Sabtu, 15 Juni 2024

Allah Turut Bekerja dalam Segala Hal

16 Juni 2024

Bacaan Hari ini:
Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."
-----------------
Salah satu ketakutan terbesar yang kita semua hadapi ialah kekhawatiran akan masa depan. Kita takut menghadapi masa depan keluarga kita, teman-teman kita, pekerjaan kita, masyarakat kita - semuanya.

Itu wajar sebab itu ada di luar kendali kita. Namun, fakta ini tidak boleh membuat kita takut. Sebaliknya, itu harus mendorong kita untuk percaya kepada Allah lebih dalam lagi.

Kita mungkin tak bisa mengendalikan masa depan kita, tetapi Allah bisa. Dia menciptakan seluruh alam semesta ini. Jika Allah mau, Dia bisa saja menghilang untuk sementara waktu. Tetapi Dia tetap berkarya mewujudkan rancangan-Nya dalam sejarah. Dia sedang menggerakkan sejarah sampai kepada klimaksnya, kekekalan. Kelak, Yesus Kristus akan datang kembali ke Bumi. Tak ada satu pun yang bisa menghentikan itu! Sama seperti saat Dia bekerja dalam sejarah manusia untuk menggerakkan peristiwa-peristiwa menuju hari akhir, Dia juga akan bekerja dalam hidup Anda untuk suatu tujuan.

Alkitab mengatakan, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah" (Roma 8:28).

Firman Tuhan tidak mengatakan bahwa semuanya akan baik-baik saja. Juga tidak dikatakan bahwa Allah yang menyebabkan segalanya. Dia tidak menyebabkan perang. Dia tidak menyebabkan kanker. Dia tidak menyebabkan pemerkosaan, aborsi, inses, atau penganiayaan. Dia tidak menyebabkan kejahatan. Kita yang menyebabkan itu semua. Allah memberikan kita kebebasan untuk memilih. Dan kejahatan ialah harga dari kebebasan itu.

Sebaliknya, Allah mengatakan bahwa Dia membuat segala sesuatunya bekerja bersama-sama untuk mendatangkan kebaikan. Dia bisa memakai keputusan bodoh, jahat, dan buruk yang pernah saya buat dalam hidup saya, dan kemudian menggunakannya untuk kebaikan, bila saya mau percaya pada-Nya. Namun, Roma 8:28 bukanlah janji untuk semua orang. Ini janji untuk "orang-orang yang mengasihi Allah." Ini janji untuk orang-orang yang percaya pada Dia dan yang berkata, "Ini Tuhan, ambil semua serpihan hidupku dan susunlah mereka kembali."

Itulah mengapa ketika saya membaca berita utama setiap harinya, saya tidak khawatir. Tentu ada banyak masalah di dunia saat ini, tetapi Allah tetap pegang kendali. Allah tetap menggerakkan sejarah sampai kepada akhirnya, kekekalan. Dan Allah masih menggerakkan umat-Nya untuk sampai kepada tujuan rancangan-Nya. Suatu hari, Allah akan mengerjakan segala sesuatunya untuk mencapai tujuan-Nya.

Renungkan hal ini:

- Bagaimana dengan mengetahui bahwa Allah mengendalikan segala sesuatunya membantu Anda untuk percaya pada-Nya lebih baik lagi?


- Kapan Anda pernah melihat Allah mengambil keputusan buruk dan mengambil keputusan yang baik?

- Apa salah satu kekhawatiran masa depan Anda yang bisa Anda serahkan kepada Allah hari ini?

Bacaan Alkitab Setahun :
Nehemia 1-3; Kisah Para Rasul 2:1-21
____________
Karena Allah memegang kendali, maka kita bisa mempercayakan segala sesuatunya kepada-Nya– termasuk yang baik, yang buruk, dan yang jelek dalam kehidupan kita.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren.
===========
God Is Working It All Out
By Rick Warren

"And we know that God causes everything to work together for the good of those who love God and are called according to his purpose for them." Romans 8:28 (NLT)
--------------------
One of the great fears we all face is the fear of the future. We fear for the futures of our families, our friends, our jobs, our communities—and everything else in between.

It's natural. We're not in control. But that realization shouldn't drive us to fear. It should drive us to trust God more deeply.

We might not be in control of our future, but God is. He created the whole universe. If he wanted to, the Lord could just snap it out of existence in a moment. Yet he is working his plan in history. He is moving history to a climax, a destiny. One day Jesus Christ will come back to earth. Nothing will stop that. Just as he is working in history to move events toward that day, he will work in your life for a purpose, too.

The Bible says, "And we know that God causes everything to work together for the good of those who love God and are called according to his purpose for them" (Romans 8:28 NLT).

God's Word doesn't say that everything is good. It also doesn't say that God causes everything. He doesn't cause war. He doesn't cause cancer. He doesn't cause rape, abortion, abuse, or molestation. He doesn't cause evil. We do that. God gives us the freedom to choose. Evil is the price of that freedom.

But the Bible does say that God causes everything to work together for good. He can take the dumb, evil, and bad decisions we've made in our lives and use them for good if we'll trust him. Romans 8:28 isn't a promise for everyone, though. It's for "those who love God." It's for those who trust God and say, "Here, Lord, you take all the broken pieces of my life and put them together."

This is why when I read the headlines each day, I don't worry. Sure, there are a lot of problems in the world today, but God is still in control. He is still moving history to a climax. And he is still moving his people toward his best for them. One day God will work everything out for his purpose.

Because God is in control, we can trust him with everything—the good and the bad and all of our fear.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar