Minggu, 29 September 2024

Tenanglah! Tuhan Bekerja untuk Mendatangkan Kebaikan

30 September 2024

Bacaan Hari ini:
Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."
------------------
Segala sesuatu yang Tuhan lakukan adalah untuk kebaikan Anda dan karena kasih-Nya atas Anda. Alkitab mengatakan, "Segala jalan Tuhan adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya" (Mazmur 25:10), dan "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah" (Roma 8:28).

Inilah yang harus Anda ingatkan pada diri Anda lagi dan lagi: Setiap kali Tuhan berkata "tidak" pada doa-doa Anda, Setan akan menembakkan panah keraguan kepada Anda. Setan akan membisikkan kebohongan kepada Anda: "Tuhan tidak mencintaimu. Dia tidak peduli denganmu. Jika Dia sayang padamu, seharusnya Dia memberikan semua yang kau mau!"

Setan adalah pembohong.

Anda tidak perlu mengerti jawaban Tuhan atas doa-doa Anda hanya untuk mencari tahu apakah Ia mengasihi Anda atau tidak.

Tuhan begitu mencintai Anda sehingga Ia memberikan semua yang Anda minta. Maka, ketika Tuhan berkata "tidak," Anda diberikan tiga pilihan: Anda dapat menolaknya, membencinya, atau tenang di dalam jawaban-Nya itu.

Pilihan ada di tangan Anda. Anda bisa berargumen dengan Tuhan, marah dengan Tuhan, menjauh dari Tuhan, atau pun berkata, "Oke, Tuhan, jika Engkau tidak mau mengikuti caraku, maka aku akan menyelesaikan masalah ini dengan tanganku sendiri." Saya sudah bertemu banyak orang yang menjauh dari Tuhan karena Tuhan berkata "tidak" atas doa-doa mereka. Mereka tidak percaya bahwa Dia sesungguhnya punya perspektif yang jauh lebih besar, rencana yang jauh lebih baik, dan tujuan yang jauh lebih besar buat mereka.

Orang-orang itu meninggalkan Tuhan dalam kebencian dan pemberontakan. Itu seharusnya jadi pilihan terakhir Anda- membenci Dia. Saat Anda meragukan kasih-Nya, sesungguhnya itu hanya akan membuat Anda kepahitan dan sengsara. Begitu banyak orang menjalani sepanjang hidup mereka di dalam penderitaan karena mereka tidak pernah mau menerima kenyataan bahwa sebenarnya Tuhan sedang melakukan apa yang terbaik buat hidup mereka.

Ada cara ketiga untuk merespons kebaikan Tuhan: Tenang di dalam-Nya. Ketika Anda percaya bahwa Tuhan selalu mendatangkan kebaikan untuk Anda, maka Anda dapat melihat dengan perspektif baru hal-hal yang sedang Dia kerjakan dalam hidup Anda yang buat Anda tampak tidak masuk akal.
Anda mungkin tidak memahaminya. Bahkan mungkin jawaban-Nya akan menyakitkan. Akan tetapi, Tuhan tetap dan selalu baik. Dia maha pengasih dan tidak akan pernah berhenti mengasihi Anda. Anda bisa berkata, "Bahkan di dalam penderitaan ini, kasih Tuhan tetap ada."

Itulah satu-satunya respons yang akan memberikan Anda damai sejahtera! Jangan menolak atau membenci pekerjaan Tuhan dalam hidup Anda.

Renungkan hal ini:

- Apa jawaban doa Anda yang pernah Anda tolak karena itu tidak seperti yang Anda harapkan? Apa akibatnya?

- Bagaimana seharusnya dengan percaya bahwa Tuhan selalu bekerja untuk mendatangkan kebaikan untuk Anda bisa mengubah bagaimana Anda berdoa?

- Jika Tuhan bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan buat Anda, menurut Anda mengapa Dia membolehkan Anda mengalami penderitaan?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 6-9; Efesus 4:1-16
_________
Pilihlah untuk tetap tenang di dalam kebenaran bahwa segala sesuatu yang Ia kerjakan dalam hidup Anda ialah untuk mendatangkan kebaikan.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
==========
Relax! God Is Working for Your Good
By Rick Warren

"In all things God works for the good of those who love him." Romans 8:28 (NIV)
---------------
Everything God does is for your good, and he does it because he loves you. The Bible says, "All the ways of the LORD are loving and faithful" (Psalm 25:10 NIV), and "In all things God works for the good of those who love him" (Romans 8:28 NIV).

You have to remind yourself of these truths again and again because any time God says "no" to your prayers, Satan will shoot darts of doubt at you. He's going to whisper lies to you: "God doesn't love you. He doesn't care about you; otherwise, he'd give you everything you want!" But Satan is a liar.

You don't have to understand God's answer to your prayer to know it's motivated by love.

God loves you too much to give you everything you ask for. So when God says "no," you've got three options: You can resist it, resent it, or relax in it.

You can resist God. You can fight him, get mad at him, turn your back on him, and say, "Okay, God, if you don't play the game my way, I'm going to take matters into my own hands." I've met a lot of people who walked away from God because God said "no" to their prayers. They didn't trust that he had a bigger perspective, a better plan, and a greater purpose.

Those people walked away from God in resentment and rebellion. That's the second thing you can do—you can resent it. When you doubt God's love like that, it makes you bitter and miserable. So many people have lived their entire lives in misery because they've never accepted the fact that God only does what's good in their lives.

There is a third way to respond to God's goodness: You can relax in it. When you believe that God always has your best interest at heart, you can look with new eyes at the things he does that don't make sense.

You may not understand it. It may even be painful. But God is still good and loving. And he will never stop loving you. You can say, "Even in this, God's love still remains."

That's the only kind of response that will bring you peace! Don't resist or resent God's work in your life. Instead, relax in the truth that he always works for your good.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar