Senin, 14 Oktober 2024

Rasa Sakit adalah Bagian dari Proses Pendewasaan Rohani

15 Oktober 2024

Bacaan Hari ini:
1 Petrus 5:10 "Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya."
--------------------
Untuk dapat bertumbuh dan bukan sekadar bertahan hidup dalam budaya yang tidak bersahabat ini, Anda perlu melihat bagaimana Tuhan dapat mengubah ujian-ujian Anda menjadi suatu kemenangan. Anda perlu melihat bagaimana Tuhan menggunakan perkara-perkara yang mengguncang Anda untuk menjadikan Anda tak tergoyahkan.

Alkitab berkata dalam 1 Petrus 5:10, "Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya."

Rasa sakit adalah harga mahal yang harus kita bayar untuk bertumbuh. Kita ingin mengenal Tuhan, tetapi kedewasaan tidak terjadi secara otomatis. Itu tidak terjadi dalam waktu semalam. Dan itu tidak terjadi hanya pada hari-hari yang baik. Kta menginginkan hasil tanpa proses, tapi tidak ada jalan menuju kedewasaan rohani tanpa rasa sakit.

Namun kabar baiknya adalah, hal-hal yang membuat Anda putus asa ialah hal-hal yang Tuhan gunakan untuk membangun Anda. Rasa sakit adalah bagian dari proses.

Ketika Anda memahami kebenaran ini, Anda akan menjadi tak tergoyahkan dalam hidup, seperti Daniel setelah mengalami beberapa pencobaan besar.

Roma 5:3-5 mengatakan, "Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita."

Pertumbuhan sering kali lebih cepat dan lebih dalam selama hari-hari tergelap kita. Banyak orang bercerita pada saya bagaimana mereka bertumbuh lebih dewasa melalui kehilangan, PHK, penyakit, dan tragedi, daripada apabila kehidupan mereka berjalan dengan mudah.

Mengapa? Sebab Tuhan tidak tertarik untuk membuat hidup kita mudah di bumi. Dia tertarik untuk menumbuhkan karakter Anda karena karakter adalah satu-satunya hal yang akan Anda bawa serta ke surga. Saat ini Anda ibaratnya sedang bersekolah, dan Tuhan berkata bahwa akan ada upah kekal yang sedang menanti Anda. Dia akan menyempurnakan Anda.

Hingga hari itu tiba, tetaplah berpengharapan dalam janji Tuhan untuk bekerja di dalam Anda dan memberikan Anda kekuatan dan kasih karunia yang Anda butuhkan buat melewati setiap pencobaan. Percayalah pada "pengharapan yang tidak mengecewakan," dengan memahami bahwa Tuhan dapat menggunakan perkara-perkara buruk dalam hidup Anda untuk memurnikan, mengarahkan, mengoreksi, dan menyempurnakan Anda.

Renungkan hal ini:

- Bagaimana perspektif Anda berubah ketika Anda melihat tantangan-tantangan dalam hidup Anda dan bertanya, "Bagaimana saya bisa bertumbuh dari masalah ini?"

- Bagaimana pengharapan memengaruhi respons Anda terhadap rasa sakit?

- Bagaimana dengan memahami bahwa Tuhan tidak akan pernah mengecewakan Anda membuat suatu perbedaan ketika Anda menghadapi ujian dan pencobaan?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 1-3; Kolose 3 : 1-17
___________
Tuhan ingin menggunakan segalanya, bahkan hal-hal buruk dalam hidup Anda sekalipun, untuk mendatangkan kebaikan.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
=========
Pain Is Part of the Process to Spiritual Maturity
By Rick Warren

"After you have suffered for a little while, the God of all grace, who calls you to share his eternal glory in union with Christ, will himself perfect you and give you firmness, strength, and a sure foundation." 1 Peter 5:10 (GNT)
------------------
God wants to use everything, even the bad things in your life, to bring about good.

To thrive rather than just survive in a hostile culture, you need to see how God can turn your trials into triumphs. You need to see how God is using the things that shake you to make you unshakable.

The Bible says in 1 Peter 5:10, "After you have suffered for a little while, the God of all grace, who calls you to share his eternal glory in union with Christ, will himself perfect you and give you firmness, strength, and a sure foundation" (GNT).

Pain is the high cost of growth. We want to know God, but maturity doesn't happen automatically. It doesn't happen overnight. And it doesn't happen only in the good times. We want the product without the process, but there is no path to spiritual maturity without some pain.

But the good thing is, the very things that discourage you are the things God uses to develop you. The pain is part of the process.

When you understand this, you become unshakeable in life, like Daniel became after experiencing some major trials.

Romans 5:3-5 says, "We also have joy with our troubles, because we know that these troubles produce patience. And patience produces character, and character produces hope. And this hope will never disappoint us, because God has poured out his love to fill our hearts" (NCV).

Growth is often faster and deeper during our darkest days. Many people have shared with me how they grew more through separations, unemployment, illness, tragedy, and loss than they ever would have if life had been easy.

Why? Because God isn't interested in making life easy on earth. He's interested in growing your character, because character is the only thing you're taking to heaven. You're in school right now, and God says there are eternal rewards coming. He's going to perfect you.

Until then, you can hope in God's promise to work in you and give you the strength and grace you need to walk through every trial. You can trust in a "hope that never disappoints," knowing that God can use even the bad things in life to refine, direct, correct, and perfect you.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar