Selasa, 10 September 2024

MILYARDER PERTAMA DI DUNIA

John D. Rockfeller (8 Juli 1839 – 23 Mei 1937), pendiri Standard Oil, pernah menjadi orang terkaya di dunia.  Dia adalah miliarder pertama di dunia. 

 "Dia mengumpulkan kekayaan bersih setidaknya $1 miliar pada tahun 1916. Ketika Rockefeller meninggal pada tahun 1937, kekayaan bersihnya diperkirakan sekitar $340 miliar dalam dolar saat ini."

 Pada usia 25 tahun, dia memiliki salah satu kilang minyak terbesar di Amerika Serikat.  Dia berusia 31 tahun ketika menjadi penyuling minyak terbesar di dunia.  Pada usia 38, ia menguasai 90% penyulingan minyak di Amerika Serikat.  Pada usia lima puluh, John adalah orang terkaya di Amerika.  Sebagai seorang pemuda, setiap tindakan, sikap, dan koneksi dirancang untuk membangun kekayaannya.

 Namun pada usia 53 tahun, ia jatuh sakit.  Seluruh tubuhnya didera rasa sakit, dan dia kehilangan seluruh rambutnya.  Dalam penderitaan yang luar biasa, jutawan tunggal di dunia ini bisa membeli apa pun yang diinginkannya, namun hanya bisa makan sup dan biskuit.

 Menurut seorang rekan, "Dia tidak bisa tidur, tidak bisa tersenyum, dan tidak ada apa pun dalam hidup yang berarti baginya".  Dokter pribadinya yang sangat terlatih mengindikasikan bahwa dia akan meninggal dalam waktu satu tahun.  Tahun itu berlalu dengan sangat lambat.  Saat dia mendekati kematian, suatu pagi dia terbangun dengan pemahaman samar bahwa dia tidak akan mampu membawa kekayaannya ke dunia berikutnya.

 Pria yang sempat mendominasi dunia komersial ini tiba-tiba menyadari bahwa dirinya tidak punya kendali atas kehidupan pribadinya.  Dia memberi tahu pengacara, akuntan, dan manajemennya bahwa dia bermaksud untuk mengabdikan asetnya untuk rumah sakit, penelitian, dan kegiatan amal.  John D. Rockefeller memulai yayasannya.

 Yayasan Rockefeller mendanai penelitian penisilin Howard Florey dan rekannya Norman Heatley pada tahun 1941. Namun aspek yang paling mencengangkan dari narasi Rockefeller adalah ketika dia mulai memberikan kembali sebagian kecil dari semua yang telah diperolehnya, kimiawi tubuhnya berubah secara dramatis, dan dia pulih.  .

 Ia diperkirakan meninggal pada usia 53 tahun, namun ia bertahan hingga mencapai usia 98 tahun.  Rockefeller belajar bersyukur dan mengembalikan sebagian besar uangnya.  Ini membuatnya utuh.  Itu adalah satu hal yang harus disembuhkan.  Menjadi bugar adalah hal lain.  Dia adalah seorang Baptis taat yang menghadiri Gereja Baptis Euclid Avenue di Cleveland, Ohio.

 Sebelum meninggal, ia menulis dalam buku hariannya: "Tuhan mengajariku bahwa segala sesuatu adalah milik-Nya, dan aku hanyalah saluran untuk melaksanakan kehendak-Nya. Sejak saat itu, hidupku menjadi liburan yang panjang dan membahagiakan; penuh dengan pekerjaan dan permainan,  Aku melepaskan kekhawatiranku sepanjang perjalanan, dan Tuhan begitu baik kepadaku setiap hari.
#sejarahdunia #faktasejarah #motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar