Rabu, 24 November 2021

Tak Ada Kata Terlambat untuk Mengikuti Panggilan Tuhan


25 November 2021

Bacaan Hari ini:
Yosua 14:10-12 
πŸ‘‰ "Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku
✍️ seperti yang dijanjikan-Nya. 
πŸ‘‰ Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya
==> sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan 
==> selama itu orang Israel mengembara di padang gurun
==> Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; 
πŸ‘‰ pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; 
==> seperti kekuatanku pada waktu itu 
==> demikianlah kekuatanku sekarang 
~ untuk berperang dan 
~ untuk keluar masuk.
πŸ‘‰  Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan
==> yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu
==> sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, 
πŸ‘‰ bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. 
πŸ“Œ Mungkin TUHAN menyertai aku, 
πŸ“Œ sehingga aku menghalau mereka, 
πŸ‘‰ seperti yang difirmankan TUHAN"
----------------------
✍️ Tidak ada kata terlambat untuk mengikuti panggilan Tuhan atas hidup Anda.

πŸ”– Setelah Yosua mengutus 12 mata-mata ke Tanah Perjanjian, 
==> mereka kembali dan melaporkan bahwa 
πŸ‘‰ tanah itu terlalu sulit untuk bisa ditempati oleh bangsa Israel
πŸ‘‰ Dan karena ketidakpercayaan mereka, umat Allah, 
πŸ‘‰ bangsa Israel mengembara di padang gurun selama 40 tahun lamanya
πŸ”– Satu generasi terputus karena mereka tidak percaya pada janji-janji Allah. Namun, 
✍️ Kaleb dan Joshua percaya. 
==> Oleh karena itu, mereka tetap hidup.

πŸ”– Ketika orang Israel kembali ke Tanah Perjanjian 40 tahun kemudian, Kaleb berkata,
πŸ‘‰ "Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku
✍️ seperti yang dijanjikan-Nya. 
πŸ‘‰ Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya
==> sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan 
==> selama itu orang Israel mengembara di padang gurun
==> Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; 
πŸ‘‰ pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; 
==> seperti kekuatanku pada waktu itu 
==> demikianlah kekuatanku sekarang 
~ untuk berperang dan 
~ untuk keluar masuk.
πŸ‘‰  Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan
==> yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu
==> sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, 
πŸ‘‰ bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. 
πŸ“Œ Mungkin TUHAN menyertai aku, 
πŸ“Œ sehingga aku menghalau mereka, 
πŸ‘‰ seperti yang difirmankan TUHAN" 
πŸ“– (Yosua 14:10-12).

πŸ‘‰ "Berikanlah kepadaku (negara) pegunungan"- Saya suka itu! 
πŸ”– Tanah yang diinginkan Kaleb dipenuhi dengan raksasa dan 
πŸ”– kota-kota yang dibentengi dengan tembok besar
πŸ‘‰ Kaleb berseru kepada TUHAN, 
πŸ’¬ "Beri saya tugas yang paling berat
πŸ’¬ Beri saya kota yang paling sulit
πŸ’¬ Beri saya satu tempat dengan raksasa-raksasa yang paling besar. 
πŸ’¬ Beri saya daerah pegunungan
☝️ Saya tidak ingin tempat yang mudah. 
✌️ Saya tahu saya berusia 85 tahun, 
πŸ‘‰ tapi saya masih punya panggilan
✍️ untuk *melakukan hal-hal besar demi kemuliaan-Mu."

πŸ”– Ketika saya membeli kartu ulang tahun untuk cucu perempuan saya, 
πŸ”– saya baru menyadari bahwa ada sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya di bagian kartu ucapan. 
πŸ”– Sekarang mereka punya satu bagian yang menawarkan kartu ulang tahun yang ke-80, 85, 90, 95, dan bahkan yang ke-100! 
πŸ‘‰ Tumbuh dewasa, 
πŸ”– saya tidak melihat kartu semacam itu karena kebanyakan orang tidak hidup selama itu. 
πŸ‘‰ Namun sekarang, harapan hidup jauh lebih tinggi.

πŸ”– Jika Anda adalah orang dewasa yang matang secara umur
πŸ‘‰ Anda mungkin berpikir bahwa sudah waktunya untuk saya berhenti melayani. 
✍️ Saya beri tahu Anda, inilah saatnya untuk mulai melayani! 
πŸ”Ž Apakah Anda pikir Tuhan akan membiarkan Anda hidup 30 tahun lagi hanya untuk bermain golf?

πŸ”– Berikut ini kata-kata yang tidak ada dalam Alkitab: ==> pensiun
✍️ Anda bisa pensiun, tetapi Anda harus tetap melayani
πŸ‘‰ Anda memiliki lebih banyak 
⭐ hikmat dan 
⭐ pengalaman 
πŸ‘‰ ketimbang dulu ketika Anda masih muda, 
✍️ tapi ketahuilah bahwa Tuhan tidak akan menyia-nyiakan hikmat Anda.

πŸ”– Pada usia ke-85, Kaleb pun memulai misi terbesar dalam hidupnya. 
πŸ”– Musa berusia 80 tahun ketika TUHAN memanggilnya untuk membebaskan umat-Nya
πŸ”– Abraham berusia 79 tahun ketika dia menerima panggilan-Nya.

πŸ‘‰ Jika Anda berada di generasi Kaleb
✍️ percayalah bahwa tak ada kata terlambat 
==> untuk memulai panggilan hidup Anda
✍️ Yang terbaik belumlah datang!

Renungkan hal ini:
- Jika Anda berada di generasi Kaleb, bagaimana Anda ingin agar "tahun-tahun pensiun" Anda tetap bermanfaat untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah? Bagaimana Anda akan mengejar panggilan Anda dalam 10, 20, atau 30 tahun ke depan?

- Bagaimana cara Anda menabung untuk masa pensiun menunjukkan apa yang ingin Anda capai untuk Tuhan?

- Apa pun tahap kehidupan Anda saat ini, apa yang Anda lakukan untuk mengerjakan apa yang Anda percaya sebagai panggilan Tuhan atas Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 2:1-11 ; Ibrani 8
___________
πŸ‘‰ Anda selalu berguna dan dapat menjadi alat kemuliaan bagi Tuhan
✍️ Serahkanlah diri Anda untuk dapat dipakai oleh Tuhan.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
It's Never Too Late to Follow God's Call 
By Rick Warren

"Now here I am, eighty-five years old. I am still as strong today as I was the day Moses sent me out, and I am just as ready to fight now as I was then. So give me the mountain country the LORD promised me that day long ago." Joshua 14:10-12 (NCV)
-----------++-
It's never too late to follow God's calling on your life.

After Joshua sent 12 spies into the Promised Land, they returned and reported that the land was too hard a place for God's people to settle. And because of their unbelief, the Israelites wandered around in the desert for another 40 years. An entire generation died because they did not believe in God's promises. But Caleb and Joshua believed, so they got to live.

When the Israelites returned to the Promised Land 40 years later, Caleb said, "Now here I am, eighty-five years old. I am still as strong today as I was the day Moses sent me out, and I am just as ready to fight now as I was then. So give me the mountain country the LORD promised me that day long ago" (Joshua 14:10-12 NCV).

"Give me the mountain country"—I love that! The land Caleb wanted was full of giants and cities fortified with great walls. He was saying to God, "Give me the biggest assignment. Give me the hardest city. Give me the place with the biggest giants. Give me the mountain regions. I don't want some easy place. I know I'm 85 years old, but I've still got it in me to do great things for you."

When I bought a birthday card for my granddaughter, I noticed something I'd never seen before in the greeting card section. They now have an entire section that offers birthday cards for the 80th, 85th, 90th, 95th, and even 100th birthdays! Growing up, I didn't see those kinds of cards, because most people didn't live that long. But now, life expectancy is much higher.

If you're an older adult, you may think it's time to hang it up. I'm telling you, it's time to get it down and dust it off! Do you think God is going to let you live 30 more years just to play golf?

Here's a word that's not in the Bible: retirement. You may stop working, but you keep serving the Lord. You have more wisdom and experience now than when you were younger, and God is not going to waste that.

At the age of 85, Caleb began the greatest mission of his life. Moses was 80 when God called him to set God's people free. Abraham was 79 when he received God's call.

If you are in the Caleb generation, please believe that it's never too late to start on your life calling. The best is yet to come!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar