Ini bahan bacaan yang bisa dijadikan referensi
Pandemi covid akan berlangsung 1-2 th ke dpn. Kalau cuma 3 bln bs balik spt sblmnya. Tapi ini akan jadi 1 th atau LBH menurut pak Yuswohady.com
Business yg booming :
1. E-commerce
2. Remote working
3. Logistic
4. Online schooling
5. Webinar / online training
6. Netflix, indihome
7. Telco
8. Telemedicine
9. Cleaning services
Business yg terpuruk:
1. Hotel
2. Travel
3. Bioskop
4. Mall
5. Retail
6. Electronik
7. Property
8. MICE
9. Persewaan kantor
10. Restoran ( tdk ada Dine in )
Benefit
1. Work life balance - productivity meningkat
2. LBH cost efisien & produktif
3. Karyawan bersedia dibyr LBH murah
Website hrs jadi ecommerce.
Hotel akan food delivery juga.
Martha Tilaar dari kosmetik berubah jadi hand sanitizer - survival modenya.
Es teler 77 skrg masuk ke Frozen food.
Lippo mall / hotel difungsikan ke rumah sakit Krn punya RS Siloam / punya kompetensi nya.
Dlm rangka omzet ke Business yg lagi trending
Ruang guru & zoom jadi booming, cloud juga.
Makin byk perush jadi survival mode agar dpt cash. Ini akan lama.
Sejauh vaksin tdk ditemukan kita akan ragu. Nanti pesawat akan adaptasi ksh jarak 0.5 mtr, bioskop juga akan jadi separuh kursinya.
Perush yg blm masuk digital hrs bgmn:
1. Arahnya ke cloud, IT as services. Masalah capability
2. Jual lewat socmed
3. Model Business direct to konsumen trend nya, misal Kalbe bikin Marketplace sendiri. Karena mengalami deepening & widening / wajib. Produsen hrs mengembangkan channelnya sendiri. Modal nyawa perush di data nya. Mrk hrs punya big data sendiri.
4. Marketplace spt tokopedia
Dlm waktu 1 bln dipaksa beli online.
Strategi marketing di era covid & building branding utk Business yg lagi bgs, mrk hrs empatik. CSR hrs kuat, giving, ksh solusi. Jgn hard sell. Spiritnya membantu.
Bagi yg businessnya kurang bgs masuk ke survival mode atau pivot spt Martha Tilaar. Lippo mall/hotel.
Semakin besar, semakin sulit berubah. Contoh Garuda : cargo. Food online delivery.
Toyota / Astra utk survive tdk mudah, ada yg mati, ada yg survive.
Pak Kus inti pesan bangun Business online food delivery dlm wkt 3 hari. Ini extrim dari training ke makanan. Agility kemampuan utk cepat berubah extrim menjadi penting.
UKM gampang pivot ke jualan nasi goreng dll.
Konsumen akan hold spending utk jaga2 kebutuhan yg essential spt grocery, kesehatan & higienitas.
Segmentasi pemenuhan kebutuhan pasar. Walaupun big discount konsumen msh tahan spending. Termasuk perusahaan menunda bayar supplier. Kelangsungan hidup menjadi yg utama.
Bank mandiri syariah mulai lakukan training online / webinar utk isi WFH.
Sekolah sdh mulai online course termasuk konsumen.
Pak James Gwee, Yuswohady & Deddy Budiman sdh banting setir bikin webinar via zoom.
Tips :
1. Jangan berpikir pandemi ini sementara, ini mirip katak yg di kuali dengan airnya dipanaskan. Karena ini bisa 1 -2 th menurut Bill Gates, bro Yuswohady dll.
2. Business yg terpuruk harus survival mode atau pivot usahabya.
3. Business yg booming harus branding & soft selling, jangan hard selling.
4. Makhluk yang bisa survive bukan yg paling besar / kuat / kaya tapi yg paling bisa beradaptasi. Belajarlah dari kecoa & bunglon.
5. Hadapi & terima kenyataan.
6. Fokus pada hal yg mungkin dilakukan
7. Upgrade diri utk bisa beralih dari offline selling ke online selling.
8. Dalam situasi spt ini jgn berharap pada pilihan yg ideal, karena sebagai pemimpin kita hrs mengambil keputusan. Hope for the best but prepare for the worst.
9. Kalau harus potong gaji karyawan Krn Business nya terpuruk hanya 10-20% utk yg gajinya Rp 3-5jt. Sedangkan untuk yg gajinya di atas Rp 5jt tapi di bawah Rp 15jt bs 30-50%. Tergantung sikon cashflow perush.
Taman safari skrg sdh lakukan IG live dengan tour ke dalam safari & talkshow dgn pelatih satwa disana.
Artis spt Raisa pun turun income nya, skrg bantu aktivitas donasi lawan Corona. Lunamaya sdh jumpa fans dengan IG live & kasih semangat untuk fansnya. Begitu juga Gading Martin, Indy barends, Indra Bekti dll.
https://www.instagram.com/p/B_HSpkdlley/?igshid=1gnbnswi5qcqo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar