Senin, 09 September 2024

Perhatikan Titik Buta Anda

10 September 2024

Bacaan Hari ini:
Matius 7: 3,5 "Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata ."
---------------
Salah satu keterampilan hidup terpenting yang harus Anda pelajari adalah penyelesaian konflik. Jika tidak memilikinya, maka Anda akan menghabiskan sebagian besar hidup Anda dalam kesengsaraan, karena kita semua adalah manusia yang tak sempurna, dan kita mengalami konflik hampir setiap hari dalam hidup kita.

Jika Anda ingin menyelesaikan konflik, maka Anda harus mengambil langkah pertama. Anda harus meminta bantuan Tuhan karena dibutuhkan keberanian untuk mendekati seseorang yang berkonflik dengan Anda dan memberi tahu orang tersebut bahwa Anda ingin duduk bersama dan menyelesaikannya.

Kemudian, jangan memulainya dari kesalahan orang lain. Janganlah memulainya dari serangkaian tuduhan atau cara-cara orang tersebut menyakiti Anda. Mulailah dengan kesalahan Anda sendiri.

Konflik itu mungkin 99,99 persen kesalahan mereka. Tetapi Anda selalu bisa menemukan kesalahan Anda untuk diakui! Mungkin itu adalah respons Anda yang buruk, meskipun itu cara Anda membela diri. Mungkin itu adalah kesilapan Anda. Mungkin itu adalah cara Anda menjauh dari mereka.

Anda memiliki kelemahan dalam hidup Anda yang dilihat orang lain dengan jelas tetapi tidak pernah Anda lihat. Itu adalah titik buta Anda. Itulah kelemahan yang tidak Anda ketahui. Itulah sebabnya Anda perlu menyelesaikan konflik dengan rendah hati dan memulainya dari kesalahan Anda sendiri.

Yesus berkata, "Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata" (Matius 7:3, 5).

Ia berkata bahwa Anda perlu mengakui peran Anda dalam konflik itu terlebih dahulu. Sebalok kayu apakah di mata Anda yang menghalangi Anda melihat permasalahan dengan jelas? Janganlah mulai dengan orang lain dan bagaimana mereka menyakiti Anda sebelum Anda mengakui peran Anda dalam konflik itu terlebih dahulu.

Apakah Anda menyebabkan konflik karena Anda tidak peka? Atau apakah Anda terlalu sensitif? Apakah selama ini Anda tidak menunjukkan belas kasih Anda kepada mereka yang terluka? Apakah Anda terlalu menuntut?

Renungkan hal ini:

- Apa yang tengah menghalangi Anda untuk melihat dosa Anda sendiri dengan jelas?

- Menurut Anda, apa pengaruhnya terhadap orang lain ketika Anda memulai penyelesaian konflik dengan mengakui kesalahan Anda, alih-alih memulai dengan tuduhan?

- Langkah apa yang dapat Anda ambil hari ini untuk maju dalam menyelesaikan konflik dalam hidup Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 3-4; II Korintus 2
____________
Apa titik buta Anda? Setelah Anda menemukan dan mengakuinya, Anda akan siap untuk langkah berikutnya dalam penyelesaian konflik.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
Take a Good Look at Your Blind Spots
By Rick Warren

"Why do you notice the little piece of dust in your friend's eye, but you don't notice the big piece of wood in your own eye? . . . First, take the wood out of your own eye. Then you will see clearly to take the dust out of your friend's eye." Matthew 7:3, 5 (NCV)
--------------------
One of the most important life skills that you have to learn is conflict resolution. If you don't, you're going to spend a lot of your life miserable, because we're imperfect people, and we have conflict almost every day of our lives.

If you want to resolve conflict, then you're going to have to make the first move. That means you have to ask for God's help because it takes courage to approach someone you are in conflict with and tell that person you want to sit down and work it out.

Then, you don't start with what the other person has done wrong. You don't start with a bunch of accusations or ways that you've been hurt. You start with what's your fault.

The conflict may be 99.99 percent their fault. But you can always find something to confess! Maybe it was your poor response, even if it came out of defensiveness. Maybe it was your attitude. Maybe it was the way you walked away.

You have weaknesses in your life that others see clearly but you've never seen. Those are your blind spots. Those are the weaknesses that you're clueless about. That's why you need to come to conflict resolution with a humble heart and begin with your own faults.

Jesus said, "Why do you notice the little piece of dust in your friend's eye, but you don't notice the big piece of wood in your own eye? . . . First, take the wood out of your own eye. Then you will see clearly to take the dust out of your friend's eye" (Matthew 7:3, 5 NCV).

He's saying you need to confess your part of the conflict first. What's the piece of wood in your eye that is keeping you from seeing the situation clearly? Don't start with the other person and all the ways they've hurt you until you've confessed your part of the conflict first.

Did you cause conflict by being insensitive? Or were you overly sensitive? Did you not show compassion for the person who was hurting? Were you being over-demanding?

What are your blind spots? Once you figure them out and confess them, you'll be ready for the next step in conflict resolution.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar