Kamis, 10 Oktober 2024

Jangan Terkejut oleh Kesulitan

11 Oktober 2024

Bacaan Hari ini:
Yohanes 16:33 "Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."
---------------------
Anda akan berhadapan dengan masalah-masalah dalam kehidupan. Akan ada saat-saat di mana dunia Anda berguncang, terombang-ambing dan Anda tidak tahu arah mana yang harus Anda tuju.

Masa-masa sulit bukanlah "mungkin." Itu pasti akan terjadi. Yesus mengatakan agar kita tidak perlu terkejut olehnya. Dia berkata, "Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia" (Yohanes 16:33).

Ia mengatakan bahwa guncangan ialah bagian normal dari kehidupan di dunia yang rusak ini. Di surga, semuanya sempurna, tetapi di bumi, semuanya telah rusak karena dosa. Setiap hubungan telah rusak. Setiap manusia telah rusak. Perekonomian telah rusak. Bahkan, cuaca pun telah rusak.

Karena segala sesuatu di bumi ini telah rusak, kita tidak boleh mengharapkan segala sesuatu yang ada di sini untuk menjadi sempurna. Bahkan, saat sesuatu yang buruk terjadi dalam hidup Anda, alih-alih berkata, "Mengapa saya?" Anda bisa berkata, "Mengapa bukan saya? Saya tinggal di bumi ini."

Akan tetapi, apa pun kesulitan yang Anda hadapi, percayalah bahwa Yesus memegang kendali. Kata-Nya, "Kuatkanlah hatimu! Aku telah mengalahkan dunia." Ketika Anda percaya kepada-Nya, Anda akan menemukan penghiburan dalam kebenaran itu.

Roma 8:28 menyampaikan kebenaran yang sama: "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Apakah itu juga termasuk hal-hal terburuk? Ya. Bahkan dosa-dosa Anda sendiri? Ya.

Tuhan dapat mengubah penyaliban menjadi kebangkitan. Dia dapat mendatangkan kebaikan dari keburukan. Siapa pun dapat mendatangkan kebaikan dari yang baik, tetapi hanya Tuhan yang dapat mengubah perkara-perkara yang buruk menjadi kebaikan.

Alkitab mengajarkan, "Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu. Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya" (1 Petrus 4:12–13)

Bacaan hari ini:

- Ketika Anda mengalami kesulitan, apakah Anda cenderung berkata, "Mengapa saya?" atau "Mengapa bukan saya?"

- Kapan Anda pernah melihat Tuhan mendatangkan kebaikan dari dalam situasi buruk di masa lalu?

- Situasi sulit apa yang membuat Anda putus asa saat ini? Bagaimana dengan mengetahui bahwa Tuhan dapat mendatangkan kebaikan dari dalam situasi apa pun memberikan Anda pengharapan?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 48-51; Kolose 1 : 1-14
___________
Apa pun yang menyebabkan guncangan dalam hidup Anda saat ini, imanilah bahwa Tuhan akan menggunakannya untuk kebaikan sehingga Anda mampu meresponsnya dengan penerimaan dan pengharapan, ketimbang terkejut dan putus asa.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
=========
Don't Be Surprised by Adversity
By Rick Warren

"I've told you all this so that trusting me, you will be unshakable and assured, deeply at peace. In this godless world you will continue to experience difficulties. But take heart! I've conquered the world." John 16:33 (MSG)
-----------------
You are going to experience problems in life. You'll have times when your world is tossed upside down and everything is shaking and you don't know which way is up.

These hard times aren't a "maybe." They're guaranteed. Jesus said we shouldn't be surprised by them. In the Message paraphrase, he said it like this: "I've told you all this so that trusting me, you will be unshakable and assured, deeply at peace. In this godless world you will continue to experience difficulties. But take heart! I've conquered the world" (John 16:33 MSG).

He's saying shake-ups are a normal part of life in a broken world. In heaven everything is perfect, but on earth everything is broken because of sin. Every relationship is broken, and every person is broken. The economy is broken. Even the weather is broken.

Because everything on earth is broken, we shouldn't expect things here to be perfect. In fact, when something bad happens in your life, instead of saying, "Why me?" you could just as well say, "Why not me? I live here on earth."

But no matter what adversity you face, you can know that Jesus is in control. He said, "Take heart! I've conquered the world." When you trust him, you can rest in that truth.

Romans 8:28 shares the same truth: "God causes everything to work together for the good of those who love God and are called according to his purpose for them" (NLT). Does that mean even the worst things? Yes. Even your own sins? Yes.

God can turn crucifixions into resurrections. He can bring good out of bad. Anybody can bring good out of good, but only God can change even bad things into good.

Whatever is causing a shake-up in your life right now, you can trust that God will use it for good. And because of that, you can respond with acceptance and hope rather than surprise and despair.

The Bible teaches, "Dear friends, don't be surprised at the fiery trials you are going through, as if something strange were happening to you. Instead, be very glad—for these trials make you partners with Christ in his suffering, so that you will have the wonderful joy of seeing his glory when it is revealed to all the world" (1 Peter 4:12-13 NLT).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar