Jumat, 23 Juni 2017

Mengapa Sulit Berbicara Tentang Kematian?

Mengapa Sulit Berbicara Tentang Kematian?

24 Juni 2017

Bacaan Hari ini:
Mazmur 89:48 "Siapakah orang yang hidup dan yang tidak mengalami kematian, yang dapat meluputkan nyawanya dari kuasa dunia orang mati? Sela"
------------------------
Sebelum Anda dapat membantu seseorang yang sedang menghadapi kematian, 
~ Anda harus terelebih dahulu mengatasi ketakutan Anda akan kematian.

Kematian menyingkap ketakutan kita yang tersembunyi. Saat kita merasa ditelanjangi, kita biasanya bersembunyi. Kita telah bersembunyi dari ketakutan kita semenjak Adam dan Hawa bersembunyi dari Allah karena ketelanjangan mereka.

Apa ketakutan yang Anda punya yang berkaitan dengan orang yang sedang sekarat?

Mungkin 
~ Anda takut mengatakan hal-hal yang salah. 
~ Anda takut akan memperburuk keadaan. 
~ Anda takut akan merusak suasana. 

Dan akibatnya, Anda tidak berbuat apa pun.

Saya tak bisa menghitung sudah berapa banyak orang yang saya temani saat mereka menarik napas terakhir mereka. Saya sudah banyak melihat begitu banyak orang mati. Biarkan saya menenangkan pikiran Anda: Hampir tidak mungkin Anda akan memperburuk keadaan. Mereka sudah tahu mereka akan mati. Sesederhana Anda berada di sana untuk mereka, itu sudah membuat perbedaan.

Beda dengan apa yang kita lihat di film, hanya ada sedikit momen "drama" ketika orang meninggal. Mereka tidak duduk di tempat tidur mereka dan berkata, "Aku mencintaimu!" dan kemudian mati. Itu beda sekali dengan realita. Orang yang sedang sekarat hanya bisa melakukan sedikit sekali gerakan atau mengucapkan kata-kata perpisahan yang menyentuh. 

Kematian itu benar-benar suatu hal yang wajar. Tidak ada sesuatu yang menyeramkan atau horor tentangnya. Kematian itu bukan sesuatu yang aneh. Itu sesuatu yang normal. Manusia berhenti bernapas- itu saja. Di satu momen mereka ada di sini, di momen berikutnya mereka tidak ada. 

Alkitab mengatakan, "Siapakah orang yang hidup dan yang tidak mengalami kematian, yang dapat meluputkan nyawanya dari kuasa dunia orang mati? Sela" (Mazmur 89:48). Kesalahan terbesar yang bisa saja Anda lakukan kepada seseorang yang tengah sekarat ialah sama sekali tidak ada untuk mereka karena Anda takut. Begitu Anda mengalahkan ketakutan Anda akan kematian, Anda akan mampu membantu teman Anda untuk menghadapi rasa takut mereka sendiri ketika waktunya tiba.

Renungkan hal ini:
~ Apa ketakutan-ketakutan Anda tentang kematian? 
~ Menurut Anda, dari mana asalnya ketakutan Anda itu?
~ Menurut Anda mengapa begitu sulit bagi orang lain untuk berbicara tentang kematian?
~ Apa yang kita pelajari dari kematian dan kebangkitan Yesus Kristus yang berkaitan dengan kematian?
______________________
Percayalah hidup mati Anda adalah milik Tuhan, dengan demikian Anda dapat berserah sepenuh dan tidak dipenuhi dengan ketakutan akan kematian.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar