Kamis, 26 September 2024

Berdoa Tanpa Putus

27 September 2024

Bacaan Hari ini:
Efesus 6:18 "Dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,"
----------------------
Tahukah Anda bahwa Anda tidak harus mengakhiri doa Anda dengan "Di dalam nama Yesus. Amin"? Bahkan sesungguhnya, Anda tak perlu mengakhiri doa Anda sama sekali.

Doa merupakan percakapan yang sedang berlangsung dengan Tuhan. Dan itu seharusnya tidak boleh berakhir! Anda dapat berbicara dengan-Nya layaknya Anda berbicara dengan seorang teman atau dengan seorang ayah yang penyayang. Bila ada suatu masalah muncul, ceritakanlah itu kepada Tuhan. Setelah satu atau dua menit kemudian, Anda bisa berbicara dengan-Nya tentang yang lain.

Doa itu ibarat pernapasan rohani. Anda tidak perlu berpikir untuk bernapas—Anda hanya tinggal bernapas begitu saja. Begitu pula dengan doa, itu seharusnya bersifat alamiah sehingga bahkan Anda tidak perlu memikirkannya.

Jika saat ini doa Anda masih harus berpikir keras untuk menyampaikan maksud terdalam Anda, Anda dapat mengembangkan kebiasaan berdoa hingga Anda berada pada satu titik di mana bahkan Anda tidak perlu berpikir kapan harus memulainya atau memikirkan apa yang akan Anda ucapkan.

Singkatnya, ini seperti kita berdialog dengan diri kita sendiri. Kita berbicara kepada diri kita sendiri tentang segala hal yang kita alami—setiap saat! Maka, mulailah berbicara dengan Tuhan. Untuk bisa berdoa layaknya mengobrol dengan Tuhan, mulailah menceritakan apa pun yang menarik hati atau minat Anda pada momen itu.

"Dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus," (Efesus 6:18). Itu artinya Anda dapat berbicara dengan Tuhan di mana saja, kapan saja, tentang apa saja, dalam pimpinan Roh Kudus. Saat Tuhan berbicara di hati Anda, doakanlah hal itu!

Mungkin Anda adalah seseorang yang jarang atau enggan berdoa. Tetapi ketika Anda tidak ingin berdoa, itu artinya Anda sedang mendoakan hal-hal yang tidak tepat. Tuhan ingin Anda mengobrol dengan-Nya tentang apa pun yang menarik hati Anda dan apa yang sedang Anda rasakan. Tuhan tidak perlu Anda memberi tahu Dia apa yang sedang terjadi dengan hidup Anda– Dia sudah tahu segalanya. Sebaliknya, Dia ingin Anda mengobrol dengan-Nya seperti seorang ayah atau ibu yang ingin anak-anaknya mengobrol dengan mereka.

Ceritakanlah pada-Nya apa yang sedang Anda rasakan, dan dari situ Anda akan merasakan keinginan untuk berbicara dengan-Nya lagi dan lagi.

Renungkan hal ini:

- Apa yang paling sering Anda bicarakan dengan Tuhan? Apakah menurut Anda itulah yang paling ingin Dia dengar dari Anda?

- Kebiasaan spiritual baru tidak terjadi begitu saja. Bagaimana Anda dapat melatih diri untuk terus melakukan percakapan yang tanpa henti dengan Tuhan di sepanjang hari Anda?

-Apa yang dimaksud "berdoa di dalam Roh"?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kidung Agung 7-8; Efesus 1
_____________
Berbicaralah dengan Tuhan di sepanjang hari Anda.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
=========
Keep a Conversation Going with God
By Rick Warren

"Pray in the Spirit at all times and on every occasion." Ephesians 6:18 (NLT)
-----------------
Did you know that you don't have to end your prayers with "In Jesus' name. Amen"? In fact, you don't have to stop praying at all.

Prayer is a running conversation with God. It never has to end! You can talk to him like you would a friend or a loving father. If something comes up, you talk to God about it. Then, maybe a minute or two goes by, and you talk to him about something else.

Another way to think about prayer is that it's spiritual breathing. You don't think about breathing—you just do it. In the same way, prayer needs to become so natural that you don't even think about it.

Right now, your prayers may require a lot of intentional thought. But you can develop a habit of praying so you don't even have to think about when to start or what to say. In a way, it's like talking to yourself. You talk to yourself about everything you experience—all the time! Start talking to God instead. To pray conversationally, you simply talk to God about whatever you're interested in at that particular moment.

"Pray in the Spirit at all times and on every occasion" (Ephesians 6:18 NLT). That means you can talk to God anywhere, anytime, about anything, as the Spirit leads. When God puts something on your heart, pray about it!

Maybe you're someone who often doesn't feel like praying. If you don't feel like praying, it means you're praying about the wrong things. God wants you to talk to him about anything you're interested in and everything you're feeling. God doesn't need you to tell him what's going on in your life—he already knows. But he wants you to talk to him, like a father or a mother longs to have their children talk to them.

Keep a conversation with God going throughout your day. Talk to him about what you're feeling, and you'll feel like praying a lot more.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar