk menghidupkan kembali manusia yang akan dipilih dan diberikan anugerah keselamatan. Soli Deo Gloria

[6/2, 10:08] Kristi-P.Jusito: sy agak kurang setuju... mati dalam kasus Hawa dan Adam adalah mati jasmani.. krn mereka dilarang makan buah kehidupan yg akan memberi hidup kekal..  jadi bukan mati rohani spt yg ditulis disini...dan kalau disebut mati rohani..  tidak benar juga krn setelah makan buahpun... Adam dan Hawa masih berhubungan dng Tuhan krn Tuhan  tetap setia walau Adam dan Hawa tidak setia...dan mrk tetap mempersembahkan korban buat Allah.. jadi asumsi yg salah akan membawa lebih byk kesalahan dalam memahami kebenaran.

baik Armenian dan Calvinisme dua2hya benar.. krn Allah yg berperan utk keselamatan manusia dan sudah dipilih dr sebelum dilahirkan. tapi tidak seorangpun manusia tahu dia sudah dipilih kecuali dia hidup sesuai pilihan.. jadi kalau dia tidak hidup sesuai dengan kondisi dipilih hal ini sudah menunjukkan sendiri minimnya anugerah Allah utk dia dalam hal keselamatan.

[6/2, 10:13] Kristi-P.Jusito: jadi Adam dan Hawa karena jatuh dalam dosa...tidak lagi diperkenankan makan buah kehidupan... dengan sendirinya... pada satu hari mereka akan mati krn mereka tidak lagi menjadi makhluk ciptaan Tuhan yg dapat hidup kekal seperti halnya malaikat

[6/2, 10:18] Kristi-P.Jusito: dan bisa dilihat dari perkataan Hawa dan Adam ..apa Hawa mati rohani spt yg ditulis dlm tulisan pak Mugi? simpulkan sendiri :)

Kejadian 4:1 (TB)  Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Kejadian 4:25 (TB)  Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: "Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya."

[6/2, 10:29] Kristi-P.Jusito: bagi orang yg dipilih akan terjadi seperti perkataan Daud ini :

Mazmur 139:7 (TB)  Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?

betapapun gigihnya dia menolak Tuhan.. tapi krn dia sudah dipilih.. Allah tidak lelah utk membuat dia kembali kepadaNya

itulah sebabnya ada lagu "AMAZING GRACE"

krn penciptanya John Newton sangat memahami betapa seringnya dia menolak Allah dan akhirnya dia tidak mampu lari dari Allah krn dia memang sudah dipilih sesuai rencana Allah utk hidupnya.

[6/2, 10:32] Kristi-P.Jusito: tapi bagi yg tidak dipilih akan terjadi seperti yg dialami Saul :

1 Samuel 16:14 (TB)  Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN.

[6/2, 10:35] Kristi-P.Jusito: dan ini sesuai firman Tuhan ini :

Keluaran 33:19 (TB)  Tetapi firman-Nya: "Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."

[6/2, 10:38] GABA-Ryanto: Ini teh maksudnya Roh jahat juga berasal dari pada Tuhan?

[6/2, 10:39] Kristi-P.Jusito: ketidakdamaian krn keterpisahan dgn Allah.. kegelisahan, kekosongan batin, hati yg hampa.

[6/2, 10:40] GABA-Nita Bowo: Kalo kasus Saul iya pak.. jika baca diFirman... roh jahat ganggu Saul atas seijin Tuhan.

[6/2, 10:42] GABA-Ryanto: Ini teh buah kehidupan belum sempat makan ? Apa gara2cmakan buah pengetahuan tentang yg baik dan jahat  maka manusia akan mati.

[6/2, 10:43] GABA-Ryanto: Seijin berarti bukan berasal ..
Hanya memperbolehkan roh jahat

[6/2, 10:44] Kristi-P.Jusito: halo bu Nita ini spt perkataan Tuhan Yesus :

Matius 12:44-45 (TB)  Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapi teratur.
Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."

orang yg Roh Allah sudah undur dr dirinya.. tidak lagi mengalami damai sejahtera dan dia adalah rumah kosong yg akan didatangi roh jahat

selama Roh Allah didalam org pilihan... tidak ada roh jahat dapat menguji orang ini tanpa seijin Roh Allah

itu sama spt kita berjalan di bawah payung..selama di bawah payung tidak basah

[6/2, 10:46] GABA-Nita Bowo: Shalom Pak Jusito... sepakat.. benar sekali apa yg bpk jelaskan... maka itu sangat penting senantiasa mendeteksi hati kita agar selalu benar dihadapan Tuhan dan menjaganya dgn segala kewaspadaan agar roh jahat tdk ganggu.

[6/2, 10:50] Kristi-P.Jusito: benar bu:) dan jgn kuatir sesuai perkataan Tuhan ini :

1 Yohanes 4:4 (TB)  Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Roh Allah yg didalam kita yg membuat kita dpt mengalahkan nabi2 palsu yg mau memutarbalikkan kebenaran Allah dan membuat roh jahat tidak bebas mau menganggu kita

[6/2, 10:55] Kristi-P.Jusito: gara2 makan buah pengetahuan baik dan jahat... adam dan hawa diusir dari taman Eden supaya tidak boleh lagi hidup kekal ..

Kejadian 3:22 (TB)  Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

[6/2, 10:58] Kristi-P.Jusito: jadi gara2 makan buah pengetahuan baik dan jahat.. manusia tidak dapat hidup kekal lagi seperti malaikat

[6/2, 11:00] Kristi-P.Jusito: coba sekarang anak2 kita dikasih Allah masuk taman Eden dan boleh metik buah kehidupan utk dimakan mereka..pastilah mereka hidup kekal

[6/2, 11:02] GABA-Ryanto: Jadi om Adam sama tante Hawa belum sempet nyicipin buah kehidupan ya ....atau batal hidup kekal setelah makan buah kehidupan juga makan buah terlarang

[6/2, 11:05] Kristi-P.Jusito: sudah pak Ryan... tapi tidak bisa makan terus buahnya jadi habis khasiatnya pada usia 900an tahun wkwk

Wahyu 22:2 (TB)  Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.

jadi di sorga nanti pak Ryan makan buah kehidupan tiap bulan..

[6/2, 11:07] GABA-Ryanto: Oh di surga juga ada makan memakan ya pa Jus ....
Apakah cuma buah2an ?
Atau daging olahan juga ?

[6/2, 11:08] Kristi-P.Jusito: kalau boleh makan daging di sorga tidak ditulis di alkitab.. tapi kalau disediakan rumah pastilah bisa makan minum seperti biasa.. tapi kalau jadi ciacay ...sy ga tahu pak wkwk

[6/2, 11:10] Kristi-P.Jusito: tapi kan bisa lihat Yesus setelah bangkit masih makan daging ikan.. harusnya ga masalah yah wkwk

[6/2, 11:10] GABA-Ryanto: Apakah nanti di surga kita bertemu dgn istri dunia kita pa Jus

[6/2, 11:12] GABA-Ryanto: Berarti di surga itu seperti pindah dari bumi ke surga ya pa Jus cuma beda tempat aja

[6/2, 11:13] Kristi-P.Jusito: pasti pak.. tapi punya rumah2 sdri dan hanya jadi teman krn di sorga tidak ada kawin mengawinkan

Lukas 20:35-36 (TB)  tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan.
Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan.

[6/2, 11:14] GABA-Ryanto: Waduh kalau gitu kasian yg belum nikah di bumi ya ...nga bisa nikah di surga

[6/2, 11:15] GABA-Ps.Mugiyono: Tolong jelaskan dulu dari bahasa aslinya, apa yang dimaksud dengan kata "mati" baru memberi kesimpulan pak Josito, supaya pengertiannya tidak kontra diktif dengan ayat yang lainnya,. Sebab kalau pengertiannya mati jasmani faktanya Adam tidak langsung mati  ia masih tetap hidup bahkan masih mempunyai anak-anak

[6/2, 11:17] Kristi-P.Jusito: benar...sorga itu diluar planet bumi jauh diatas langit melintasi semua bintang...krn malaikat penjaga bintang semua menyembah Allah dan Lucifer yg jaga taman Eden berasa koq semua malaikat sembah ke atas ...pantatin dia... tidak indahkan dia sama sekali..  jadi dia marah dan naik ke angkasa melebihi letak bintang2 dan membangun singasana di angkasa utk dia juga dpt menerima  disembah malaikat..

makanya ada kerajaan angkasa yg singasananya adalah iblis

dan sorga ada di sebuah planet yg tidak berbentuk bulat spt bumi ..tapi berupa sebuah gunung raksasa dimana dipuncaknya terletak kota sorga yg berdiameter 2400 km x 2400 km dan tinggi 2400km

[6/2, 11:19] GABA-Ryanto: Cukup nga buat nampung org percaya pa Jus

[6/2, 11:21] GABA-Ryanto: Kira in kerajaan iblis di perut bumi ...mirip diskotik happy Hours terus

[6/2, 11:22] Kristi-P.Jusito: kalau dihitung dengan skala rumah mansion spt yg dijanjikan Tuhan Yesus...sorga hanya muat 6Milyaran manusia.. itu sesuai perkataan Tuhan Yesus

Matius 7:13-14 (TB)  Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;
karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

kalau dihitung manusia yg lahir dari zaman adam sampai kerajaan 1000 thn bisa lebih dr 100 milyar org

[6/2, 11:24] Kristi-P.Jusito: kan ada tertulis di alkitab

Efesus 2:2 (TB)  Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

dan penguasa itu adalah lucifer dan malaikat2 jatuh yg belum ditangkap dan masih bersama dia di kerajaannya

[6/2, 11:25] GABA-Ryanto: Waduh ...kalau gitu apa yg menjadi kriteria org masuk surga kalau hanya 6% yg di pilih

[6/2, 11:26] GABA-Budianto S: Pa Ryanto sukanya yg happy hours mulu

[6/2, 11:28] Kristi-P.Jusito: jumlah malaikat jatuh itu banyak sepertiga bintang di langit.. nah itu bisa milyaran malaikat...tidak semua malaikat jatuh ini sudah ditahan mikhael dan tentara langit...masih ada yg lepas dan berada di kerajaan angkasa dan di bumi... mrk yg disebut pemerintah2 san penguasa oleh paulus

Efesus 6:12 (TB)  karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

[6/2, 11:31] Kristi-P.Jusito: mirip yah cerita kaisar langit tiongkok wkwk

[6/2, 11:40] GABA-Ryanto: Iya bener ....apa ada hubungan kah

[6/2, 11:41] Kristi-P.Jusito: pasti ada pak...krn memang itu cerita turun temurun tentulah aslinya dari Nuh.. tapi sudah berubah versinya

[6/2, 11:44] GABA-Ryanto: Karena ...beda budaya ya ...jadi menurut org2 tiongkok yg sesuai dgn budaya tiongkok

[6/2, 11:46] Kristi-P.Jusito: kalau di cerita tiongkok kan ada raja neraka yg mau terus melabrak kekaisaran langit

nah dlm cerita alkitab ada kerajaan maut..  dan ada penguasa kerajaan maut

[6/2, 11:47] Kristi-P.Jusito: penguasa kerajaan maut itu bukan lucifer.. tapi malaikat lain yg disuruh menjaga kerajaan maut

[6/2, 11:48] Kristi-P.Jusito: 1 Korintus 10:10 (TB)  Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut.

[6/2, 11:56] GABA-Ryanto: Mau tanya nih pa Jus ..kan malaikat maut  itu beda dengan kerajaannya silucifer.. ?
Kenapa lucifer itu nga mau bersaing dlm hal berbuat baik ...
Toh menjerumuskan org ke dlm neraka itu membuat pengikutnya sedikit dong?

[6/2, 11:59] Kristi-P.Jusito: krn dia tahu ada penghakiman Allah dan siapa yg jahat akan masuk neraka..  dan dia tahu akhir cerita dr alkitab kalau nanti malaikat maut dan pengikutnya akan bersama2 dia di neraka

Wahyu 20:14 (TB)  Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.

[6/2, 12:03] Kristi-P.Jusito: lucifer adalah malaikat kegelapan bukan malaikat maut..
lord of darkness...
lawan dari malaikat terang

2 Korintus 11:14 (TB)  Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang.

[6/2, 12:04] GABA-Ryanto: kirain teh malaikat maut itu malaikat yg menjemput roh orang mati

[6/2, 12:04] Kristi-P.Jusito: benar pak...itu malaikat maut..  tapi ada rajanya

[6/2, 12:05] Kristi-P.Jusito: rajanya disebut Maut (The Death)

[6/2, 12:09] Kristi-P.Jusito: Wahyu 6:8 (TB)  Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.

[6/2, 12:09] GABA-Ryanto: Oo yaya ..
Kalau lucifer itu nga mau bertobat ya ...kan kalau bertobat ia bakalan di maafkan dan tinggal percaya ....masuk surga ....
Kok demi kesombongan rela masuk neraka

[6/2, 12:10] GABA-Dr.Piyanto Halim: Wahyu 1:18
dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamany a dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Tuhan Yesus lah yg telah menaklukkan  segala kuasa maut atas kehidupan kita...HALLELUYAH💪💪💪
[6/2, 12:12] GABA-Ryanto: Amin

Sent from Yahoo Mail on Android


Tidak ada komentar:

Posting Komentar