Minggu, 13 Oktober 2024

Masalah Anda dapat Mendatangkan Kebaikan

14 Oktober 2024

Bacaan Hari ini:
Ayub 36:16 "Juga engkau dibujuk-Nya keluar dari dalam kesesakan, ke tempat yang luas, bebas dari tekanan, ke meja hidanganmu yang tenang dan penuh lemak."
-----------------
Tahukah Anda bahwa rasa sakit dapat melindungi Anda dari sesuatu yang lebih buruk? Mungkin Anda menghadapi masalah, tapi sebenarnya masalah itu mencegah masalah yang lebih besar. Mungkin Anda tidak mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, mungkin Anda melewatkan kesempatan, mungkin Anda tidak berhasil di suatu tempat—tetapi bisa jadi sebenarnya Tuhan sedang melindungi Anda dari situasi yang berbahaya.

Terkadang masalah adalah berkat yang tersembunyi.

Bertahun-tahun yang lalu, teman saya diminta oleh atasannya untuk melakukan sesuatu yang tidak etis. Dia menolak oleh karena imannya kepada Yesus. Namun akibatnya, Dia dipecat, kehilangan pekerjaan dan pensiunnya dicabut. Sebulan kemudian, FCC (semacam Komisi Pemberantasan Korupsi) menuntut perusahaan tersebut, dan banyak orang dipenjara. Teman saya bersyukur pada Tuhan karena ia telah dipecat, yang mana itu menyelamatkannya dari nasib yang lebih buruk

Ketika Ayub mengalami penderitaan, seorang temannya berkata kepadanya, "Juga engkau dibujuk-Nya keluar dari dalam kesesakan, ke tempat yang luas, bebas dari tekanan, ke meja hidanganmu yang tenang dan penuh lemak" (Ayub 36:16).

Masalah sering kali mempersiapkan Anda untuk meraih kesuksesan dan untuk mewujudkan rancangan Tuhan yang lebih besar dan lebih baik yang akan menuntun Anda pada kemerdekaan. Ini adalah soal iman. Anda harus bertanya kepada diri sendiri ketika menghadapi masalah: Apakah Anda akan tetap percaya kepada Tuhan?

Yusuf harus bertanya kepada dirinya sendiri pertanyaan ini. Ia mendapatkan suatu visi untuk menjadi pemimpin yang hebat, tetapi semuanya berjalan salah selama 40 tahun hidupnya. Dikhianati oleh saudara-saudaranya, dijual sebagai budak, dituduh, dan dijebloskan ke penjara. Akan tetapi, pada akhirnya Yusuf berakhir tepat di tempat yang Tuhan kehendaki. Dia kemudian menjadi penguasa nomor dua di Mesir dan menyelamatkan bangsanya.

Yusuf berkata, "Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar" (Kejadian 50:20).

Ada orang yang bermaksud menyakiti Anda, tetapi Tuhan merancangkan yang baik. Tuhan lebih besar dari musuh dan pengkritik Anda.

Seorang gembala terkadang harus mematahkan kaki dombanya yang suka berkeliaran untuk melindunginya dari para pemangsa. Jika Tuhan harus "mematahkan" kaki Anda untuk menjaga agar Anda tetap aman, maka Dia akan melakukannya. Itu oleh karena begitu besar kasih-Nya atas Anda.

Renungkan hal ini:

- Apa kegagalan, masalah, atau kekecewaan Anda di masa lalu yang ternyata merupakan berkat yang terselubung?

- Mengapa Anda harus lebih percaya pada sudut pandang Tuhan terhadap masalah Anda daripada sudut pandang Anda sendiri?

- Tuhan telah memecahkan masalah terbesar Anda: Dia telah memberikan Anda jalan untuk menjadi bagian dari keluarga-Nya selamanya. Bagaimana hal itu seharusnya memengaruhi cara Anda dalam memandang masalah Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 63-66; Kolose 2 : 16-23
____________
Kekecewaan dan jalan memutar sering kali merupakan rencana-Nya yang Dia rancang untuk kebaikan Anda.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
Your Problems Can Be for Your Good
By Rick Warren

"God is gently calling you from the jaws of trouble to an open place of freedom where he has set your table full of the best food." Job 36:16 (NCV)
------------------
Did you know that pain can protect you from something worse? You might face a problem, but it's actually preventing a bigger issue. Maybe you didn't get a job you wanted, maybe you missed an opportunity, maybe you couldn't make it somewhere—but God was protecting you from a harmful situation.

Sometimes, a problem is a blessing in disguise.

Years ago, a friend who is a businessman was asked to do something unethical. He refused because of his faith in Jesus. He was fired, losing his job and pension. A month later, the FCC prosecuted the company, and many people went to jail. My friend thanked God for getting fired, which saved him from a worse fate.

When he was suffering, Job's friend told him, "God is gently calling you from the jaws of trouble to an open place of freedom where he has set your table full of the best food" (Job 36:16 NCV).

Problems often prepare you for success and for God's bigger and better plan that leads to freedom. It's a matter of faith, where you must ask yourself a question when faced with a problem: Will you trust God?

Joseph had to ask himself this question. He had a vision of being a great leader, but everything went wrong for the first 40 years of his life. Betrayed by his brothers, sold into slavery, falsely accused, and imprisoned, Joseph still ended up exactly where God wanted him. He later became second in command in Egypt and saved the whole nation.

Joseph said, "You intended to harm me, but God intended it for good to accomplish what is now being done, the saving of many lives" (Genesis 50:20 NIV).

There are people who mean to harm you, but God means it for good. God is bigger than your enemies and critics.

Shepherds sometimes have to break a leg of a sheep prone to wander to protect it from predators. If God has to break your leg to keep you safe, he will. He loves you that much.

Disappointments and detours are often his appointments, designed for your good.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar